Bahaya Merokok

Bahaya Merokok

Apakah Anda atau anggota keluarga Anda masih merokok?
Berhentilah sekarang juga! Rokok akan membunuh Anda secara perlahan-lahan!

Apa keuntungan dari merokok? Tidak ada! Asap rokok bisa menyebabkan kanker paru-paru, kanker lambung, pankreas, mulut, saluran kencing, ginjal, ureter, kandung kemih, usus, dan lain-lain. Asap rokok juga bisa menyebabkan leukemia. Selain itu, asap rokok menyokong timbulnya berbagai macam penyakit seperti berhentinya detak jantung, penyakit pembuluh perifer dan aneurisme aorta, serta kematian tiba-tiba. Merokok bukan untung, tapi buntung!

Banyak sekali fakta dan penelitian ilmiah yang mengatakan tentang bahaya rokok bagi kesehatan. Mengapa rokok sangat berbahaya? Karena rokok mengandung ratusan zat yang bersifat meracuni tubuh kita. Zat-zat yang paling berbahaya dalam rokok antara lain.

1. Karbon monoksida (CO)
Karbon monoksida mengikat hemoglobin yang terdapat dalam sel darah merah (eritrosit) lebih kuat dibanding oksigen. Tubuh yang kekurangan oksigen akan menciutkan pembuluh darah. Bila proses tersebut berlangsung lama, maka pembuluh darah akan menyempit. Penyempitan pembuluh darah bisa terjadi di otak, paru, ginjal, saluran peranakan, ari-ari pada janin, dan di mana-mana.

2. Nikotin
Nikotin memiliki zat yang menyebabkan pemakainya menjadi ketagihan. Sehingga, para perokok menjadi sulit untuk menghentikan kebiasaannya tersebut. Efek nikotin bersifat memacu jantung dan tekanan darah yang menyebabkan hipertensi.

3. Tar
Kadar tar pada rokok antara 0,5-35 mg per batang. Tar sejenis cairan berwarna coklat atau hitam yang merupakan substansi hidrokarbon bersifat lengket dan menempel pada paru-paru. Tar menyebabkan kanker paru-paru. Bahaya rokok dari racun ini sangat mengancam kelangsungan hidup si perokok.

4. Hidrogen Sianida/HCN
HCN merupakan zat yang mudah terbakar dan paling ampuh untuk menghalangi ataupun merusak saluran pernapasan. Walaupu hanya sedikit, apabila sianida dikomsumsi orang secara langsung, maka manusia tersebut bisa meninggal.
Masih banyak bahaya rokok berupa zat racun yang terkandung di dalam rokok yang akan membunuh kita secara perlahan-lahan. Maka dari itu, berhentilah sekarang juga. Jika Anda kesulitan, tips-tips berikut bisa Anda coba.

Tips-Tips Berhenti Merokok

1. Berhentilah membeli rokok. Apapun yang terjadi, jangan mencoba untuk membeli rokok. Anggaplah membeli rokok adalah pemborosan. Mending simpan uang tersebut untuk ditabung.

2. Buanglah segala aksesoris yang berhubungan dengan rokok di sekitar kita. Buanglah jauh-jauh seperti korek api, asbak, dan benda lain yang berhubungan.

3. Mintalah dukungan dari anggota keluarga yang lain. Mintalah mereka untuk mengawasi Anda. Begitu juga kepada teman-teman Anda. Sampaikan niat untuk berhenti merokok kepada mereka dan mintalah mereka untuk mendukung upaya tersebut. Lebih afdol lagi jika Anda bisa mengajak mereka untuk melakukan hal yang sama. Sampaikan pengertian tentang bahaya rokok dengan baik.

4. Pergunakan waktu luang dan santai bersama keluarga atau orang-orang tersayang.

5. Sibukkan diri dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat. Hindari duduk melamun atau nongkrong bersama teman-teman tanpa ada tujuan yang pasti.

6. Lakukan sekarang juga dan jangan sekali-kali mencoba untuk merokok lagi.

Lakukanlah tips-tips di atas dengan sungguh-sungguh.Semoga Anda bisa berhenti merokok dan terhindar dari bahaya rokok yang mematikan. Selamat mencoba!

About The Author

Saya adalah Bloger asal Malang yang menyukai kegiatan yang berhubungan dengan perkembangan IT, Design dan juga Pendidikan. Berupaya untuk selalu menebarkan kebermanfaatan bagi sesama.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *