Pentingnya Promosi di Ruang Publik

Pentingnya Promosi di Ruang Publik

Pentingnya Promosi di Ruang Publik

 

     Jika Anda melangkahkan kaki ke pusat-pusat perbelanjaan atau mall, pasti pandangan mata tidak akan melewatkan kerlap-kerlip Huruf Timbul yang menandai nama toko. Pemandangan seperti ini juga lazim ditemui di pinggiran jalanan utama kota-kota besar. Berbagai nama perusahaan atau merek ternama selalu menghiasi sudut-sudut kota dan mall. Orang yang belum mengetahuinya biasa menyebut sebagai papan iklan yang seringnya diabaikan karena telah menjadi pemandangan biasa di ruang publik. Namun bagi para advertiser dan pengusaha, hal-hal semacam itu haruslah dipikirkan dan diterapkan secara serius. Itulah keunikan dari strategi periklanan. Kita mungkin menganggapnya sebagai hal biasa. Tapi ingatan mengenai nama-nama yang tertera dari setiap huruf tersebut telah membekas dalam alam bawah sadar kita.

 

    Setiap pihak yang terjun langsung dalam bidang promosi juga menyadarinya sebagai bagian terpenting untuk memperluas segmen pasar. Di jaman ini, promosi sebuah produk dan jasa tidak boleh diabaikan begitu saja. Oleh karena itu, ada banyak pengusaha yang rela mengeluarkan sejumlah anggaran demi pembuatan media promosi semacam itu. Bahkan, biaya pembuatannya pun cukup tinggi jika huruf timbul yang dibuat dalam skala dan ukuran besar. Meskipun demikian, biaya tersebut juga bisa diakali berdasarkan ukuran dan material. Saat ini, ada banyak Jasa Pembuatan Huruf Timbul yang menawarkan biaya dengan tarif ekonomis. Akibatnya, persaingan promosi di antara berbagai merek dan perusahaan pun kian jelas terlihat di ruang-ruang publik.

 

     Selain pembuatan huruf timbul, banyak juga yang menggunakan Neon Box sebagai sarana promosi. Biasanya, media tersebut diletakkan tepat di bagian depan sebuah toko atau kantor. Salah satu daya tarik dari Neon Box ialah keunikan pada desain yang sangat menarik perhatian. Apalagi jika dibuat secara serius dengan kreativitas tingkat tinggi. Misalnya dengan lampu warna-warni dan diletakkan pada ketinggian tertentu atau juga dengan bentuk-bentuk yang unik. Anda mungkin sering melihatnya di hotel atau tempat-tempat hiburan malam. Sementara itu, media promosi ini sangat efektif diletakkan di pinggir jalan ketika malam hari. Selain sebagai papan identitas, media ini sangat berguna untuk menerangi lokasi di sekitar toko.

 

    Nah, dari sekian banyak media tersebut, kita seakan diingatkan bahwa sarana promosi konvensional masih memegang peranan penting. Dalam hal ini, konvensional berarti dalam bentuk, gaya dan bukan melalui internet. Kita tahu bahwa kemajuan teknologi informasi telah memudahkan banyak pihak untuk melakukan promosi. Melalui internet, orang bisa menghemat banyak biaya promosi dibandingkan dengan produksi papan-papan iklan dalam ukuran besar. Namun, pada akhirnya, pelaku bisnis masih membutuhkan sarana promosi konvensional. Apalagi, masyarakat cenderung lebih menyukai hal-hal yang bisa ditemui dan disaksikan secara langsung di dunia nyata. Perkembangan ini sangat menakjubkan karena strategi promosi harus bisa diterapkan secara dinamis antara dunia offline dan online.

 

    Hingga saat ini, ada banyak permintaan produksi untuk berbagai media promosi. Selain huruf-huruf bercahaya yang menarik perhatian, kita sering menjumpai Billboard dalam berbagai ukuran. Barangkali, media tersebut merupakan salah satu bentuk klasik dari promosi. Bagaimanapun juga, orang akan sangat tertarik pada hal-hal berukuran besar yang menarik perhatian saat mereka melintasi jalan. Fenomena ini semakin membuktikan bahwa strategi promosi harus selalu mempertimbangkan faktor psikologis bagi para konsumen. Jika mereka sering menemui nama merek tertentu di berbagai ruang publik, maka lambat-laun mereka akan terbiasa dan semakin akrab dengan produk tersebut.

About The Author

Saya adalah Bloger asal Malang yang menyukai kegiatan yang berhubungan dengan perkembangan IT, Design dan juga Pendidikan. Berupaya untuk selalu menebarkan kebermanfaatan bagi sesama.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *