BAHASA ITU BERMAKNA

BAHASA ITU BERMAKNA

 

 
 

 
 

BAHASA ITU BERMAKNA

 
Yang dilambangkan bahasa adalah suatu pengertian, konsep, ide, atau suatu pikiran yang ingin disampaikan dalam wujud bunyi. Oleh karena lambang itu mengacu suatu konsep, ide, atau pikiran, maka dapat dikatakan bahwa bahasa itu mempunyai makna. Misalnya lambang bahasa yang berwujud bunyi [kuda]. Lambang ini mengacu pada konsep ‘sejenis binatang berkaki empat yang biasa dikendarai’.

Dalam studi semantik memang ada teori makna yang mengatakan bahwa makna itu sama dengan bendanya, tetapi ada juga yang mengatakan bahwa makna itu adalah konsepnya sebab tidak semua lambang bahasa yang berwujud bunyi itu mempunyai hubungan dengan benda-benda konkret di alam nyata.

Lambang-lambang bunyi bahasa yang bermakna itu di dalam bahasa berupa satuan-satuan bahasa yang berwujud morfem, kata, frase, klausa, kalimat, dan wacana. Semua itu memiliki makna. Oleh karena bahasa itu bermakna maka segala ucapan yang tidak mempunyai makna dapat disebut bukan bahasa.

Terkait
Pengertian Makna

 

 

 

 

0 komentar:

 

Poskan Komentar

 

 

 
 

 

 

 

 

About The Author

Saya adalah Bloger asal Malang yang menyukai kegiatan yang berhubungan dengan perkembangan IT, Design dan juga Pendidikan. Berupaya untuk selalu menebarkan kebermanfaatan bagi sesama.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *