BAHASA DAN JENIS KELAMIN: GERAK ANGGOTA BADAN DAN EKSPRESI WAJAH

BAHASA DAN JENIS KELAMIN: GERAK ANGGOTA BADAN DAN EKSPRESI WAJAH

 

 
 

 
 

BAHASA DAN JENIS KELAMIN: GERAK ANGGOTA BADAN DAN EKSPRESI WAJAH

 
Perbedaan pria dengan wanita itu mungkin tidak langsung menyangkut masalah bahasa atau strukturnya, melainkan hal-hal lain yang membarengi tutur. Hal-hal lain itu antara lain dan yang umum ialah gerak anggota badan (gesture) dan ekspresi wajah. Kedua hal ini pasti ada dalam tiap masyarakat bahasa, tetapi berbeda dari masyarakat ke masyarakat, berbeda antara wanita dan pria.
 
Gesture adalah gerak anggota badan seperti kepala, tangan, jari yang menyertai tutur. Sebagai contoh masyarakat Indonesia. Kalau orang bertutur dan menyetujui atau membenarkan ucapan atau pendapat orang lain yang diajak bicara, orang itu mengatakan ‘ya’ dibarengi dengan anggukan kepala. jika yang dikatakannya ‘tidak’ ia akan menggelengkan kepala. Dalam masyarakat lain bisa terjadi ucapan ‘ya’ dibarengi dengan gelengan kepala. Dalam masyarakat Jawa jika orang mempersilakan orang lain yang dihormati duduk ia akan mengacungkan ibu jarinya untuk menunjukkan tempat yang disediakan bagi tamunya. Gerakan kepala dan acungan ibu jari itu adalah gesture, yang berlaku untuk semua orang tanpa membedakan jenis kelamin.
 
Tetapi pada masyarakat Arab misalnya, pria dalam bertutur relatif lebih banyak menggerak-gerakkan tangannya dibandingkan dengan wanita. Dalam hal ekspresi wajah, di Indonesia wanita relatif lebih banyak ‘mempermainkan’ bibir dan matanya dibandingkan dengan pria. 
 
Sumber: Sosiolinguistik terbitan Pustaka Pelajar (Sumarsono: 101-102)

 

 

 

 

2 komentar:

  1. emang si ngonongin bahasa tubuh itu menyenangkan dah 
    saya sendiri jg suka bgd klo bahasa soal itu
    dgn kita mengenal diri kita kita bisa mngenal orang lain dgn bnyk mengenal org lain kita akan dpt mengetahui karakter msg2 orang yg beda walaupun hanya dari gerak tubuh’a

    Balas

    Balasan

     
     

  2. Yup, benar sekali Alya. Terima kasih ya sudah mampir di blog ini. 🙂

     
     
  3.  
     

     
 
 

 

 

 
 

 

 

 

 

About The Author

Saya adalah Bloger asal Malang yang menyukai kegiatan yang berhubungan dengan perkembangan IT, Design dan juga Pendidikan. Berupaya untuk selalu menebarkan kebermanfaatan bagi sesama.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *