mengKoneksikan Internet dengan Kartu GSM 3 (Three)

mengKoneksikan Internet dengan Kartu GSM 3 (Three)

Sekarang giliran untuk mencoba koneksi internet dengan modem ponsel dan kartu GSM 3 (Three), setelah pada posting terdahulu telah dicoba koneksi dengan Starone, Fren, Flexi, IM3, AXIS, dan Telkomsel Flash.

Untuk tutorial koneksi dengan kartu 3 ini saya menggunakan ponsel Nokia 61 sebagai modem, kabel data CA-53, laptop AXIOO dengan Windows XP Professional SP 2, dan tentu saja kartu GSM 3. Hal lain yang harus dipersiapkan adalah driver modem dari ponsel yang dipergunakan, karena di sini saya gunakan Nokia E61, tentu saja saya harus menginstal driver modem Nokia (untuk lebih mudahnya, instal program Nokia PC Suite, karena dalam aplikasi ini otomatis driver modem ponsel akan ikut terinstall).

Seperti tutorial terdahulu, hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan seting modem ponsel GSM, yaitu melalui Control Panel pada bagian Phone and Modem Options.

Pilih modem ponsel yang akan dipergunakan (untuk contoh di sini saya gunakan Nokia E61).

 

Klik tombol Properties dan masuk pada tab Advanced dan isi kolom Extra initialization Commads dengan +CGDCONT=,,”3gprs” atau bisa juga diisi dengan +CGDCONT=,”IP”,”3gprs”, kemudian lakukan Query Modem pada tab Diagnostics (langkah ini sama seperti tutorial-tutorial koneksi internet yang telah saya buat terdahulu).

 

Sampai di sini seting modem telah selesai, langkah selanjutnya adalah membuat koneksi baru.

Masuk pada menu Control Panel, kemudian masuk ke Networks Connection dan mulai membuat koneksi baru dengan memilih Create new Connection.

Pertama, adalah pilih Connect to the Internet.

 

Kedua, pilih Set up my connection manually.

Ketiga, pilih Connect using a dial-up modem.

Keempat, pilih modem yang telah kita seting sebelumnya di atas.

 

Kelima, tentukan nama koneksi (sebagai contoh di sini saya gunakan Three Connection)

 

Keenam, masukan nomor dial-up *99***1#.

 

Ketujuh, isi username dengan 3gprs, dan password yaitu 3gprs. Selesai

 

Terakhir adalah melakukan koneksi internet.

 

Jika koneksi berhasil, maka seperti biasa di pojok kanan bawah monitor akan muncul notifikasi bahwa koneksi sudah bisa berjalan.

About The Author

Saya adalah Bloger asal Malang yang menyukai kegiatan yang berhubungan dengan perkembangan IT, Design dan juga Pendidikan. Berupaya untuk selalu menebarkan kebermanfaatan bagi sesama.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *