Added by on 19/08/2019

Download PDF

KHAT IMLAK – KKNI

 

 

IDENTITAS

 

Nama Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Nama Matakuliah Khat Imlak
Kode Matakuliah Para6111
Semester Gasal
Sks/ Js 2/2
Nama Dosen Pengampu Moch. Wahib Dariyadi, M.Pd.

 

 

SCPL Mampu menguasai konsep teoretis ilmu bahasa Arab secara logis, kritis, sistematis, inovatif, adabtif, berbasis teknologi informasi dan bertanggung jawab sesuai etika akademik.
CPMK Mahasiswa  mampu dengan penuh tanggungjawab sesuai etika akademik dalam:

1.       Menjelaskan konsep teoretis kaidah khat imlak dalam penulisan Bahasa Arab

2.       Mengaplikasikan kaidah Khat Imlak dalam penulisan berbahasa Arab dengan baik dan benar.

3.       Mengaplikasikan kaidah Khat Imlak  secara kreatif dan inovatif  sesuai perkembangan kebutuhan masyarakat

Sub-CPMK 1.1  Menjelaskan   konsep umum  tentang takhsinul khat

1.2  Mahasiswa mampu menjelaskan karakter penulisan  khat  naskhi

1.3  Mahasiswa mampu menjelaskan tempat-tempat hamzah

1.4  Mahasiswa mampu menjelaskan berbagai bentuk penulisan hamzah sesuai dengan posisinya pada kata.

1.5  Mahasisawa mampu menjelaskan berbagai bentuk penulisan alif layyinah

1.6  Mahasiswa mampu menjelaskan macam-macam tanda baca arab baca (alamat al-Tarqim), nama dan fungsinya.

2.1  Mahasiswa mampu menggunakan kaidah khat naskhi dalam kalimat tertentu mahasisaw mampu menggunakan kaidah hamzah dengan tepat dalam penulisan teks arab.

2.2  Mahasisawa mampu menggunakan alif layyinah dengan tepat dalam penulisan teks arab.

2.3  Mahasisawa mampu menggunakan tanda baca dengan tepat dalam penulisan teks arab.

2.4 Mahasiswa terampil menulis pepatah dan bait- bait arab masyhur dengan indah.

2.5 Mahasiswa mampu menggunakan jenis khat pada surat kabar dan iklan berbahasa arab.

3.1  Mahasiswa mampu mengidentifikasi jenis khat yang dipakai dalam manuskrip, surat kabar dan iklan berbahasa arab.

 

 

 

 

RANCANGAN PERKULIAHAN SEMESTER

 

Perte-muan Kode CPMK Sub CPMK Deskripsi Isi/ Materi Pengalaman Belajar Sumber Belajar Penilaian
Offline Online
  Sinkron Asinkron
1     Pendahuluan Penjelasan tentang isi dan tata perkuliahan.

kontrak perkuliahan dengan mahasiswa. Penjelasan isi dan seluk beluk pelaksanaan perkuliahan selama satu semester

·     Mencari pustaka yang relevan, baik buku maupun artikel

·     Mengisi lembar kerja/ jurnal belajar

·     Membaca materi yang akan dibahas dalam pertemuan berikutnya

RPS

 

Rincian sumber pustaka

 

Materi berikutnya berupa teori pembelajaran bahasa untuk anak

Kesungguhan dan tanggungjawab dalam menyiapkan materi yang diperlukan dalam perkuliahan
2 1 Menjelaskan   konsep umum             tentang takhsinul khat 1       Karakteristik penulisan arab

2       Sejarah penulisan khat.

3       Tujuan penulisan

khat/kaligrafi

4       Khat klasik dan khat modern

5       Ragam piranti penulisan khat/kaligrafi

1       Mencari informasi sejarah penulisan khat/kaligrafi Arab

2       Menganalisis dan mengkritisi tujuan penulisan khat.

3       Mengidentifikasi antara khat klasik dan modern

4       Membuat atau menyiapkan sendiri piranti penulisan khat/kaligrafi

Diskusi  chat di LMS Mencari informasi di website tentang takhsinul khat

 

 

3,4,5,8,9

 

Pengerjakan quiz pada LMS

 

2-5 1,2 1       Menjelaskan      karakter penulisan  khat  naskhi

2       Menggunakan kaidah khat naskhi dalam kalimat tertentu

 

1       Karakteristik khat naskhi

2       huruf tunggal;

3       huruf bersambung

4       al-harakaat.

1.     Mengidentifikasi karakteristik khat naskhi

2.     Menulis huruf

tunggal sesuai kaidah khat naskhi

3.     Menulis huruf bersambung sesuai kaidah khat naskhi

4.     Memberikan syakal/harakat dalam kalimat sesuai dengan kaidah khat naskhi

1       Berdiskusi pada forum LMS,

2       Belajar dari video tutorial youtube

3,4,5,8,9

 

Praktikum dan Portofolio
6-7 1,2 1       Menjelaskan tempat-tempat hamzah al-washl

2       Menjelaskan tempat-tempat hamzah al-qath’

3       Menggunakan hamzah al- wasl dan hamzah al-qath’ dengan tepat dalam penulisan teks arab.

1       Pengertian hamzah washal dan hamzah qatho’

2       Tatacara penulisan hamzah al washl dan qatho’

4       Tempat hamzah washol dan qatho’

3       Contoh hamzal  washol dan qatho’

 

1       Mendiskusikan pengertian hamzah wasol dan hamzah qhato’, persamaan dan perbedaannya

2       Memberi contoh masing-masing hamzah

3       membedakan hamzah washol dan hamzah qhato’

4       Mengaplikasikan kedua hamzah dalam contoh kalimat sempurna

Mengunduh materi terkait dari web baik berupa jurnal, artikel maupun buku. 1,2,6,7,8,10,12 Practikum Summary Portofolio
8 UTS
9-11 1,2 1       Menjelaskan berbagai

bentuk penulisan hamzah sesuai dengan posisinya di tengah maupun di akhir kata.

2       Menggunakan hamzah mutawassithah dan hamzah mutatharrifah dengan tepat dalam penulisan teks arab.

1.     Kaidah penulisan hamzah di tengah dan di akhir kata

2.     Tatacara penulisan  hamzah di tengah dan di akhir kata

3.     Contoh penulisan hamzah di tengah dan di akhir kata

1.     Mendiskusikan perbedaan cara penulisan hamzah di tengah atau akhir kata

2.     Memberikan beberapa contoh baik yang ditulis di atas alif, wawu, ya ataupun sendirian

 

Berkonsultasi dengan dosen melalui media social, atau chat pada LMS Mengunduh materi terkait dari web baik berupa jurnal, artikel maupun buku. Mengunduh materi terkait dari web baik berupa jurnal, artikel maupun buku. 1,2,6,7,8,10,12 Praktikum Summary Portofolio
12-13 1,2,3 1.     Menjelaskan berbagai bentuk penulisan alif layyinah dalam ism, fi’l dan harf.

2.     Menggunakan alif layyinah dengan tepat dalam penulisan teks arab.

1.     Pengertian alif  layyinah

2.     Tata cara penulisan alif  layyinah pada isim, fi’il dan huruf

3.     Contoh penulisan alif layyinah

1.     Mendiskusikan pengertian alif layyinah dan pembagiannya

2.     Mendiskusikan tatacara penulisan      alif layyinah      baik pada  kata  isim, fiil maupun huruf

Mengunduh materi terkait dari web baik berupa jurnal, artikel maupun buku. 1,2,6,7,8,10,12 Practicum Summary Portofolio
14-15 1,2,3 1.     Menjelaskan macam-macam tanda baca arab baca (alamat al-Tarqim)  , nama dan fungsinya.

 

2.     Menggunakan tanda baca dengan tepat dalam penulisan teks arab

1.     Macam tanda baca Arab

2.     Contoh penggunaan tanda baca Arab

3.     Tata cara penggunaan tanda baca Arab

1.     Mengidentifikasi tanda    baca Arab

2.     Menggunakan tanda baca Arab pada     teks-teks Arab

3.     Merangkum tanda baca Arab

Mengunduh materi terkait dari web baik berupa jurnal, artikel maupun buku. 1,2,6,7,8,10,12 Practicum Summary Portofolio
16 UAS

 

 

Sistem Penilaian:

Keaktifan                                : 10 %

Tugas                                      : 20 %

Ujian Tengah Semester          : 30 %

Ujian Akhir Semester             : 40 %

 

Referensi:

  1. Alfauzan, Abdurrahman Ibrahim,.   2002.  Al-Arabiyyah  Baina  Yadaik. Muasasah Al-Waqf Al-Islami: Al-Arabiyyah  liljami’.
  2. Algalayaini, Musthafa.   Jami’u  Durus  Arabiyah  Lil  Juz  Ast-Stani.  Libanon: Darul Kutub Al-Ilmiyyah.
  3. Hiyani, Fika. 2007. Kaligrafi Islam. Bandung: CV Armico.
  4. Hasyim, Muhammad. Qowaidul Khat Arabi. Bagdad: Maktabah An-Nahdhah.
  5. Masruri, hadi. 2003. Khat an-Naskhi. Malang: Tidak diterbitkan.
  6. Munjiyah Ma’rifah.    Kaidah  –  kaidah  Imla’ (teori dan  Praktik).  Malang.  UIN  – MALIKI Press.
  7. Maziyyah, Laili. 2009. I’dadul Kitab At’Ta’limi “Qawaidul Khat Wal Imla’ Litanmiyyati Maharatil Kitabah. Malang: Tesis Tidak Diterbitkan.
  8. Afifudin Dimyathi, Panduan Menulis berbahasa Arab.
  9. Munir,   Tanpa Tahun. Koleksi Kaligrafi Arab. Tanpa Keterangan.
  10. 2011. Imla’ nadharituhu wa tatbiquhu. Malang: UIN – MALIKI Press.
  11. Tamimi,   2010. Katalog Al-Lauhat Al-Fanah. Istambul: Besiktas.
  12. Yamin,   1992.  Al-Mu’jam  Al-Mufashal  Fil Imla’ wa  Qawaidun  Nusus.  Libanon: Darul Kutub Al-Ilmiyyah.

 

 

 

 

PENGALAMAN BELAJAR

(Satuan Acara Perkuliahan)

 

Pertemuan Aktivitas Belajar Penilaian
Offline/ Tatap Muka Online-Sinkron Online-Asinkron
1 ·     Mencari secara offline pustaka yang relevan, baik buku maupun artikel

·     Mengisi lembar kerja/ jurnal belajar

·     Membaca materi yang akan dibahas dalam pertemuan berikutnya

  ·     Mencari pustaka yang relevan, baik buku maupun artikel online

 

Kesungguhan dan tanggungjawab dalam menyiapkan materi yang diperlukan dalam perkuliahan
2 ·       Mencari informasi sejarah penulisan khat/kaligrafi Arab

·       Menganalisis dan mengkritisi tujuan penulisan khat.

·       Mengidentifikasi antara khat klasik dan modern

  • Membuat atau menyiapkan sendiri piranti penulisan khat/kaligrafi
  ·     Mencari pustaka yang relevan, baik buku maupun artikel online

 

Mahasiswa mengunggah hasil penyimpulan materi
3   Mengidentifikasi karakteristik khat naskhi melalui website dan media LMS Upload hasil diskusi pada lembar tugas di LMS
4 ·       Menulis huruf

tunggal sesuai kaidah khat naskhi

  Blanded learning dengan mencari video tutorial di youtube Praktikum

Portofolio

5 ·       Menulis huruf bersambung sesuai kaidah khat naskhi

·       Memberikan syakal/harakat dalam kalimat sesuai dengan kaidah khat naskhi

  Praktikum

Portofolio

6 ·       Menjelaskan tempat-tempat hamzah al-washl

·       Menjelaskan tempat-tempat hamzah al-qath’

Chat dengan instruktur di media chat LMS

 

Berskusi pada forum LMS Praktikum

Portofolio

7 ·       Menggunakan hamzah al- wasl dan hamzah al-qath’ dengan tepat dalam penulisan teks arab.   Quis

Tes Obyektif

8 UTS   Tes Obyektif

Tes Subyektif

9 Mendiskusikan cara penulisan hamzah di tengah

 

  Memanfaatkan media online Forum pada LMS Quis dan Portofolio
10 Mendiskusikan cara penulisan hamzah di akhir kata   Mengupload hasil diskusi LMS assesment
11   Mendiskusikan via LMS beberapa contoh baik hamzah yang ditulis di atas alif, wawu, ya ataupun sendirian Practicum

Summary

Portofolio

12 Mendiskusikan pengertian alif layyinah dan pembagiannya

 

  Quis

Penilain Forum

13 Mendiskusikan tatacara penulisan      alif layyinah      baik pada  kata  isim, fiil maupun huruf   Tes obyektif

Penilain hasil tugas mahasiswa

14 Mengidentifikasi tanda    baca Arab   Tes Obyektif
15 Menggunakan tanda baca Arab pada     teks-teks Arab

Merangkum tanda baca Arab

  Peer assessment (lembar observasi)

 

16 UAS   Tes obyektif

Category:

Artikel Ilmiah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*