Hakekat Media Pembelajaran

Hakekat Media Pembelajaran

Media pembelajaran merupakan segala sesuatu yang dapat membawa informasi atau pesan dalam interaksi dalam proses pembelajaran. Penggunaan sumber belajar dan media pembelajaran merupakan suatu strategi dalam pembelajaran.

Hakekat media Pembelajaran 1

Penggunaan media pembelajaran dilandasi oleh aspek sejarah, psikologis, teknologis, dan empirik. Sejarah penggunaan media dalam proses pembelajaran/pendidikan dapat membantu menjelaskan ide yang abstrak (penjelasan verbal) dan dapat memudahkan pemahaman peserta didik terhadap pesan-pesan pembelajaran.

Dari aspek psikologis, penggunaan media dalam pembelajaran dapat menyediakan rangsangan bermacam- macam kepada peserta didik sehingga melayani kondisi dan karakteristik yang berbeda-beda pada peserta didik. Dengan demikian, peserta didik dapat memperoleh pengalaman belajar yang optimal. Selain itu, landasan psikologis menyatakan bahwa penyediaan informasi dan pengalaman belajar harus disesuaikan dengan tingkat kemampuan atau perkembangan peserta didik.

Aspek teknologis, penggunaan media pembelajaran dapat meningkatkan produktivitas pendidikan, memberikan kemungkinan pembelajaran yang sifatnya lebih individual, memberikan dasar lebih ilmiah pada pembelajaran, pembelajaran lebih mantap, proses pendidikan menjadi lebih langsung, dan akses pendidikan menjadi lebih sama bagi semua peserta didik.

Dari aspek empiris, menampilkan bahwa ada interaksi antara penggunaan media pembelajaran dan karakteristik belajar peserta didik dalam menentukan media belajar peserta didik. Peserta didik akan mendapat keuntungan yang bila belajar dengan menggunakan sumber dan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik dan gaya belajarnya.

About The Author

Saya adalah Bloger asal Malang yang menyukai kegiatan yang berhubungan dengan perkembangan IT, Design dan juga Pendidikan. Berupaya untuk selalu menebarkan kebermanfaatan bagi sesama.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *