Artikel, Tutorial, Tips dan Trik

Persiapan Pensiun – Pensiun GAUL

0

Kenyataan saat ini menunjukan sebagian besar para pensiunan tidak dapat memperoleh penghasilan yang memadai atau bahkan tertipu oleh iming-iming cepat kaya. Berapa banyak pensiunan dari perusahaan-perusahaan ternama; menghabiskan uang pensiunnya kurang dari 10 tahun. Mereka semua mengikuti program persiapan pensiun tapi kenapa mereka tetap mengalami pengalaman yang pahit seperti itu?

Ada dua alasan utama. Alasan pertama dari pihak perusahaan. Untuk pelatihan lainnya akan ada ROI (return of investment) pada perusahaan yang jelas sedangkan program persiapan pensiun, apa ROI pada perusahaan? Sehingga tendensinya program persiapan pensiun dilakukan hanya sekedar melakukan kewajibannya tanpa memilikirkan mutu.

Alasan kedua dari pihak karyawan. Semua orang sibuk dengan berbagai kegiatannya sehingga menyiapkan masa pensiun bukanlah sesuatu yang harus dilakukan segera. Banyak orang menganggap remeh, nanti kan “mengalir saja tanpa harus dipikirkan secara matang.”

 

Pensiun adalah masa yang paling penting dari hidup seseorang. Hanya ada 2 pilihan di masa pensiun yaitu menjadi berkat bagi keluarga dan masyarakat atau menjadi beban bagi mereka. Pilihannya ada di tangan setiap orang. Masa pensiun haruslah disiapkan secara dini baik secara emosional maupun keuangan.

Pertanyaan pertama yang muncul ketika Anda membaca judul tulisan “Pensiun GAUL” adalah, apakah orang yang sudah tergolong kakek nenek masih dapat dikategorikan sebagai orang GAUL? Oh tentu saja…, karena GAUL sesungguhnya merupakan singkatan dari Gaya hidup sehat dan bahagia, Aktivitasnya bermanfaat, Uangnya banyak dan Lupanya sedikit. GAUL adalah gol bagi setiap orang yang akan memasuki pensiun pada bab terakhir dalam hidupnya.

Bagaimana Anda menyiapkan masa pensiun Anda?

Leave A Reply

Your email address will not be published.