Cara Mengatasi HP Android yang Cepat Panas

Cara Mengatasi HP Android yang Cepat Panas

6. Cara Mengatasi HP Android yang Cepat PanasDi era yang serba maju seperti sekarang ini, ponsel tidak lagi hanya memiliki fungsi sebagai alat komunikasi dalam bentuk sms atau telfon saja. Saat ini, fungsi ponsel tidak terbatas sehingga bisa disebut sebagai alat komunikasi multifungsi. Salah satu jenis ponsel yang paling banyak dicari sekarang ini ialah smartphone android. Namun, dari sekian banyak kelebihan yang ditawarkan, banyak pengguna yang mengeluhkan bahwa HP android cepat panas. Hal tersebut tentu berkaitan dengan kinerja sistem android.

 

Kebanyakan dari pengguna android tentu akan menggunakan smartphone canggihnya untuk difungsikan semaksimal mungkin. Misalnya saja, dari segi hiburan dan sosial media seperti streaming youtube, bermain game sepuasnya, SMS, WhatsApp, BBM, Instagram, Facebook, Line dan lain-lain. Penggunaan aplikasi-aplikasi tersebut secara bersamaan tanpa menutup aplikasi sebelumnya adalah salah satu alasan utama mengapa HP android cepat panas. Hal ini tentu saja menyebabkan kinerja android melebihi batas normal dan otomatis ponsel akan menjadi panas. Berikut ini beberapa penyebab dan solusi android yang mudah panas.

 

  1. Baterai Telah Rusak atau Soak

 

Salah satu alasan mengapa HP android cepat panas ialah baterai yang digunakan. Sebagai pengguna smartphone android yang bijak, sebaiknya Anda lebih jeli dalam memahami kondisi baterai ponsel Anda. Jika cara kerja ponsel dirasa sudah tidak wajar, misalnya waktu charging yang sangat lama tetapi hanya dapat digunakan sebentar, baterai cepat drop saat digunakan untuk membuka aplikasi ringan, lembab atau bahkan mengembung. Itulah beberapa di antara ciri-cri baterai yang rusak dan tidak layak pakai. Jika Anda mengabaikannya, hal ini akan berdampak pada rusaknya hardware. Maka dari itu, segeralah menggantinya dengan baru.

 

  1. Menggunakan Aplikasi yang Dibutuhkan Saja

 

Pabrikan ponsel android pasti selalu memberikan promosi mengenai fitur multifungsi yang bisa digunakan untuk beberapa pekerjaan sekaligus. Bagi pengguna yang tergiur tentu akan menginstal berbagai aplikasi sebanyak mungkin bahkan yang tidak penting. Banyaknya aplikasi yang terinstal akan menyebabkan memori internal ponsel melebihi ambang batas. Dengan demikian, walaupun baru digunakan sebentar, ponsel sudah panas dan menyebabkan kinerjanya lamban. Jadi, pilihlah aplikasi yang benar-benar Anda perlukan saja dan menggunakannya secara tidak berlebihan.

 

  1. Beri Waktu Istirahat

 

Biasanya pengguna ponsel android sering kali menghidupkan mobile data walaupun pada saat tidur. Dengan demikian, sistemnya tetap bekerja mencari sinyal. Alangkah baiknya, jika mobile data dimatikan saat tidak diperlukan atau saat sinyal lemah. Selain itu, Anda juga bisa mematikan daya dan melepas baterainya sehingga ponsel benar-benar istirahat untuk meredamkan panas.

 

Beberapa penyebab dan alasan mengapa HP android cepat panas tidak lain dikarenakan kebiasaan penggunanya sendiri. Jika pengguna menggunakan dan mengistirahatkan ponsel pada saat yang tepat tanpa harus memaksanya untuk bekerja secara multi tasking, maka processor tidak akan mudah panas dan ponsel pun akan lebih awet.

About The Author

Saya adalah Bloger asal Malang yang menyukai kegiatan yang berhubungan dengan perkembangan IT, Design dan juga Pendidikan. Berupaya untuk selalu menebarkan kebermanfaatan bagi sesama.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *