Prinsip-prinsip Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)

Prinsip-prinsip Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)

KTSP sebagai perwujudan dari kurikulum pendidikan dasar dan menengah dikembangkan sesuai dengan relevansinya oleh setiap satuan pendidikan dan komite sekolah atau madrasah di bawah koordinasi dan supervisi Diknas atau kantor Depag Kabupaten atau kota untuk pendidikan dasar, dan propinsi untuk pendidikan menengah  berpedoman pada SI dan SKL serta panduan penyusunan kurikulum yang disusun oleh BSNP.

KTSP dikembangkan dengan memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut: (a) berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya, (b) beragam dan terpadu, (c) tanggap terhadap perkembangan IPTEK dan seni, (d) relevan dengan kebutuhan kehidupan, (e) menyeluruh dan berkesinambungan, (f) belajar sepanjang hayat, (g) seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah (BSNP, 2006c:2).

Selain itu, KTSP disusun dengan memperhatikan acuan operasional sebagai berikut: (a) peningkatan iman dan taqwa serta akhlak mulia, (b) peningkatan potensi, kecerdasan, dan minat sesuai dengan tingkat perkembangan dan kemampuan peserta didik, (c) keragaman potensi dan karakteristik daerah dan lingkungan, (d) tuntutan pembangunan daerah dan nasional, (e) tuntutan dunia kerja, (f) perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, (g) agama, (h) dinamika perkembangan global, (i) persatuan nasional dan nilai-nilai kebangsaan, (j) kondisi sosial budaya masyarakat setempat, (k) kesetaraan gender, (l) karakteristik satuan pendidikan.

Prinsip-prinsip tersebut dikembangkan dan diterapkan dalam rangka melayani dan membantu siswa mengembangkan dirinya secara optimal baik dalam kaitannya dengan tuntutan studi lanjut, memasuki dunia kerja, maupun belajar sepanjang hayat secara mandiri dalam masyarakat.

 

  1. 3. Komponen KTSP

Menurut Mulyasa (2006:176–184), secara garis besar KTSP memiliki enam komponen penting sebagai berikut.

  1. Visi dan Misi; (1) Berorientasi ke depan, (2) dikembangkan bersama oleh seluruh warga sekolah, (3) merupakan perpaduan antara langkah strategis dan sesuatu yang dicita-citakan, (4) dinyatakan dalam kalimat yang padat bermakna, (5) dapat dijabarkan ke dalam tujuan dan indikator keberhasilannya, (6) berbasis nilai, (7) membumi (kontekstual).
  2. Tujuan Pendidikan Tingkat Satuan Pendidikan; (1) Pendidikan Dasar bertujuan: meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan kepribadian, akhlak mulia, serta ketrampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidkan lebih lanjut, (2) Pendidikan Menengah bertujuan: meningkatkan kecerdasan, pengetahuan kepribadian, akhlak mulia, serta ketrampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut, (3) Pendidikan Menengah Kejuruan bertujuan: meningkatkan kecerdasan, pengetahuan kepribadian, akhlak mulia, serta ketrampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai dengan kejuruannya.
  3. Struktur Muatan KTSP; (1) mata pelajaran, (2) muatan lokal, (3) kegiatan pengembangan diri, (4)  pengaturan beban belajar, (5) kenaikan kelas, penjurusan, dan kelulusan, (6) pendidikan kecakapan hidup, (7) pendidikan berbasis keunggulan lokal.
  4. Kalender Pendidikan; satuan pendidikan dapat menyusun kalender pendidikan sesuai dengan kebutuhan daerah, karakteristik sekolah, kebutuhan peserta didik dan masyarakat, dengan memperhatikan kalender pendidikan sebagaimana tercantum dalam SI.
  5. Silabus; pengembangan silabus KTSP harus mampu menjawab pertanyaan sebagai berikut: (1) apa kompetensi yang harus dikuasai siswa?, (2) bagaimana cara mencapainya?, (3) bagaimana cara mengetahui pencapaiannya?
  6. RPP; RPP KTSP yang akan bermuara pada pelaksanan pembelajaran, sedikitnya mencakup tiga kegiatan, yaitu identifikasi kebutuhan, perumusan kompetensi dasar, dan penyusunan program pembelajaran.

About The Author

Saya adalah Bloger asal Malang yang menyukai kegiatan yang berhubungan dengan perkembangan IT, Design dan juga Pendidikan. Berupaya untuk selalu menebarkan kebermanfaatan bagi sesama.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *