Artikel, Tutorial, Tips dan Trik

Cara Mengembangkan Silabus Berbasis Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)

0

Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yag mencakup standar kompetensi (SK), kompetensi dasar (KD), materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian, penilaian, alokasi waktu dan sumber belajar (Depag, 2006b).

Dalam KTSP, pengembangan silabus diserahkan sepenuhnya kepada setiap satuan pendidikan khususnya bagi yang sudah mampu melakukannya. Oleh karena itu, setiap satuan pendidikan diberi kebebasan dan keleluasan dalam mengembangkan silabus sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing. Supaya pengembangan silabus yang dilakukan oleh setiap satuan pendidkan tetap dalam bingkai pengembangan kurikulum nasional, maka perlu memperhatikan prinsip-prinsip pengembangan silabus.

Prinsip-prinsip pengembangan silabus menurut Depag (2006b) sebagai berikut.

  1. Ilmiah. Keseluruhan materi dan kegiatan yang menjadi muatan dalam silabus harus benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan.
  2. Relevan. Cakupan kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional dan spiritual peserta didik.
  3. Sistematis. Komponen-komponen silabus saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi.
  4. Konsisten. Adanya hubungan yang konsisten (ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar dan sistem penilaian.
  5. Memadai. Cakupan indikator, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, sumber belajar dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar.
  6. Aktual dan Kontekstual. Cakupan indikator, materi pokok/ pembelajaran, kegiatan pembelajaran, sumber belajar dan sistem penilaian memperhatikan perkembangan ilmu, teknologi, dan seni mutakhir dalam kehidupan nyata dan peristiwa yang terjadi.
  7. Fleksibel. Keseluruhan komponen silabus dapat mengakomodasi keragaman peserta didik, pendidik serta dinamika perubahan yang terjadi di sekolah dan tuntutan masyarakat.
  8. Menyeluruh. Komponen silabus mencakup keseluruhan ranah kompetensi (kognitif, afektif dan psikomotorik).

Adapun langkah-langkah pengembangan silabus adalah: (a) mengkaji dan menentukan SK, (b) mengkaji dan menentukan KD, (c) mengidentifikasi materi pokok/pembelajaran, (d) mengembangkan kegiatan pembelajaran, (e) merumuskan indikator pencapaian kompetensi, (f) menentukan jenis penilaian, (g) menentukan alokasi waktu, (h) menentukan sumber belajar (Depag, 2006b).

Meskipun guru diberi kebebasan untuk menyusun dan mengembangkan silabus, namun BSNP menyediakan model silabus berbasis KTSP untuk berbagai mata pelajaran. Sehingga tugas guru tinggal menjabarkan, menganalisis dan menyesuaikan silabus tersebut dengan situasi dan kondisi sekolah, kecuali bagi yang mau dan mampu mengembangkannya sendiri.

Leave A Reply

Your email address will not be published.