Pengertian Hasil Belajar Siswa

Pengertian Hasil Belajar Siswa

Menurut S. Nasution (1982 : 3) mendefinisakan hasil belajar dengan “Prestasi belajar adalah hasil yang telah dicapai dalam bentuk perubahan kelakuan anak berdasarkan pengalaman dan latihan”.

Sedang Sumartono (1976 : 8) mendifinisakan “tes hasil belajar adalah suatu nilai yang menunjukkan hal tertinggi dalam belajar yang dicapai menurut kemampuan anak dalam bidang studi tertentu”.

Berdasarkan pengertian diatas, maka hasil belajar merupakan hasil dari kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan siswa dengan menggunakan bantuan pengajaran antara siswa dengan guru maupun siswa tanpa guru. Dalam pengertian yang lebih rinci didalam proses hasil belajar menurut Taxonomi Pembelajaran Benyamin S. Bloom, dkk, 1956.

Bahwa pembelajaran meliputi 3 aspek :

  1. Aspek kognitif            :     Perilaku yang merupakan hasil befikir (ingatan, pemahaman, aplikasi, analisa sintesa dan evaluasi).
  2. Aspek efektif              :     Prilaku yang dimunculkan sebagai pertanda suatu kecenderungan untuk memilih/ memutuskan dalam merespon suatu obyek tertentu. (penerimaan, tanggapan, penilaian, organisasi dan karakterisasi).
  3. Aspek psikomotorik    :     Prilaku yang dimunculkan oleh hasil kerja tubuh manusia (persepsi, kesiapan, gerak terbimbing, gerak terbiasa, gerak komplek, penyesuaian pola gerakan dan kreatifitas). (Dep.Dik.Nas, 2002 : 7).

Dengan demikian untuk memperoleh hasil belajar siswa secara utuh tidak terlepas dari aspek-aspek pembelajaran itu yaitu aspek kognetif, aspek efektif dan psikomotorik.

About The Author

Saya adalah Bloger asal Malang yang menyukai kegiatan yang berhubungan dengan perkembangan IT, Design dan juga Pendidikan. Berupaya untuk selalu menebarkan kebermanfaatan bagi sesama.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *