SEMIVOKAL DALAM BAHASA ARAB

SEMIVOKAL DALAM BAHASA ARAB
Semivokal dalam bahasa Arab – Semivokal adalah bunyi yang ketika hendak dituturkan, organ bicara telah mengambil posisi seperti hendak menuturkan sebuah vokal tertentu, kemudian dengan cepat organ bicara tersebut mengubah posisi seperti hendak menuturkan sebuah vokal lain, realitanya bunyi yang lahir bukan yang pertama atau bukan yang kedua, tetapi bunyi yang lain.

Dalam banyak sifat, bunyi ini dapat disebut dengan konsonan, karena sifatnya yang banyak mirip dengan konsonan, seperti tidak jelas terdengar dan cepatnya proses perubahan posisi organ bicara saat menuturkannya. Akan tetapi, karena cara penuturannya yang mirip dengan penuturan vokal, maka para ahli fonetik memberi namanya semivokal. Oleh karena itu semivokal dapat disebut konsonan secara praktis dan vokal secara realis. Semivokal dalam bahasa Arab adalahو dan ي.

Semivokal dalam bahasa Arab adalah wawu dan ya. Dinamakan semivokal karena dalam banyak sifat, bunyi ini mirip dengan konsonan, seperti mempunyai makhraj yang merupakan titik penghambatan terhadap arus udara yang datang dari paru-paru, tidak jelas terdengar dan cepatnya proses perubahan posisi organ bicara saat menuturkannya. Akan tetapi, karena cara penuturannya yang mirip dengan penuturan vokal. Terlepas dari kontroversi para ahli fonetik bahasa Arab dalam adanya semivokal dalam bahasa Arab, kita harus mempelajari deskripsinya mulai dari pembentukan, makhraj serta artikulasinya.

Tulisan ini merupakan bagian dari empat judul tentang ilmu bunyi bahasa Arab

Diringkas dan disarikan dari buku Bunyi Bahasa Arab, Ilmu Al-‘Ashwat Al-‘Arabiyyah karya Dr. H. Ahmad Sayuti Anshari Nasution, M.A.

About The Author

Saya adalah Bloger asal Malang yang menyukai kegiatan yang berhubungan dengan perkembangan IT, Design dan juga Pendidikan. Berupaya untuk selalu menebarkan kebermanfaatan bagi sesama.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *