Klenik Angka

Klenik Angka

Oleh : Betric Feriandika

Tidak hanya ahli ilmu matematika yang mengungkapkan keunikan dari angka atau bilangan. Banyak penelitian tentang keistimewaan dari angka-angka yang dikupas secara ilmiah. Dalam kehidupan sehari-hari kita tidak terpisahkan dari angka. Uang, nomer telpon/HP, kalender dan lain-lain, semua tidak lepas dari digit angka-nya. Kali ini, angka kita kaitkan dengan tanggal, nomer rumah atau yang lainnya. Apa hubungannya dengan masalah klenik angka ini?

Konon katanya tanggal lahir yang angka atau nominalnya sama, ada kaitannya dengan kemujuran atau kesuksesan seseorang.  Apa benar???. Karena tidak sedikit para ‘pen-sukses’, mereka sukses yang mempunyai tanggal lahir yang angka belakangnya sama. Meski tidak menutup kemungkinan, banyak juga para ‘pen-sukses’ yang tidak demikian. Tapi hal ini menarik untuk saya gelitiki walaupun sedikit sekuler.

Bung Karno presiden pertama negara kita, lahir tanggal 6 bulan 6. Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) lahir tanggal 9 bulan 9 mengusung partai demokrat pada tanggal 9 bulan 9 juga tahun 2001 yang beranggotakan 99. Setelah tiga tahun berdiri, partai ini berhasil memenangi pemilu 2004, dan kebetulan saat itu partai ini pun mendapat nomor urut 9. Sehingga SBY sukses mendulang suara sebagai presiden RI pertama yang dipilih secara langsung oleh rakyat. Mungkinkah klenik angka 9 bisa dikatakan angka keberuntungan SBY??

Bukan hanya para pemimpin yang demikian. Dosen saya di UM sekaligus widyaiswara, Drs. Ahmad Fuad Effendi, M.A, beliau adalah salah satu dosen favorit sekaligus dosen terbang, juga telah sukses menulis banyak buku keislaman dan kebahasaaraban, artikel di jurnal-junal ilmiah, narasumber berbagai seminar nasional dan internasional, dan masih banyak kebolehan beliau. Dimana, lahir tanggal 7-7-1947. Kebetulan rumah beliau juga mendapat nomer 77, bahkan dalam moment tertentu tidak jarang bertepatan pada tanggal 7 dan bulan 7. Apakah ini bisa dikatakan angka 7 adalah hoki buat beliau?? Dan masih banyak lagi para ‘pen-sukses’ yang kurang efisien kalau saya sebutkan di sini.

Saat-sat ini tak jarang juga para selebritis memboking tanggal 11-11-11 untuk resepsi acara pernikahan, melahirkan buah hatinya, syukuran atau acara istimewa mereka. Dengan dalih, jika memakai tanggal yang cantik selanjutnya akan berimbas cantik juga kehidupannya. Entah sebenarnya apa korelasinya antara  angka cantik dengan akibat berikutnya?

Dalam suatu infotainment di televisi swasta, sekilas “orang pintar” pernah mengutarakan: “Ada hubungannya tanggal lahir, nomer rumah, yang angkanya sama, dengan keberuntungan seseorang”. Tidak dijelaskan secara gamblang apa motif dari ucapannya itu. Lebih dari itu, ustadz saya juga pernah sedikit mengungkapkan: ” Terkadang ada kaitannya antara tanggal lahir dengan kemujuran seseorang, meski tidak selalu benar. Karena keberuntungan atau tidaknya seseorang tergantung pada usaha kita dan lebih-lebih atas kehendak Allah SWT”. Hal ini benar adanya, karena Allah telah berfirman ” Allah tidak akan mengubah suatu kaum, sehingga kaum itu mengubahnya sendiri”.

Belum tentu juga, orang yang kebetulan mujur seperti di atas, tidak lepas dari kesengsaraan. Setiap manusia pasti pernah menderita apapun bentuknya. Firman Allah SWT: “Dan masa (kejayaan & kehancuran) itu kami pergilirkan di antara manusia. (agar mereka mendapat pelajaran). (Q.S. Ali Imron:140).

Sekali lagi bukan berarti yang tidak memiliki tanggal lahir yang angkanya sama, tidak bisa sesukses para ‘pen-sukses’. Tidak jarang juga para ‘pen-sukses’ yang berantakan angka tanggal lahirnya tidak kalah hebatnya dengan yang berlabel angka tanggal lahirnya sama. Wa Allahu a’lam bisshowab.

About The Author

Saya adalah Bloger asal Malang yang menyukai kegiatan yang berhubungan dengan perkembangan IT, Design dan juga Pendidikan. Berupaya untuk selalu menebarkan kebermanfaatan bagi sesama.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *