Prinsip-prinsip Metode Active Learning

Prinsip-prinsip Metode Active Learning

Prinsip-prinsip Metode Active Learning

Untuk dapat menerapkan metode Active Learning dalam proses belajar mengajar, maka hakekat dari metode Active Learning perlu dijabarkan ke dalam prinsip-prinsip yang dapat diamati berupa tingkah laku.  Jadi  dapat  dipahami  bahwa  yang  dimaksud  dengan  prinsip- prinsip  metode  Active  Learning  adalah  tingkah  laku yang mendasar yang  selalu  nampak  dan  menggambarkan  keterlibatan  siswa  dalam proses belajar mengajar baik keterlibatan mental, intelektual maupun emosional yang dalam banyak hal dapat diisyaratkan keterlibatan langsung dalam berbagai bentuk keaktifan fisik.
Menurut   Conny   Setiawan   dalam   Ujang   Sukandi,   prinsip- prinsip dari metode Active Learning adalah sebagai berikut:33
1)  Prinsip motivasi

2)  Prinsip latar kontek

3)  Prinsip keterarahan kepada titik pusat atau fokus tertentu

4)  Prinsip hubungan sosial

33 Ujang Sukandi, Op. Cit. hlm. 8-9
 

5)  Prinsip belajar sambil bekerja

6)  Prinsip perbedaan perseorangan

7)  Prinsip menemukan

8)  Prinsip pemecahan masalah

Motivasi adalah suatu dorongan untuk melakukan sesuatu. Motivasi bisa muncul dari dirinya sendiri dan juga bisa muncul dari luar dirinya.  Di samping  itu kegiatan  belajar  mengajar  tidak terjadi dalam kekosongan. Para siswa mempelajari sesuatu hal yang baru telah pula  mengetahui  hal-hal  lain  yang  berkaitan.  Dalam  belajar  siswa dilatih  untuk  bekerjasama.  Ada  kegiatan  tertentu  yang  akan  lebih mudah  tertanam  dalam  hati  sanubari  anak.  Untuk  berhasil  dalam kegiatan  belajar  kita  tidak  boleh  mengesampingkan  faktor  individu yang memiliki otak, kepribadian,  latar belakang, sifat dan kebiasaan yang berbeda agar kita dalam melaksanakan kegiatan belajar dapat menempatkan pada posisi masing-masing.
Pada  hakekatnya  anak  telah  memiliki  potensi  dalam  dirinya untuk itu para pendidik memberikan kesempatan kepada siswa untuk mencari dan menemukan informasi sendiri.
Proses  belajar  mengajar  yang  dapat  memungkinkan  peserta didik   belajar   aktif   harus   direncanakan   dan   dilaksanakan   secara sistematis. Dalam pelaksanaan mengajar hendaknya diperhatikan beberapa prinsip belajar mengajar pada waktu proses belajar mengajar siswa  melakukan  kegiatan  secara  optimal.  Oleh  karena  itu, prinsip-
 

prinsip  di atas  bukan  hanya  untuk  diketahui,  melainkan  yang  lebih penting   dilaksanakan   pada   waktu   mengajar   sehingga   mendorong kegiatan belajar siswa seoptimal mungkin.

About The Author

Saya adalah Bloger asal Malang yang menyukai kegiatan yang berhubungan dengan perkembangan IT, Design dan juga Pendidikan. Berupaya untuk selalu menebarkan kebermanfaatan bagi sesama.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *