Added by on 23/08/2019

Untuk keperluan pelatihan silahkan Anda unduh pada link berikut ini:

mediawahib.apk

Media Video Pemebelajaran

Materi media

 

INOVASI DAN KREATIVITAS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MI MELALUI MEDIA DIGITAL

Moch Wahib Dariyadi

Wahib.fs@um.ac.id

Universitas Negeri Malang

 

Dunia pendidikan kita mengalami kemajuan pesat pasca pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dibidang pendidikan. Era globalisasi pendidikan yang lebih menekankan pada kreativitas dan hubungan-hubungan antara manusia yang bernilai ekonomi tinggi menjadi lebih menonjol daripada intelektualitas dalam bidang matematika dan sains.

Fakta ini menunjukkan bahwa pendidikan itu dinamis bukan statis, mengikuti perkembangan zaman, dan peranan pendidikan untuk memajukan bangsa Indonesia terbukti dalam pembangunan ekonomi, sosial, budaya, dan politik. Kesadaran akan pentingnya pendidikan dalam memajukan bangsa jelas terlihat dalam Pembukaan UUD 1945, menyebutkan secar eksplisit untuk mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang pelaksanaannya diatur dalam Pasal 31.

Jika Anda seorang pendidik, maka di era kekinian menciptakan proses pembelajaran yang menarik, kreatif, inovatif, dan menyenangkan adalah tujuan dari proses pengajaran. Dan tujuan pendidikan sekarang bagi guru tidak hanya menanamkan pemahaman terhadap disiplin ilmu, tetapi harus mampu melampaui pemahaman tersebut. Memperjuangkan berpadunya kecerdasan dan moralitas, mau berbagi, mengedepankan hidup bersama, berkualitas, berjuang bersama melawan kemiskinan dan kebodohan, menciptakan suatu dunia, tempat beragam manusia yang hidup di dalamnya, merupakan tujuan dari pendidikan di era kekinian.

Oleh karena itu, maka di era kekinian guru harus mampu mengajar dengan memanfaatkan perangkat TIK dalam proses pembelajarannya. Salah satu konten yang menarik perhatian siswa dengan pemanfaatan media presentasi tentunya, disamping itu berlimpahnya sumber belajar seharusnya membuat tugas guru semakin mudah dalam menyampaikan bahan ajarnya.

 

Penerapan Teknologi dalam Pembelajaran Bahasa Arab

Mengutip dari hadits atau maqolah yang berbunyi “didiklah anakmu sesuai dengan zamannya”.Pernyataan ini mengandung makna dan mengisyaratkan bahwa kita hidup dalam ruang dan waktu yang senantiasa berubah dan akan selalu berubah menyesuaikan dengan tingkat pemikiran kita.

Demikian halnya menjadi seorang pendidik, dituntut untuk mampu bisa menyesuaikan dengan perkembangan global yang sedang dan yang akan terjadi. Dan globalisasi yang terjadi dalam setiap aspek kehidupan berlangsung dengan cepat terutama dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Berikut diantara peran teknologi dapat mengambil fungsi-fungsi sebagai faktor-faktor pembelajaran.

Internet

Penggunaan internet dan web tidak hanya dapat memberikan kontribusi yang   positif   terhadap   kegiatan   pembelajaran siswa saja akan tetapi guru juga akan mendapatkan  pengalaman baru di era teknologi ini. Melalui internet pembelajar dapat mengadakan kontak langsung dengan penutur asli, berpatisipasi dalam suatu forum diskusi, chatting, melihat video arab dan berkomentar, menjawab pertanyaan dan sebagainya. Beberapa situs juga ada yang didesain sebagai alat bantu belajar bahasa Arab. Berikut ini adalah lima situs yang cocok digunakan dalam pembelajaran bahasa arab untuk anak-anak:

  1. http://www.areeg.org

Website ini adalah milik Pusat Pengembagan Software Pendidikan Pemerintah Kuwait yang bekerja sama dengan Ma’had Kuwait. Dalam web ini disediakan data-data elektronik pendidikan dari tingkat Taman Kanak-kanak hingga tingkat SLTA (tentu dengan kurikulum setempat). Berisi semua mata pelajaran, termasuk bahasa arab. Tiap mata pelajaran disediakan data yang diklasifikasikan berupa e-book, contoh kegiatan interaktif, percobaan ilmiah, video tutorial, latihan, model visual, file presentasi dan hasil evaluasi. Tidak hanya bisa mendownload, kita juga bisa mengupload data ke dalam web ini.

 

  1. http://www.schoolarabia.net/asasia/duroos_1_2/arabi_main.htm

Web ini adalah web yang beralamatkan di sub web http://www.schoolarabia.net/asasia/duroos_1_2/arabi_main.htm terdapat banyak materi yang bisa kita pilih dari berbagaim tingkatan Pendidikan.  Kita memilih topik berisikan tampilan berupa materi, percakapan bergambar bahkan video bergerak. Semakin rendah tingkatannya maka sajiannya semakin sederhana pula dan banyak warna.

  1. http://www.alef-ba-ta.com/

Program-program adalam web ini dirancang untuk anak (penutur arab) usia 4-7 tahun, tanpa kemampuan membaca atau menulis. Tahap awal program dirancang untuk mengajarkan alfabet dalam berbagai bentuk dan metode pembentukan, sedangkan stadium lanjut dirancang untuk mengajarkan dasar-dasar membaca dan menulis, dengan kemampuan membentuk kalimat-kalimat pendek.

Ada lebih dari dua ratus game pendidikan disini, mulai dari yang termudah huruf abjad, dan berakhir belajar kalimat pendek. Gamenya sangat beraneka ragam dan menarik. Namun harus menggunakan koneksi internet yang tinggi, karena datanya berat. Selain itu, dalam web ini juga ada lima puluh cerita bergambar. Cerita tersebut diklasifikasikan sesuai tingkatan. Sayangnya, untuk permainan apabila mengikuti sistem poin/harta karun, secara runtut, maka harus mengikuti yang berbayar.

 

  1. http://www.madinaharabic.com/

Situs gratis pembelajaran bahasa arab online ini menggunakan bahasa pengantar bahasa inggris. Sehingga akan mudah untuk dipelajari oleh penutur non arab.   Terdapat  pembelajaran maharah qiroah, muforad aplikatif, latihan-latihan, diskusi dan data-data yang bisa di download.  Web ini juga menyediakan layanan konsultasi baik melalui telpon, email, skype juga we-chat.

 

  1. arabiyatuna.com

 

Pemilik web ini menamai dengan Belajar Bahasa Arab Online ini. Web ini berisi data-data yang dikumpulkan dari situs lain, khususnya youtube. Ada banyak video yang telah dikumpulkan yang bisa dimanfaatkan dalam pembelajaran bahasa arab.

Dalam web blog ini juga sudah diklasifikasikan kategori-kategori videonya sehingga mempermudah dalam pencarian. Jadi dengan melihat isi blog ini kita semacam melihat khulashoh youtube yang memuat khusu video untuk pembelajaran bahasa arab. Bahasa pengantarnya bahasa Indonesia, jadi lebih mudah

 

CD Interaktif

Satu lagi perkembangan yang begitu pesat dan semakin modern makin mempermudah bagi seorang pendidik untuk memanfaatkan berbagai macam media yang ada, diantaranya adalah CD (compact disk) interaktif.

VCD juga merupakan media pengajaran bahasa yang cukup efektif digunakan. Alat ini mirip dengan tip recorder hanya lebih lengkap. Tip recorder hanya didengar, sementara VCD didengar dan dilihat. Saat ini telah banyak program-program  pengajaran  bahasa Arab yang dikemas dalam  bentuk CD, namun untuk mengoperasikannya tidak cukup dengan VCD tetapi dengan komputer yang dilengkapi dengan multimedia. Dalam konteks pengajaran ALA, telah  banyak  program  pengajaran  ALA  yang  dikemas  dalam  bentuk  CD, misalnya: Arabindo, Alif-Ba-Ta, Al-Qamus al-mushowwar li As-Shigar, BustanAr-Raudloh, Juha1-2, Jism al-Insan, Hadiqah al-Arqam, Masrahiyah al-Huruf al-Arabiyah, Ta’lim al- Lughah al-Arabiyah, ‘Alam al-Tajarub li as-Sigar, Jazirah al-Barka:n, dan Mausuah al- Musabaqahwaal-Algha:z serta masih banyak lagi.

 

Satelit/Parabola

Satelit juga memberi kemudahan bagi para pendidik dalam mengajarkan bahasa Arab yakni dalam pengayaan kosa kata dan pengenalan budaya. Dengan piringan parabola, motor penggerak dan Digital Satellite Receiver, kita dapat menikmati siaran TV Arab, yaitu Saudi Arabia, Mesir, Yaman, Palestina, Abi Dhabi secara langsung. Satelit ini lebih banyak dimanfaatkan untuk keterampilan menyimak (maharatul istima’).

 

Arabic E-learning

Istilah e-learning mengandung pengertian yang sangat luas, sehingga banyak pakar yang menguraikan tentang definisi e-learning dari berbagai sudut pandang. Salah satu definisi yang cukup dapat diterima banyak pihak misalnya dari Darin E. Hartley [Hartley, 2001] yang menyatakan: e-learning merupakan suatu jenis belajar mengajar yang memungkinkan tersampaikannya bahan ajar ke siswa dengan menggunakan media Internet, Intranet atau media jaringan komputer lain. e-learning didesain  dengan media yang dapat diakses dari terminal komputer yang memiliki peralatan yang sesuai dan sarana teknologi lainnya yang dapat mengakses jaringan atau Internet. Diatara elearning yang bisa kita gunakan dalam pembelajaran bahasa arab di MI adalah elearning aljazera dan Arabic-online.net

 

Latihan Membuat Media Video

Pada Pelatihan ini kita akan berlatih membuat media yang berbasis video sehingga bisa kita gunakan untuk media dalam pembelajaran bahasa arab di Madrasah Ibtidaiyah. Banyak cara yang bisa dipergunakan untuk memproduksi video. Cara yang paling umum dipakai adalah dengan memanfaatkan smartphone.di fase ini, kita membutuhkan aplikasi video editor yang juga tersedia dalam banyak pilihan beberapa di antaranya, KineMaster

Aplikasi ini mendukung berbagai format video, seperti MP4 3GP movie MP3 M4A ataupun berbagai format video lainnya. Jadi, tidak perlu khawatir untuk mendapatkan format video yang ada inginkan. Aplikasi ini mendapatkan rating sebesar 4,5 dalam Google Play Store.

Peralatan yang dibutuhkan untuk membuat video pembelajaran yang menarik, antara lain:

  1. Smartphone (Android, iOS, WiNPhone, BB)
  2. Tripod
  3. Monopod/Tongsis
  4. Steady Cam/Stabilizer
  5. Remote Control/tomsis
  6. Holder Tripod
  7. Microphone (Clip on/Ext mic)
  8. Voice Recorder (alternatif)

Setelah itu, spesifikasi SmartPhone yang harus digunakan juga harus memiliki spesifikasi:

  1. HP Android
  2. Processor Quadcore
  3. RAM Minimal 2 GB
  4. Resolusi Video : Full HD 1920 x 1080 dan HD 1080 x 720

 

Cara Download Aplikasi KineMaster di Android.

Anda bisa mengunduh aplikasi KineMaster ini secara gratis di smartphone Android anda dengan cara sebagai berikut :

  1. Buka Aplikasi Google Play Store di Android Anda.
  2. Ketik di pencarian dengan “KineMaster” lalu ok atau klik link berikut “https://play.google.com/store/apps/details?id=com.nexstreaming.app.kinemasterfree&hl=en “.
  3. Kemudian klik pada aplikasi KineMaster – Pro Video Editor.
  4. Klik install dan tunggu hingga proses pemasangan di android Anda selesai.
  5. Tutup aplikasi Google Play Store, lalu cari aplikasi KineMaster – Pro Video Editor dan buka aplikasinya.
  6. Selamat menggunakan aplikasi KineMaster – Pro Video Editor.

 

Fitur-fitur KineMaster

Ketika pertama kali membuat project, KineMaster akan menawarkan dua tipe project, yang pertama adalah Project Assistant dan yang kedua Empty Project. Keduanya sama-sama untuk membuat project editing video baru, bedanya Project Assistant menawarkan bantuan dengan rangkaian proses pembuatan video yang sistematis sehingga jauh lebih mudah untuk pengguna baru. Di Project Assistant, KineMaster akan memandu andamulai pemilihan video, tema, memasukkan video, filter, teks dan lain sebagainya hingga menjadi video akhir yang cantik.

Dukungan Berbagai Media

Meskipun tidak mendukung semua jenis video, namun KineMaster sejauh ini mengakomodir hampir sebagian besar video yang direkam oleh smartphone. Input media di KineMaster juga terbilang mudah, meskipun Anda tidak dapat memilih sumber media, apakah dari memori internal atau eksternal. Seluruh media akan ditampilkan di jendela yang sama, namun dipisah berdasarkan folder dan tiga buah folder ekstra mencakup Background, Favorite danCloud Storage. Sisanya adalah folder yang ada di memori perangkat.

Tema

Fitur ini juga membantu pengguna baru KineMaster, di mana ada empat pilihan tema, antara lain Basic, On-Stage, Serene dan Travel

Teks

Berikutnya, KineMaster juga menawarkan opsi untuk menambahkan teks ke dalam video. Pilihan teks mencakup untuk pembuka dan penutup, di mana masingmasing teks dapat diatur lebih jauh dengan memilih warna dan juga jenis teks yang sesuai selera pengguna.

Audio

Tidak lengkap rasanya jika aplikasi edit video sekelas KineMaster tidak punya fitur suara latar. Untuk membedakan diri dengan aplikasi lainnya,KineMaster punya rentang pilihan yang lebih luas, di mana pengguna bisa memilih sumber yang dirasa paling pas untuk mereka .Misalnya, ada opsi Music Assets dari toko, kemudian SFX Assets, rekaman,lagu dari memori perangkat, album, artis bahkan genre dan tambahan menu folder jika pengguna mempunyai referensi dari perangkat local mereka.

Selain  menawarkan opsi sumber audio  yang  lebih  lengkap,  KineMaster juga memungkinkan pengguna untuk mengatur seberapa nyaring suara latar, bagaimana video pertama kali muncul dan berakhir, kemudian durasi penayangan untuk jenis konten foto.

 

Precition editing: melakukan pemotongan frame demi frame  serta dapat mengatur timing klip audio dan memisahkan menjadi sub frame sehingga akan menghasilkan video yang presisi.

Instant preview: melihat preview video yang sedang di edit tanpa harus menunggu import dan render.

Multi track audio:  menambahkan audio hingga 4 audio tambahan

Multiple layer: menambahkan text, photo, tulisan tangan atau hand writing dan layer stiker.

Color adjustment: menambah filter warna pada video, saturasi video, mengatur brightness video, contrast video dan sebagainya.

Speed control: mengubah kecepatan video sesuai dengan yang diinginkan. Kecepatan video dapat diatur dari 0.5x hingga 1.5x.

Voice recording: melakukan perekaman suara saat melakukan preview video untuk kemudian dapat ditambahkan pada video lebih presisi.

Pro audio features: membuat berbagai format audio, mengatur besar kecil volume audio sesuai dengan  yang dinginkan.

Chroma key: Melakukan penggabungan foto dan video dengan menggunakan green screen.

 

Tool Editing yang Lengkap

 

Sekarang, kita lihat fitur juaranya. Di bagian ini, kemampuan KineMaster yang sesungguhnya akan terlihat. Di saat video sudah diinput, audio juga sudah dipilih dan teks sudah diketikkan, semua bagian-bagian itu akan dikumpulkan menjadi satu di jendela editing utama. Di jendela ini, ada banyak sekali hal yang akan berlangsung. Agar lebih mudah, saya hanya akan membuat daftar lengkapnya dengan istilah yang saya pahami. Bahasa aslinya mungkin saja berbeda.

 

 

  • Dukungan banyak layer
  • Split
  • Voice over
  • Rotate
  • Playback
  • Record dari  kamera   dan   camcorder
  • Sharing
  • Drag and Drop
  • Cut, Copy, Crop
  • Capture Frame
  • Filter warna
  • Duplicate
  • Color adjustment
  • Undo/Redo
  • Vignette o Trimming

 

 

Cara Penggunaan KineMaster

Berikut adalah cara mengedit video dengan mudah menggunakan kinemaster

  1. Tampilan awal KineMaster setelah di sentuh, sentuh Proyek Kosong untuk memulai edit video

Tombol   bundar   berwarna   merah   merupakan   pintu   masuk   utama   untuk menemukan “inner beauty” sesungguhnya di KineMaster. Tombol ini akan menghantarkan Anda ke pembuatan project baru yang nantinya akan menampilkan seluruh alat editing video yang Anda butuhkan.

Tiga tombol lainnya terdiri dari tombol pengaturan, bantuan dan toko. Menu terakhir memuat berbagai elemen pelengkap misalnya audio yang nantinya bisa Anda unduh sebagai komponen pelengkap project-project yang dibuat.

  1. Pilih aspek rasio yang diinginkan sesuai dengan tujuan membuat video, misalkan saja untuk ditampilkan pada monitor LCD lebih baik menggunakan rasio 16:9, atau melebar . Sedangkan untuk tujuan aplikasi status WA dan Facebook bisa mengggunakan rasio perbandingan 9:16. Sedangkan untuk rasio 1:1 biasanya digunakan untuk Instagram.
  2. dan juga Tampilan Layar Editing Untuk Memulai Editing Video.
  3. Membuka file atau folder gambar atau video untuk di edit.
  4. Sentuh salah satu Folder pada layar editing Kinemaster di HP untuk membuka isi gambar yang akan di edit.
  5. Mengedit video Masukan video yang ingin di edit ataupun kita bisa memasukan gambar yang nantinya akan menjadi video. Untuk memasukannya dengan cara sentuh tombol centang

 

  1. Beberapa pengaturan bisa kita setting pada menu kiri. juga bisa melihat edit video kita dengan layar penuh
  2. Memasukkan teks dengan cara pilih layer atau lapisan lalu pilih ikon teks

Selanjutnya buat teks dan edit

  1. Fungsi tombol Audio dan Voice,

Untuk menambahkan lagu atau musik pada video sedang kita buat, silahkan pilih Audio atau Voice yang berada disebelah kanan. Tekan untuk memulai

  1. Tambahkan lagu untuk membentuk suasana dengan cara klik pada ikon music disebelah menu sebelah kanan

Lagu atau musik yang bisa kita tambahkan bisa lagu rekaman, ataupun ada musik default dari aplikasi Kinemaster itu sendiri.

  1. Memulai Mengedit video> Klik media browser > Silahkan buka atau cari file yang diinginkan > klik tanda centang jika sudah selesai
  2. Memotong Video > klik area video yang ada dibawah > Tanda gunting
  3. Mempercepat dan Meperlambat video > klik area video yang ada dibawah > Tanda jam
  4. Menambahkan Teks Pada Video > Pilih Layer > Tambahkan Teks > pilih warna dan font sesuai keinginan
  5. Menambahkan musik > Klik audio > cari file mp3 yang diinginkan > cara memotongnya nanti pada halaman utama kine master
  6. Menambah Gambar dan logo atau watermark > Klik Layer > Gambar > Setelah diterapkan ke video, sesuaikan ukuran besar dan kecilnya
  7. Mempecantik tampilan Gambar > klik area pengeditan gambar di bawah > akan muncul beberapa fitur, mulai dari tampilan dan semacamnya, tinggal pilih sesuai keinginan
  8. Menyimpan hasil editing dan pembuatan video.

Kualitas video yang bisa disimpan terdiri dari 3 kualitas yaitu

Full HD resolusi 1920×1080, HD resolusi 1280×720 dan Low Quality  resolusi 640×480 sehingga kita dapat mengatur besarnya file untuk penyimpanannya. Disarankan apabila memori yang ada pada perangkat android kurang besar maka  gunakanlah mediumatau low quality.

 

Daftar Pustaka

DARIYADI, M. W. (2018). Penggunaan Software “Sparkol Videosribe” sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis ICT. Prosiding Konfererensi Nasional Bahasa Arab, 4(4), 272-282

Category:

Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*