Cara Agar Baterai Android Tahan Lama

Cara Agar Baterai Android Tahan Lama

5. Cara Agar Baterai Android Tahan Lama

Baterai yang cepat drop tentu menjadi masalah tersendiri bagi para pengguna Android. Seperti yang sudah kita ketahui, salah satu kelemahan yang sering dikeluhkan pengguna smartphone berbasis Android adalah baterai yang sangat boros. Lalu bagaimana sebenarnya cara membuat baterai android tahan lama? Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membuat baterai menjadi tidak cepat drop. Berikut adalah ulasannya.

 

  1. Pengaturan layar

Perlu Anda ketahui bahwa baterai yang boros bisa jadi disebabkan oleh cahaya layar yang tinggi. Selain itu, keadaan layar yang auto rotation dapat membuat smartphone harus bekerja lebih keras dan alhasil, daya baterai akan lebih mudah habis. Di samping pengaturan layar terkait fitur rotation tersebut, tingkat brightness dan wallpaper yang diterapkan juga biasanya akan mempengaruhi lama tidaknya baterai akan bertahan. Apalagi bagi Anda yang memiliki ponsel dengan ukuran layar yang luas, maka hal ini sangat perlu diperhatikan.

 

  1. Pengaturan konektivitas

Apabila fitur koneksi wifi pada ponsel tidak digunakan, alangkah baiknya segera non aktifkan fitur tersebut. Hal ini dikarenakan, ponsel akan selalu mencari sinyal wifi meskipun di daerah sekitarnya tidak terdapat jaringan internet. Dan tentunya, hal ini akan berdampak pada baterai yang sangat boros. Bukan hanya konektivitas berupa wifi saja, hal ini juga berlaku pada jaringan data GPRS, EDGE, Bluetooth dan lain sebagainya. Oleh karena itu, salah satu cara membuat baterai android tahan lama adalah dengan mematikan fitur-fitur konektivitas yang tidak dibutuhkan.

 

  1. Charge Ponsel dengan Benar

Sebaiknya ketika akan mengisi baterai, matikan terlebih dahulu ponsel Anda. Mengapa demikian? Ini karena smartphone membutuhkan waktu yang lumayan lama untuk mengisi daya baterai agar bisa penuh secara maksimal. Apabila dalam keadaan menyala, ponsel akan tetap bekerja keras untuk menjalankan semua aplikasi yang ada di dalamnya. Khususnya untuk Anda yang sering mengisi baterai ponsel sambil menjalankan aplikasi, kebiasaan tersebut haruslah dihentikan mulai sekarang agar baterai smartphone tidak cepat rusak.

 

  1. Memanfaatkan aplikasi battery saver

Cara membuat baterai android tahan lama adalah dengan memasang aplikasi battery saver. Sekarang ini, sudah tersedia banyak aplikasi di layanan google playstore untuk Anda yang ingin membutuhkannya. Para pengguna smartphone bisa memanfaatkan aplikasi battery saver ini secara gratis alias cuma-cuma. Dengan menggunakannya, segala aplikasi yang ada pada smartphone akan dikelola dengan baik agar daya baterai yang digunakan lebih efektif.

 

Cara-cara tadi bisa dikatakan sangat efektif mengingat telah banyak pengguna smartphone yang membuktikannya. Demikian ulasan mengenai cara terbaik agar baterai android tahan lama. Semoga sedikit ulasan dan informasi di atas dapat menambah wawasan Anda untuk mengatasi masalah ponsel yang cepat low bat.

 

About The Author

Saya adalah Bloger asal Malang yang menyukai kegiatan yang berhubungan dengan perkembangan IT, Design dan juga Pendidikan. Berupaya untuk selalu menebarkan kebermanfaatan bagi sesama.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *