Hal Penting yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Smartphone

Hal Penting yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Smartphone

7. Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Smartphone

Hal penting membeli smartphone. Banyaknya brand smartphone yang hadir di Indonesia membuat persaingan pasar gadget semakin ketat. Oleh sebab itu, tidak heran jika belakangan ini selalu hadir promo-promo smartphone unggulan dari setiap brand-brand ternama. Bagi Anda yang ingin atau berminat untuk membeli smartphone terbaru tentu memiliki banyak pertimbangan agar tidak salah pilih dan benar-benar yakin saat menentukan pilihan Anda. Berikut adalah beberapa tips penting sebelum membeli smartphone.

 

  1. Processor

 

Sebagai pertimbangan awal terkait hal penting membeli smartphone adalah mengetahui processor yang digunakan. Pasalnya, nantinya smartphone tersebut akan Anda gunakan untuk berbagai kepentingan yang berkaitan dengan fitur multi tasking. Untuk itu, setidaknya Anda memilih ponsel yang kecepatan processornya 1GHz atau lebih. Processor yang memiliki kecepatan lebih tinggi dan memiliki inti core yang cukup banyak sudah dapat menjamin performa smartphone itu sendiri.

 

  1. RAM

 

Mengetahui ukuran RAM menjadi hal penting saat membeli smartphone. RAM dengan ukuran yang besar juga akan mendukung kinerja processor ponsel. Selain itu, RAM sendiri berfungsi untuk menyimpan data sementara saat ponsel sedang digunakan dan tidak. Oleh karena itu, jika data dan aplikasi yang Anda gunakan semakin banyak, alangkah baiknya jika memilih RAM dengan ukuran yang lebih besar setidaknya 1 MB.

 

  1. Memori Internal

 

Memori internal juga memiliki peranan penting dalam menjaga performa smartphone agar tetap optimal. Biasanya di dalam smartphone juga telah disediakan ruang untuk menyimpan memori eksternal. Namun, sebaiknya Anda memilih kapasitas memori internal kurang lebih 8 GB. Ini dimaksudkan untuk mengatasi masalah aplikasi yang tidak bisa di simpan di memori eksternal dan harus di simpan di memori internal. Jadi, ketika Anda menginginkan banyak data dan aplikasi yang tersimpan, sebaiknya pilih memori dengan ukuran standar.

 

  1. Sistem Operasi

 

Umumnya, sistem operasi android memberikan spesifikasi yang tidak bisa diabaikan. Semua kinerja smartphone berkaitan erat dengan sistem operasi yang digunakan. Standar sistem operasi untuk android ialah versi ICS 4.0. Namun, jika Anda menginginkan performa yang optimal, sebaiknya pilih ponsel dengan versi terbaru yaitu android lollipop yang memungkinkan smartphone bekerja lebih stabil dan aman.

 

  1. Kamera

 

Canggihnya keluaran smartphone terbaru tidak pernah lepas dari tingginya kualitas kamera yang digunakan. Bahkan baru-baru ini muncul promosi smartphone zoom yang dapat menyamai kualitas DSLR. Kamera ukuran standar yang mampu menghasilkan gambar yang jernih adalah 5 MP.

 

Dari beberapa pertimbangan dan penjelasan di atas, Anda tentu sudah tahu beberapa poin penting yang biasanya dimiliki oleh smartphone. Hal penting saat membeli smartphone tersebut bisa Anda jadikan bekal dan referensi untuk mendapatkan ponsel yang sesuai dengan kebutuhan. Namun, jika Anda menginginkan informasi yang lebih detail sebelum menentukan pilihan, sebaiknya buka link review smartphone dari brand yang Anda pilih terlebih dahulu.

 

About The Author

Saya adalah Bloger asal Malang yang menyukai kegiatan yang berhubungan dengan perkembangan IT, Design dan juga Pendidikan. Berupaya untuk selalu menebarkan kebermanfaatan bagi sesama.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *