Pengertian komitmen organisasi

Pengertian komitmen organisasi

Pengertian komitmen organisasi.

 

Mowday, Porter, dan Steers (dalam Meyer dan kawan-kawan,

 

1993) mendefinisikan komitmen organisasi sebagaimana yang pernah digambarkan   Porter,   yaitu   sebagai   sifat   hubungan   seorang   individu dengan  organisasi  yang  memungkinkan  seseorang  dengan  komitmen tinggi   akan   memperlihatkan   keinginan   kuat   untuk   menjadi   anggota organisasi      yang                   bersangkutan,              kesediaan   untuk    berusaha   sebaik mungkin serta penerimaan yang kuat terhadap nilai-nilai dan tujuan organisasi.

Pengertian     tersebut     memberi      arti     dua     komitmen,      yaitu:

 

Komitmen  terhadap  organisasi  atau  kemana  organisasi  itu  digerakkan,

 

 

 

 

 

 

 

dimana komitmen tinggi akan mempertahankan keanggotaannya serta komitmen  pada  nilai-nilai, norma dan budaya organisasi yang memberi batasan yang boleh atau tidak boleh dilakukan, dimana hal-hal tersebut memberi  keyakinan  kuat  pada  anggota  yang  menimbulkan  komitmen kuat pada organisasi.

Robbins    (1996)    berpendapat   bahwa    komitmen    organisasi merupakan  suatu  keadaan  dimana  seorang  karyawan  memihak  pada suatu organisasi tertentu dan tujuan-tujuan organisasi serta berniat memelihara        keanggotaan dalam  organisasi         tersebut.   Jadi   komitmen yang              tinggi       berarti        pemihakkan        pada       organisasi yang memperkerjakannya.

Charles   O’Reilly   (dalam   Staw,   1991)   sependapat  dengan

 

Robbins    (1988)     yang    memberi     pemahaman     komitmen     organisasi sebagai     perhatian                         psikologis  individu         terhadap         organisasinya yang mencakup                        perasaan              keterlibatan      dalam  pekerjaan,           loyalitas              dan keyakinan              terhadap                nilai-nilai  organisasi.       Komitmen organisasi mempunyai   hubungan   positif   dengan   hasil   yang   dicapai   organisasi dimana   komitmen       organisasi     tinggi     dapat     menekan         tingkat              keluar masuk pekerja.

Komitmen  organisasi  dapat  disimpulkan  merupakan  hubungan antara seorang individu dengan organisasi sehingga individu dengan komitmen  organisasi  tinggi  akan  memperlihatkan  keinginan  kuat  untuk

 

 

 

 

 

 

 

menjadi  anggota  organisasi,  berusaha  sebaik  mungkin  serta  memiliki penerimaan yang kuat terhadap nilai-nilai dan tujuan organisasi.

About The Author

Saya adalah Bloger asal Malang yang menyukai kegiatan yang berhubungan dengan perkembangan IT, Design dan juga Pendidikan. Berupaya untuk selalu menebarkan kebermanfaatan bagi sesama.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *