Cara Mengganti Kernel Ponsel Xperia

Cara Mengganti Kernel Ponsel Xperia

Kernel adalah sebuah komponen yang sangat penting pada ponsel android yang mempunyai fungsi untuk menghubungkan antara hardware dengan software di ponsel android. Tanpa adanya kernel, ponsel android anda tidak akan bisa berjalan bahkan tidak akan bisa dihidupkan.mengganti kernel xperia

Terkadang kita bosan dengan performa ponsel android kita, terutama pada ponsel xperia yang mempunyai performa yang standard an terkadang malah lemot. Ini disebabkan beberapa faktor yang mempengaruhi. Salah satu faktor yang mempengaruhi android anda menjadi lemot adalah karena kernel ponsel android. Jika android anda masih original, artinya belum pernah di oprek, maka kernel yang ada di ponsel anda adalah kernel bawaan dari pabrik. Kita tentu saja bisa menggantinya dengan kernel kustom yang biasanya di bagikan secara gratis di forum-forum developer android.

Nah, kali ini linkcerdas.com akan membagikan tips yang sangat bermanfaat bagi anda yang suka dengan ponsel android. Pada postingan kali ini linkcerdas.com akan membagikan tentang tips mengganti kernel pada ponsel xperia. Cara ini memang sudah sering dicoba dan dibuktikan dan ternyata cara ini sudah terbukti berhasil untuk mengganti kernel pada ponsel android. Namun sebelum mengganti kernel pada ponsel android, sebaiknya anda perhatikan dulu hal-hal yang harus diperhatikan sebelum menggantu kernel di bawah ini.

Hal-hal yang harus diperhatikan sebelum mengganti kernel:mengganti kernel xperia

  • Pastikan anda sudah yakin dengan ini karena kernel bawaan dari ponsel akan diganti dengan kernel baru.
  • Ponsel akan mengalami bootloop jika kernel yang dipasang di ponsel anda tidak cocok dengan versi OS android anda. Untuk itu, gunakan kernel yang sesuai dengan versi android anda.
  • Anda harus menyiapkan kernel dan juga software tambahan untuk mengganti kernel di ponsel android anda yaitu Flashtool.
  • Anda harus mengetahui caranya masuk ke fastboot mode di ponsel anda. Biasanya setiap type ponsel berbeda caranya untuk masuk ke fastboot mode. Untuk beberapa type Xperia menggunakan tombol volume up. Cara untuk masuk ke fastboot mode adalah dengan mencolokkan USB ke laptop, sambil menekan dan menahan tombol fastboot.

Nah, jika anda sudah mengerti tentang hal-hal yang harus diperhatikan sebelum ganti kernel, kini saatnya anda melihat tips untuk mengganti kernel versi linkcerdas.com

Tips Mengganti Kernel Ponsel Xperia:

  • Silakan anda download dan install aplikasi bernama flashtool dengan versi yang terbaru. Anda bisa mendownloadnya melalui internet secara gratis.
  • Jika sudah di install, silakan anda cari folder dimana flashtool tersebut di install di computer anda. Kemudian silakan anda pilih folder berikut ini: \flashtool\driversmengganti kernel xperia
  • Buka aplikasi bernama Flashtool drivers yang ada pada folder tersebut. Kemudian centang semua driver yang tersedia. Tunggu hingga proses selesai.
  • Silakan anda download dan simpan kernel yang ingin anda masukkan ke ponsel anda pada computer.
  • Silakan anda buka flashtool, kemudian pada ponsel Xperia anda silakan anda matikan ponsel.
  • Sambungkan ponsel ke computer melalui kabel USB sambil menekan dan menahan tombol fastboot ponsel.
  • Jika flashtool sudah mendeteksi ponsel anda, maka akan terdapat tulisan bahwa ponsel berhasil masuk ke fastboot mode.mengganti kernel xperia
  • Silakan anda klik tombol seperti petir, kemudian pilih fastboot mode.mengganti kernel xperia
  • Klik pada tombol Select kernel to Flash. Silakan anda pilih kernel yang ingin anda masukkan ke ponsel xperia anda. Biasanya kernel berekstensi .imgmengganti kernel xperia
  • Jika sudah, tunggu beberapa detik sampai flashtool berhasil menginstal kernel ke dalam ponsel.
  • Jika sudah berhasil terinstal, silakan anda cabut ponsel dari kabel usb, kemudian nyalakan ponsel anda. Untuk menyalakan ponsel saat kernel baru terinstal biasanya akan memakan waktu hingga 5 menit sampai 10 menit. Untuk itu, jangan panik terlebih dahulu jika ponsel anda tak kunjung menyala.
  • Jika anda mengalami bootloop, yaitu hanya muncul logo Sony yang berulang-ulang maka itu tandanya kernel anda tidak cocok dengan versi OS android yang anda gunakan. Namun anda tidak perlu khawatir, silakan anda install ponsel android anda dengan kernel yang lainnya.

Nah, demikianlah tips untuk mengganti kernel pada ponsel xperia. Jika ada yang masih bingung atau perlu ditanyakan, silakan anda like fanspage linkcerdas.com dan silakan ajukan pertanyaan anda di fanspage.

About The Author

Saya adalah Bloger asal Malang yang menyukai kegiatan yang berhubungan dengan perkembangan IT, Design dan juga Pendidikan. Berupaya untuk selalu menebarkan kebermanfaatan bagi sesama.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *