Memberikan Harokat Pada Teks Arab di Android

Memberikan Harokat Pada Teks Arab di Android

Halo teman-teman, kali ini saya akan memberikan tutorial tentang cara memberikan harokat pada teks arab diandroid. Keyboard smart phone android secara defaultnya sudah mendukung penggunaan harakah pada teks. Namun banyak yang belum tahu fasilitas tersebut dan belum tahu cara penggunaannya, sehingga ada yang mencari solusi yaitu dengan menginstall dari aplikasi pihak ketiga yang disediakan oleh google play. 

Memang untuk harakat ini tidak diberikan satu tombol perharokat  secara khusus, namun diikutkan pada tombol titik (.) seperti halnya pada hamzah atau alif. Jadi ketika kita ingin memberikan harokat harus memencet tombol titik yang ada dibagian bawah kanan agak lama terlebih dahulu untuk mengeluarkan tombol dikeyboard, lalu selanjutnya kita pilih harokah yang diinginkan.

Tutorial ini diperuntukkan kalau kita sudah menginstall bahasa arab pada bahasa android kita. Kalau belum install arab ya kita belum bisa menerapkan tutorial ini. Silahkan setting terlebih dahulu. Banyak tutorial yang membahas itu. Diyoutube saya juga sudah saya berikan tutorial instalasi bahasa arab diandroid. 

Berikut ini saya berikan link youtube yang menjelaskan cara pengetikan harakat pada android. Semoga bermanfaat.

 

About The Author

Saya adalah Bloger asal Malang yang menyukai kegiatan yang berhubungan dengan perkembangan IT, Design dan juga Pendidikan. Berupaya untuk selalu menebarkan kebermanfaatan bagi sesama.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *