Cara Backup dan Restore Aplikasi di Android

Cara Backup dan Restore Aplikasi di Android

Pada saat kita ingin mengganti ROM android, tentunya kita tidak ingin aplikasi yang sudah berada pada ROM sebelumnya tidak hilang begitu saja. Pada saat kita mengganti ROM, kita memang harus wipe data, wipe cache, format system, dan yang lainnya sehingga semua aplikasi dan data yang ada pada android kita akan terhapus.backup dan restore aplikasi android

Jika kita ingin data dan aplikasi yang sudah terinstal pada ponsel anda tidak hilang pada saat menginstal ROM baru, maka anda harus mengikuti tips yang akan diberikan oleh linkcerdas.com kali ini. Berikut ini cara backup dan restore aplikasi di android versi linkcerdas.com untuk kamu yang sering ganti-ganti ROM android.

Tips backup dan restore aplikasi android:

backup dan restore aplikasi android

 

  • Untuk bisa membackup dan merestore aplikasi beserta data yang ada pada aplikasi android, kita membutuhkan aplikasi bernama Titanium Backup Pro. Mengapa harus versi pro? Karena jika versi free, kita akan mengalami kesulitan saat restore data.
  • Silakan download dan install aplikasi Titanium backup Pro di ponsel android anda, kemudian buka aplikasi tersebut.
  • Untuk backup, silakan pilih tab backup & Restore.
  • Pilih backup app with data. Kemudian pilih aplikasi yang ingin anda backup, atau pilih semua dengan memilih Select All.
  • Untuk restore aplikasi, silakan buka aplikasi Titanium Backup Pro.
  • Jika sudah terbuka, silakan anda pilih opsi. Pilih pada tombol Batch.
  • Kemudian akan muncul pilihan baru pada aplikasi. Silakan anda pilih Restore missing apps with data, kemudian pilih aplikasi yang ingin anda restore. Namun jangan lupa untuk memilih pilihan App + Data pada opsi restore.
  • Jika anda ingin menginstal semua aplikasi yang sudah anda backup sebelumnya, silakan anda pilih Select All.
  • Untuk memulai restore aplikasi dan data, silakan anda pilih Run the batch operation.

Mungkin dalam restore aplikasi akan membutuhkan waktu beberapa menit, jadi anda harus sabar dalam menunggu. Itulah cara untuk backup dan restore aplikasi android pada ponsel anda. Dengan ini, maka anda tidak akan kesulitan lagi dalam menginstal aplikasi jika menggunakan ROM baru.

About The Author

Saya adalah Bloger asal Malang yang menyukai kegiatan yang berhubungan dengan perkembangan IT, Design dan juga Pendidikan. Berupaya untuk selalu menebarkan kebermanfaatan bagi sesama.

Related posts

5 Comments

  1. irsan

    gan mau nanya saya punya xperia acro kmarin ane flashing eh selesai flashing imeinya hilang kira2 agan ada solusinya gak ya ūüėÄ

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *