BELAJAR BAHASA ASING YUK…

BELAJAR BAHASA ASING YUK…

Oleh Betric Feriandika

Bahasa mempunyai peran besar dalam siklus kehidupan kita. Karena tanpa bahasa, kita tidak bisa berkomunikasi dengan baik dengan mitra atau lawan bicara kita.

Belajar bahasa Asing itu sangat menyenangkan. Seolah-olah kita akrab dengan orang seantero dunia, karena kita bisa menguasai bahasa mereka.  Selain itu, bahasa Asing itu unik karena mempunyai ciri spesifik dan khas tersendiri. Diantara keunikannya meliputi system pembentukan kata, kalimat, system bunyi, intonasi, dan system lainnya. Sehingga dengan mempelajarinya, kita bisa meraba-raba kekhasan dari masing-masing bahasa Asing tersebut.

Belajar bahasa asing itu sangat penting dan perlu. Kalau dulu kita belajar bahasa dari buku, dari guru, dengan berkembangnya teknologi informasi, kita bisa mempelajari berbagai bahasa secara otodidak dari internet. Hanya dengan membuka internet, kita dapat mempelajari bahasa baru, menambah perbendaharaan kata, mempelajari struktur bahasa, bahkan berlatih percakapan (conversation) dengan native atau penutur aslinya. Misalnya, selain ikut grup-grup bahasa Asing di facebook atau sekedar watching movie di youtube, berikut ini terdapat daftar beberapa situs untuk belajar bahasa Asing yang dapat bermanfaat bagi para pembaca :

Bahasa Inggris

Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa internasional yang dipakai terbanyak oleh hampir semua orang di dunia. Bisa dikatakan, cukup hanya bisa menguasai bahasa inggris dengan lancar, kita bisa keliling dunia, dengan singgahan ke berbagai negara. Selain itu, segala kebutuhan, mulai dari pendidikan, teknologi, bisnis, budaya dll tidak lepas dari berbahasa Inggris.

Di situs http://www.englishclup.com/ kita bisa belajar secara gratis yang meliputi grammar, vocabulary, pronunciation, listening, speaking, reading dan writing. Di situs http://www.learnenglish.org.uk/, situs resmi dari British Council ini kita bisa belajar bahasa inggris dengan cara yang atraktif dan menyenangkan karena dilengkapi dengan silabus, kuis, games, dan dilengkapi panduan bagaimana mengajar bahasa inggris untuk bagi guru.

Bahasa Arab

Bahasa Arab bukanlah bahasa orang muslim saja, bahkan saat ini tidak sedikit non muslim yang menggali bahasa Arab karena banyak sekali referensi pengetahuan buku yang ditulis dalam bahasa Arab. Di situs http://pba.aldakwah.org/ kita bisa belajar bahasa Arab sekaligus dilengkapi dengan multimedia, atau http://bahasa-arab.my-muslim.com/ .

Bahasa Jepang, Cina, dan Korea

Hubungan bisnis dan iptek terutama dengan negara-negara Asia Timur membutuhkan kemampuan kita dalam berkomunikasi dengan bahasa mereka. Bahasa Jepang online di http://www.japanese-online.com/ atau www.learnjapanesefree.com. Bahasa Cina di situs www.minmm.com/. Untuk bahasa Korea di www.learn-korean.net.

Bahasa Perancis, Jerman, Rusia, dan Belanda

Bahasa Eropa kaya akan literature klasik dan juga digunakanoleh negara-negara lain di dunia. Untuk bahasa Perancis, online di www.frenchassistant.com dan www.bonjour.com. Bahasa Jerman di www.learn-german-online.net dan di www.deutsch-lernen.com/. Bahasa Rusia di http://masterrussian.com. Bahasa Belanda di http://www.nt2examen.nl/.

Untuk dapat membaca dalam bahasa asing tertentu, kita mungkin perlu mengunduh font huruf-huruf atau aksara asing tersebut yang biasanya ada pada CD windows.

Selanjutnya, Kepuasaan belajar bahasa adalah saat kita bisa mengaplikasikan bahasa asing itu ke nativenya langsung dan sang native mengerti dengan baik. Kunci penting belajar bahasa adalah terbiasa. Terbiasa praktek, terbiasa berlatih, dan terbiasa positif aktif. Sebagaimana motto yang sering kita dengar, “Langauge is habit”, “Bahasa adalah terbiasa”. Karena dengan membiasakan mengucapkan bahasa yang kita pelajari, maka lambat laun kita menjadi terbiasa mengucapkan sebagaimana bahasa ibu. Tunggu apalagi, belajar bahasa asing yuk……… J

About The Author

Saya adalah Bloger asal Malang yang menyukai kegiatan yang berhubungan dengan perkembangan IT, Design dan juga Pendidikan. Berupaya untuk selalu menebarkan kebermanfaatan bagi sesama.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *