Kewirausahaan Bahasa Arab untuk Tujuan Khusus

Kewirausahaan Bahasa Arab untuk Tujuan Khusus

LinkKewirausahaan Bahasa Arab untuk Tujuan Khusus

DESKRIPSI MATAKULIAH

Nama Mata Kuliah : Kewirausahaan Bahasa Arab untuk Tujuan Khusus
Kode Mata Kuliah : PARA682
SKS/JS : 2/2
Prasyarat :
Dosen : Moch Wahib Dariyadi
SCPL
Mampu mengembangkan keahlian tambahan sebagai praktisi/ wirausahawan berbasis bahasa Arab secara kreatif dan inovatif  sesuai dengan kebutuhan masyarakat dengan semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.
CPMK
Mahasiswa memahami substansi  kewirausahaan, mampu memanfaatkan teknologi untuk menciptakan peluang usaha meliputi: (1) pengembangan materi Bahasa Arab untuk tujuan khusus, yaitu: ibadah haji-umrah, media masa, pariwisata, dan dunia usaha; (2) pengembangan media dan mendesiminasikannya ke masyarakat serta membuka pusat pelatihan pembelajaran bahasa Arab untuk tujuan khusus.
Deskripsi isi MK
 Pokok bahasannya meliputi: pengertian kewirausahaan, peluang usaha melalui pengembangan materi, peluang usaha melalui media. Peluang usaha Bahasa Arab untuk Haji dan Umrah, Bahasa Arab untuk  Penerjemah Lisan, Bahasa Arab Media Masa , Bahasa Arab Dunia Usaha, Bahasa Arab Pariwisata

 

SUMBER PUSTAKA UTAMA

 

Minggu ke Kompetensi Dasar Materi dasar Strategi Perkuliahan Sumber / referensi
1. Mahasiswa dapat menjelaskan ruang lingkup kewirausahaan Pendahuluan/ ruang lingkup kewirausahaan Ceramah, Tanya jawab, diskusi dan problem solving 1,2,3
2 Mahasiswa dapat menganalisa nilai-nilai kewirausahaan yang mungkin dapat dikembangakan dari potensi dirinya sendiri. Konsep dasar kewirausahaan Ceramah, Tanya jawab, diskusi dan problem solving 1,2,3,4,5,6
3 Mahasiswa mampu mengidentifikasi sikap dan kepribadian seorang wirausaha. Sikap dan Kepribadian kewirausahaan: Inovatif, kreatif Ceramah, Tanya jawab, diskusi dan problem solving 1,2,3,4,5,6
4 Mahasiswa mampu menjelaskan kembali teknik penggunaan waktu. Kemampuan Manajemen waktu dan keberanian mengambil resiko Ceramah, Tanya jawab, diskusi dan problem solving 1,2,3,4,5,6
5 Mahasiswa mampu melakukan perencanaan, pengelolaan, pengembangan dan sistem pengawasan bagi sumber daya manusia.

 

 

Kemampuan manajerial wirausaha Ceramah, Tanya jawab, diskusi dan problem solving 1,2,3,4,5,6
6 Mahasiswa mampu mengidentifikasikan kepemimpinan yang dibutuhkan dalam wirausaha Kepemimpinan Ceramah, Tanya jawab, diskusi dan problem solving 6,7,8,2,3
7 Mahasiswa mampu mengidentifikasi potensi diri sebagai bekal wirausaha Kemampuan dan potensi diri sebagai bekal kewirausahaan Ceramah, Tanya jawab, diskusi dan problem solving 4,5,6,7
8 Mahasiswa Mampu mengidentifikasi faktor pemicu,proses pertumbuhandan langkah menuju kesuksesan wirausaha. Proses Kewirausahaan Ceramah, Tanya jawab, diskusi dan problem solving 2,4,6,7
9 Mahasiswa dapat menjelaskan fungsi makro dan mikro wirausaha Fungsi dan Model peran dalam kewirausahaan Ceramah, Tanya jawab, diskusi dan problem solving 1,2,3,4,5
10 Mid Semester
11 Mahasiswa mampu mengidentifikasi peluang usaha Mengembangkan ide dan mencari peluang dalam kewirausahaan Ceramah, Tanya jawab, diskusi dan problem solving 2,6,7,8,9
12 Mahasiswa mampu menganalisa dengan metode SWOT terhadap suatu usaha Profil usaha kecil dan cara pengembanganya Ceramah, Tanya jawab, diskusi dan problem solving 2,6,7,8,9
13 Mahasiswa mampu membuat rancangan usaha

( bisnis plan )

Merancang Usaha baru dan model pengembanganya: gagasan dan tujuan usaha Bimbingan pembuatan rancangan usaha 2,6,7,8,9
14 Mahasiswa mampu membuat rancangan usaha

( bisnis plan )

Merancang usaha baru dan model pengembangannya : analisis dan Evaluasi Bimbingan pembuatan rancangan usaha  

2,6,7,8,9

15 Mahasiswa mampu mengkomunikasikan ide-ide hasil rancangan usaha Perencanaan bisnis Usaha baru Presentasi
16 UJIAN AKHIR SEMESTER

 

Secara rinci metode pembelajaran adalah sebagai berikut :

  1. Tatap muka didalam kelas
  2. Kunjungan ke lokasi bisnis yang relevan
  3. Tugas akhir membuat rencana usaha (Business Plan) yang diinformasikan sejak awal kuliah
  4. Bimbingan dan konsultasi dilakukan secara terus-menerus (sepanjang masa perkuliahan) terutama yang berkaitan dengan pembuatan rencana usaha.
    • Peserta membuat rencana usaha dan diseminarkan/ dipresentasikan di depan teman-temannya pada bagian akhir kuliah.
    • Semua kegiatan pembelajaran berorientasi untuk mendukung pembuatan rencana usaha dengan masukan dari wirausahawan yang relevan

 

Pola evaluasi proses pembelajaran dan ujian

Nilai akhir berupa gabungan dari kisi-kisi :

  1. Tugas-tugas ……………………………..…. 20%
  2. Ujuan tengah semester …….…………. 20%
  3. Penulisan Proposal Bisnis Plan ……… 30%
  4. Ujian akhir semester ……………………. 30%

 

 

Jumlah                  100%

 

SUMBER BACAAN

  1. Badraningsih,dkk(2002) Diklat kewirausahaan.Yogyakarta:Jurusan PKK-FT UNY
  2. Geofrey,Meridith,(1984),Kewiraswataan teori dan praktek.PT.Pustaka Binawan Presindo,jakarta.
  3. Hisrich,Robert D & Peters,Michael P,(2002),Entrepreneurship,McGraw Hil,New York.
  4. Diktat percepatan pendidikan Entrepreneurship,IKIP Yogyakarta.
  5. __________,(2002) Pembaharuan,Kreativitas,Pengenalan diri,motivasi dan kewirausahaan,materi pelatihan terpadu untuk kepala Sekolah.Jakarta :Dirjen Dikdasmen
  6. Suprodjo Pusposutardjo. (1999). Pengambangan Budaya Kewirausahaan Melalui Mata Kuliah Keahlian. Yogyakarta: Jurnal PT Vol. 1 No. 9
  7. Sukanto Reksodiprojo , Tani handoko.Organisasi perusahaan : Teori dan Perilaku.BPFE.Yogyakarta.1983
  8. Suryana,2003,Kewirausahaan Pedoman Praktis,Kiat dan Proses Menuju Sukses,Salemba Empat
  9. Hani Handoko.Manajemen.BPFE Yogyakarta

 

About The Author

Saya adalah Bloger asal Malang yang menyukai kegiatan yang berhubungan dengan perkembangan IT, Design dan juga Pendidikan. Berupaya untuk selalu menebarkan kebermanfaatan bagi sesama.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *