KHUTBAH JUMAT TAHUN SYAMSIYAH / MASEHI

KHUTBAH JUMAT TAHUN SYAMSIYAH / MASEHI

KHUTBAH JUMAT TAHUN SYAMSIYAH / MASEHI

 

أ

الحَمْدُ لِلّهِ. الحَمْدُ لِلّهِ الذِي جَزَى العَامِلِيْنَ. وأحَبَّ الطَّائِعِيْنَ. وَأبْغَضَ العَاصِيْنَ. أشْهَدُ أنْ لاَ اِلهَ اِلااللهُ.  وَأشْهَدُ أنَّ مُحَمّدًا رَسُوْلُ اللهِ. اَللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سيّد نا مُحَمّدٍ الهَادِي اِلَى صرَاطِكَ المُسْتَقِيْمِ. وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَالمُجَاهِدِيْنَ فِي سَبِيْلِكَ الْقَوِيْمِ. أمَّا بَعْدُ. فَيَا عِبَاد اللهِ اتَّقُوْاللهَ الّذِي لا اِلهَ سِوَاهُ وَاعْلَمُوا أنَّ اللهَ أمَرَكُمْ بِالطَّاعَةِ والْعِبَادَةِ. وَنَهَاكُمْ بِالظُّلْمِ وَالْمَعْصِيَةِ. فَأَطِيْعُوْهُ وَاعْمَلُوا الصَّالِحَاتِ وَاجْتَنِبُوا عَنِ السَّيِّئَاتِ. قَالَ اللَّهُ تَعَالَى :أَعُوْذُبِااللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ ، بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا  أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ

Hadirin Jama’ah Shalat Jum’at yang dimuliakan Allah

Tanpa terasa kita telah memasuki tahun baru dan meninggalkan tahun yang telah berlalu tahun 2015 menuju tahun 2016, dengan setumpuk kenangan baik suka maupun duka, baik dengan ladang ibadah ataupun dengan gelimpang dosa yang tidak terhitung banyaknya.

Banyak orang beranggapan Tahun Baru Masehi itu identik dengan Kristen sesuai dengan namanya, tetapi apakah hadirin tahu bahwasannya tahun masehi itu tidak dibahas dan tidak tertulis dalam kitab Injil. Penanggalan Tahun Baru Masehi, diawali sekitar abad 4 Masehi, tepat tanggal 1 Januari, karena pada waktu itu, diyakini sebagai “tanggal kehidupan baru” yaitu setelah 31 Desember, manusia dan alam semesta masuk ke dalam nuansa perubahan kosmos, serta membawa perubahan pada semua hal yang pada alam semesta. Kita sebagai kaum muslimin menyebutkan tahun masehi ini dengan tahun SYAMSIYAH, tahun berdasarkan perjalanan matahari. Dalam Alquran pada surat al Isra’ ayat 12 Allah berfirman :

وَجَعَلْنَا اللَّيْلَ وَالنَّهَارَ آيَتَيْنِ ۖ فَمَحَوْنَا آيَةَ اللَّيْلِ وَجَعَلْنَا آيَةَ النَّهَارِ مُبْصِرَةً لِتَبْتَغُوا فَضْلًا مِنْ رَبِّكُمْ وَلِتَعْلَمُوا عَدَدَ السِّنِينَ وَالْحِسَابَ ۚ وَكُلَّ شَيْءٍ فَصَّلْنَاهُ تَفْصِيلًا

“Dan Kami jadikan malam dan siang sebagai dua tanda, lalu Kami hapuskan tanda malam dan Kami jadikan tanda siang itu terang, agar kamu mencari kurnia dari Tuhanmu, dan supaya kamu mengetahui bilangan tahun-tahun dan perhitungan. Dan segala sesuatu telah Kami terangkan dengan jelas.”

Begitu juga Allah berfirman dalam surat Yunus ayat 5

هُوَ الَّذِي جَعَلَ الشَّمْسَ ضِيَاءً وَالْقَمَرَ نُورًا وَقَدَّرَهُ مَنَازِلَ لِتَعْلَمُوا عَدَدَ السِّنِينَ وَالْحِسَابَ مَا خَلَقَ اللَّهُ ذَلِكَ إِلَّا بِالْحَقِّ يُفَصِّلُ الْآيَاتِ لِقَوْمٍ يَعْلَمُونَ

Dia-lah yang menjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya dan ditetapkan-Nya manzilah-manzilah (tempat-tempat) bagi perjalanan bulan itu, supaya kamu mengetahui bilangan tahun dan perhitungan (waktu). Allah tidak menciptakan yang demikian itu melainkan dengan hak. Dia menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya) kepada orang-orang yang mengetahui.

Tahun Masehi disebut tahun syamsiyah ditulis Allah dalalam Alquran, kita melakukan sholat diperhitungkan dengan menggunakan waktu MATAHARI, Sungguh sebuah kesalahan pandang akibat pemikiran yang dangkal dan fanatik buta yang menyerahkan tahun Masehi atau Tahun  Syamsiyah ini kepada Kristen.

Hadirin Jama’ah Shalat Jum’at yang dimuliakan Allah

Bagi orang awam, malam tahun baru disibukkan dengan acara glamour yang menjurus kepada aktifitas maksiat dan sia-sia. Bagi setiap pribadi muslim yang terpenting bagaimana merencanakan dan mengisi tahun yang akan datang dengan aktivitas yang berkualitas, berdimensi duniawi dan ukhrawi disertai muhasabah (interospeksi) terhadap berbagai aktivitas tahun lalu.

Sebagai manusia, tentunya kelalaian dan kealpaan senantiasa menyertai hidup kita. Salah dan dosa telah menjadi tabiat manusia sehingga tak satupun diantara kita berani menyatakan orang yang suci.

Dari sahabat Anas bin Malik r.a, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

كُلُّ بَنِي آدَمَ خَطَّاءٌ وَ خَيْرُ الْخَطَّائِيْنَ التَّوَّابُونَ

“Setiap anak Adam (manusia) pasti pernah berbuat kesalahan dan sebaik-baik orang yang berbuat kesalahan adalah yang mau bertaubat.” (H.R. Ibnu Majah no. 4251 dan lainnya)

Jika kita ingin muhasabah seraya membandingkan antara perbuatan baik dan buruk yang pernah kita lakukan, ternyata keburukan yang telah kita lakukan jauh melebihi kebaikan- kebaikan kita.

Oleh karena itu sebagai umat Rasulullah SAW setelah menyadari banyaknya kekhilafan dan dosa yang kita lakukan adalah segera bertaubat kepada Allah SWT

Firman Allah SWT. :

قُلْ يَا عِبَادِيَ الَّذِينَ أَسْرَفُوا عَلَى أَنْفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوا مِنْ رَحْمَةِ اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ

” Katakanlah wahai orang-orang yang melampaui batas terhadap dirinya, janganlah kalian berputus asa dari rahmat Allah karena sesungguhnya Allah akan mengampuni seluruh dosa. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (Az-Zumar : 53).

Bahkan keseriusan kita dalam bertaubat tidak akan disia-siakan Allah SWT karena setiap kesalahan yang pernah kita lakukan akan dijadikan Allah SWT sebagai kebajikan.

Allah SWT berfirman :

إِلَّا مَنْ تَابَ وَآَمَنَ وَعَمِلَ عَمَلًا صَالِحًا فَأُولَئِكَ يُبَدِّلُ اللَّهُ سَيِّئَاتِهِمْ حَسَنَاتٍ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا

” Kecuali orang-orang yang bertaubat, beriman dan mengerjakan amal shaleh ; maka kejahatan mereka diganti Allah dengan kebajikan. Dan adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

(Al-Furqan : 70).

Kita telah menyaksikan pemandangan memilukan setiap menjelang penggantian tahun di mana berbagai bentuk kemaksiatan seakan menjadi sebuah kelaziman mengiringi penggantian datangnya tahun baru. Sebagian manusia merayakan penggantian tahun dengan pesta pora sampai dalam bentuk yang luar biasa.

Bagi kalangan berduit mereka menghabiskan berjuta-juta uangnya demi malam yang bersejarah ini. Mereka memesan tiket tempat hiburan jauh hari, walaupun dengan biaya yang sangat mahal.

Sementara yang berkantong tipis merayakan acara ini di jalan- jalan, dilorong- lorong dan dimana saja dengan menghabiskan berbotol- botol minuman keras dan membakar kembang api tanpa mau tahu keadaan masyarakat sekitarnya.

Sungguh semua ini perbuatan mubazir dan menghabiskan uang untuk hal- hal yang dilarang Allah SWT

Padahal Allah SWT berfirman :

إِنَّ الْمُبَذِّرِينَ كَانُوا إِخْوَانَ الشَّيَاطِينِ وَكَانَ الشَّيْطَانُ لِرَبِّهِ كَفُورًا

” Sesungguhnya pemboros- pemboros itu adalah saudara- saudara setan dan setan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya.”  (Al-Isra’: 27).

Bagi seorang muslim lebih baik sekiranya menyambut kedatangan tahun baru dengan muhasabah (introspeksi) diri.  Karena muhasabah tidak saja pada momen tahun baru, bahkan setiap saat muhasabah ini harus menyertai dirinya.

Umar bin Khathab mengatakan :

حَاسِبُوا أَنْفُسَكُمْ قَبْلَ أَنْ تُحَاسَبُوا، وَزِنُوها قَبْلَ أَنْ تُوزَنُوا، وَتَأهَّبُوا لِلْعَرْضِ الْأَكْبَرِ

“Hendaklah kalian menghisab diri kalian sebelum kalian dihisab, dan hendaklah kalian menimbang diri kalian sebelum kalian ditimbang, dan bersiap-siaplah untuk hari besar ditampakkannya amal”

Sebagai manusia yang yakin akan datangnya hari perhitungan, maka yang terbaik bagi kita sekarang adalah mempersiapkan diri menghadapi hari tersebut.

Allah SWT berfirman :

يَا أَيُّهَاالَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَلْتَنظُرْ نَفْسٌ مَّا قَدَّمَتْ لِغَدٍ ۖوَاتَّقُوااللَّهَ ۚ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا تَعْمَلُونَ

” Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaknya setiap diri. memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (Al-Hasyr : 18).

 

Marilah kita bermunajat dan berdoa kepada Allah SWT, semoga menjadikan hari-hari kita kedepan sebagai hari-hari yang penuh keberkahan, ketaatan kepada Allah, dan terhindar dari segala bentuk musibah. Semoga kita diberi kekuatan iman dan Islam, dan semoga selalu dalam hidayah Allah dengan mengikuti sunnah Rasulullah Shollallohu ‘Alaihi wa Alih wa Shohbihi wa Sallam, aamin yaa mujiibas saa-iliin.

 

بارك الله لى ولكم فى القرآن الكريم, ونفعنى و إياكم بما فيه من الآيات والذكر الحكيم, أقول قولى هاذا, و أستغفر الله العظيم لى ولكم , فاستغقروه, إنّه هو الغفور الرحيم

 

Khutbah Kedua

 

الحمد لله الذى أنعمنا بنعمة الإيمان و الإسلام. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ الملك القدّوس السلام وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ خير الخلائق و الأنام, صَلَّى اللهُ عَلَى سيّدنا مُحَمَّدٍ وبارك وسلّمْ, وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ الكرام, أما بعد. قَالَ تَعَالَى: يَا أَيُّهاَ الَّذِيْنَ ءَامَنُوا اتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنتُمْ مُّسْلِمُوْنَ. وَقَالَ تَعَالَى: {وَمَن يَتَّقِ اللهَ يَجْعَل لَّهُ مَخْرَجًا} وَقَالَ: {وَمَن يَتَّقِ اللهَ يُكَفِّرْ عَنْهُ سَيِّئَاتِهِ وَيُعْظِمْ لَهُ أَجْرًا}

ثُمَّ اعْلَمُوْا فَإِنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِالصَّلاَةِ وَالسَّلاَمِ عَلَى رَسُوْلِهِ فَقَالَ: {إِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّ، يَا أَيُّهاَ الَّذِيْنَ ءَامَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا}.

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سيّدنا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سيّدنا مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سيّدنا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سيّدنا إِبْرَاهِيْمَ، وَبَارِكْ عَلَى سيّدنا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سيّدنا مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى سيّدنا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سيّدنا إِبْرَاهِيْمَ،فى العالمين إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ. اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ، وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ اْلأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ، إِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مجيب الدعوات. اَللَّهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّبَاعَهُ، وَأَرِنَا الْبَاطِلَ باَطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ. رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا. سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ، وَسَلاَمٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ

وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.

عبادالله, اِنَّ اللهَ يَأْمُرُنَا بِاْلعَدْلِ وَاْلاِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِى اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوااللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ اَكْبَرْ

 

About The Author

Saya adalah Bloger asal Malang yang menyukai kegiatan yang berhubungan dengan perkembangan IT, Design dan juga Pendidikan. Berupaya untuk selalu menebarkan kebermanfaatan bagi sesama.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *