kriteria desain web yang baik

kriteria desain web yang baik

 

buat kalian yang masih baru dalam hal desain-mendesain web, ataupun kamu yang baru mau belajar webdesign. sebelum kamu melangkah lebih jauh ada baiknya saya memberikan sedikit gambaran tentang desain web / webdesign yang baik itu seperti apa.

Anyway, (sok bhs inggris).. gak usah basa basi lagi ya,,hihi. Klo menurut saya sich secara umum ada lima kriteria baik tidaknya desain web itu dan lima hal ini selalu saya jadikan acuan ketika ingin mendesain sebuah web.

  • SE (search engine) friendly

Search engine tau khan?? Itu lho yang kayak google, yahoo, msn banyak dech.. zaman sekarang ini khan orang klo mau mencari apapun di internet biasanya selalu menggunakan jasa2 search engine ini. Nah klo situs kita tidak SE friendly khan bisa berabe, bisa-bisa situs kita jadi nomor sekian dech di SE dan ujung2nya pengaruh ke trafik situs kita dech.

Biasanya desain web yang SE friendly tuch bisa diliat dari kode HTML yang digunakan (semakin terstruktur dan rapi kodenya semakin bagus di mata search engine) nah kode biasanya orang2 tuch menyebut kode2 yg teratur ini dengan sebutan XHTML (pembahasan lebih lanjut tentang XHTML tunggu artikel selanjutnya ya..)

  • Keselarasan dengan tema/konten

Klo yang ini wajib dunks, masa’ webnya tentang bola misalkan trus desain webnya ada gambar2 bulutangkis khan gak nyambung. Atau webnya tentang F1 eh.. backgroundnya kok gambar motor aduh..aduh..

Klo blog ini desain webnya nyambung gak ya,,hihi..

  • User friendly

User friendly ini meliputi kemudahan pengguna/pengunjung web tersebut dalam hal membaca kontennya (membaca tulisannya), trus peletakkan navigasi/menu yang mudah dilihat, enak dipandang (ini relatif, tapi jangan sampai situs kamu bikin sakit mata orang yg ngunjungin,hihihi).

  • Loading page situs yang cepat

Nah, yang ini mungkin agak bertolak belakang dengan konsep desain mendesain yach, khan klo menurut logika, semakin bagus kualitas desain khan semakin membuat lambat loading pagenya soalnya kualitas desain yang bagus tuch pasti membutuhkan resource yang tidak kecil, mulai dari image2 yg berat dan banyak, source code yg memberatkan dll dech..

Namun, desain web yang baik itu harus memenuhi kriteria (yah setidaknya loading pagenya tidak terlalu lambatlah), karena kalau loading website kita sangat lambat, maka pengunjung biasanya akan bosan menuggu dan ujung2nya menutup website kita dan beralih ke website yang lain.

  • Desain kompatibel dengan berbagai macam browser

Kamu tau khan klo browser yang di pake tiap orang tuch berbeda-beda, browser yang saya dan kamu pake aja mungkin berbeda. Mulai dari yang namanya IE, Firefox, trus ada opera, safari banyak dech. Nah tiap2 browser itu dalam menampilkan suatu situs khan pasti berbeda2, jangankan beda browser, lah beda versi browsernya aja bisa beda kok hasilnya.

Nah, makanya seorang webdesigner tuch biasanya selalu melakukan tes terhadap web yang didesainnya di berbagai macam browser yang ada, yah walaupun tidak semua browser di coba tapi ya yang paling banyak di pake orang lah, dan walaupun agak sulit untuk membuat tampilan web yang sama persis di tiap browser, tapi ya minimal hamper sama lah gak beda2 jauh.

  • Desain web harus mengikuti konsep yang telah dipersiapkan sebelumnya.

    Setiap web dibuat dengan tujuan dan sasaran tertentu. Hal ini penting untuk memastikan kesukesan dari web yang akan Anda buat.

    Contohnya:
    Anda ingin membuat situs untuk sekolah. Tujuan dari situs ini adalah memberikan informasi ke masyarakat tentang profil, visi, misi dan kegiatan sekolah. Sasaran dari situs ini adalah guru, siswa, orang tua siswa dan masyarakat umum. Untuk itu harus disiapkan sebuah konsep yang bisa mewakili tujuan dan sasaran ini.

  • Mempunyai navigasi yang baik

    Navigasi adalah link atau menu yang memberikan kemudahan bagi pengunjung untuk mencari informasi yang disediakan oleh sebuah situs. Navigasi harus tertata dengan baik agar pengujung tidak kebingungan dan memperoleh informasi secara berurutan.Kembali ke Indoedukasi.

    Anda dapat melihat navigasi dibagi menjadi dua buah group menu. Menu horizontal dan menu vertikal. Supaya mudah ditemukan navigasi harus terlihat menonjol. Anda dapat memberikan warna yang mencolok atau membuatnya menjadi besar sehingga diperhatikan oleh pengunjung.

    Jika situs Anda mempunyai isi yang banyak, sehingga mau tidak mau menunya pun akan banyak, ada baiknya Anda menggunakan menu vertikal karena jika jumlah menu ditambah akan melar ke bawah. Ingat orang biasanya tidak suka untuk melakukan scroll ke kiri dan ke kanan, lebih umum scroll ke bawah.

  • Gunakan kombinasi warna yang baik


  • Seimbangkan antara penggunaan Grafik dan Ukuran File yang digunakan

    Supaya web terlihat impresif, tentu saja harus didukung dengan desain grafis yang baik. Akan tetapi hal ini perlu diseimbangkan dengan ukuran file gambar yang digunakan. Ingat! makin besar file yang digunakan, makin lama waktu yang diperlukan untuk load. Hasilnya, makin lama pengunjung Anda harus menunggu.

    Dengan bandwidth di Indonesia yang masih terbatas ada baiknya membuat situs Anda tetap ringan.

    Sekian tutorial ini, semoga membantu Anda memahami desain yang terbaik untuk web Anda.

  • {sharethis}

About The Author

Saya adalah Bloger asal Malang yang menyukai kegiatan yang berhubungan dengan perkembangan IT, Design dan juga Pendidikan. Berupaya untuk selalu menebarkan kebermanfaatan bagi sesama.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *