EVALUASI METODE

EVALUASI METODE

EVALUASI METODE

 

QAWA’ID TARJAMAH

(طريقة القواعد والترجمة)

LANGSUNG

(الطريقة المباشرة)

DENGAR UCAP

(الطريقة السمعية الشفوية)

*   Dapat mengakibatkan  penguasaan  qawa’id sebagai ‘tujuan’, bukan sebagai alat

* Terpusat pada pembelajaran di dalam kelas dengan hanya menggunakan buku pegangan

* Siswa sulit berbahasa lisan

*  Beban guru relatif ringan

*  Cocok untuk kelas dengan jumlah siswa yang besar

*  Dapat membuat siswa mampu membaca dan  menulis dalam waktu  relatif singkat dibanding dengan metode yang lain.

* Dapat menciptakan suasana belajar yang real dan hidup.

* Motivasi belajar siswa tinggi;

* Ketiadaan bahasa ibu, banyak waktu pembelajaran dihabiskan secara tidak efisien

* Ketiadaan qawa’id secara eksplisit, siswa tidak memiliki pegangan untuk berbahasa yang benar.

* Memerlukan guru yang kreatif, inovatif dan mampu berbahasa lisan;

* Kegiatan ‘ta’bir hur’ dapat  mengakibatkan  intervensi BI dalam penggunaan kata-kata atau susunan kalimat.

* Siswa menguasai struktur/pola kalimat dengan baik

* Tadribat/drill dapat mengakibatkan sikap membeo &   generalisasi yang salah (تعميم خاطئ)

* Materi qawaid tidak mendapatkan porsi  yang cukup, karena materi qawa’id yang dijelaskan hanyalah qawa’id yang tercermin dalam hiwar.

* Memerlukan guru yang kreatif, inovatif dan mampu berbahasa lisan;

 

 

 

METODE EKLEKTIK (الطريقة الانتقائية) ?

TUJUAN PEMBELAJARAN

…………………………………………………………………………………………………………

MATERI AJAR

…………………………………………………………………………………………………………

TEKNIK/MEDIA PENGAJARAN

…………………………………………………………………………………………………………

EVALUASI

…………………………………………………………………………………………………………

About The Author

Saya adalah Bloger asal Malang yang menyukai kegiatan yang berhubungan dengan perkembangan IT, Design dan juga Pendidikan. Berupaya untuk selalu menebarkan kebermanfaatan bagi sesama.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *