Silabus Bahasa Inggris RSBI SMA | THE SYLLABUS OF ENGLISH CONVERSATION SPACE INTERNATIONAL LANGUAGE FOUNDATION

Silabus Bahasa Inggris RSBI SMA |  THE SYLLABUS OF ENGLISH CONVERSATION SPACE  INTERNATIONAL LANGUAGE FOUNDATION

THE SYLLABUS OF ENGLISH CONVERSATION SPACE

INTERNATIONAL LANGUAGE FOUNDATION

UNIT

MATERI

TARGET

KBM

SUMBER

TIME

 

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

8

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

9

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

11

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

12

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

13

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

14

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

15

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

16

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

17

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

18

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

19

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

20

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

21

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

22

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

23

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

24

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

25

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

26.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

27

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

28

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

29

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

30.

 

UNIT 1:

CONVERSATION STARTERS

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

CONTINUE:

UNIT 1

CONVERSATION STARTERS

 

 

 

 

 

 

 

UNIT 2:

ASKING AND GIVING OPINION

 

 

 

 

 

 

CONTINUE

UNIT 2:

ASKING AND GIVING OPINION

UNIT 3:

AGREEING AND DISAGREEING

CONTINUE

UNIT 3:

AGREEING AND DISAGREEING

VERB

UNIT 4:

ASKING FOR DETAILS

CONTINUE

UNIT 4:

ASKING FOR DETAILS

UNIT 5:

ASKING PERMISSION

CONTINUE

UNIT 5:

ASKING PERMISSION

UNIT 6:

ASKING FOR AND GIVING ADVICE

CONTINUE

UNIT 6:

ASKING FOR AND GIVING ADVICE

UNIT 7:

DESCRIPTION

CONTINUE

UNIT 7:

DESCRIPTION

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

MIDTEST:

WRITTEN TEST& ORAL TEST

UNIT 8:

OCCUPATION

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

CONTINUE

UNIT 8:

OCCUPATION

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

UNIT 9:

DREAMS

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

CONTINUE

UNIT 9:

DREAMS

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

UNIT 10:

TRAVELING

 

 

 

CONTINUE

UNIT 10:

TRAVELING

 

UNIT 11:

ASKING ABOUT PLACE AND LOCATION

UNIT 12:

DIRECTION

UNIT 13:

DATING AND RELATIONSHIP

 

 

CONTINUE

UNIT 13:

DATING AND RELATIONSHIP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

UNIT 14:

SHOPPING

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

CONTINUE

UNIT 14:

SHOPPING

 

 

 

 

UNIT 15:

ENTERTAINMENT

CONTINUE

UNIT 15:

ENTERTAINMENT

FINAL TEST

 

 

Siswa mampu berkenalan,

memperkenalkan teman atau dirinya melalui percakapan sederhana.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Siswa mampu berkenalan,

memperkenalkan teman atau dirinya melalui percakapan yang lebih variatif

 

 

 

Siswa mampu memahami bagaimana bertanya dan menyampaikan pendapat yang dikemas dalam bentuk percakapan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Siswa mampu memahami bagaimana bertanya dan menyampaikan pendapat yang dikemas dalam bentuk percakapan sederhana

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Siswa mampu memahami bagaimana bertanya dan menyampaikan pendapat yang dikemas dalam bentuk percakapan dengan tema yang lebih luas

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Siswa memahami jenis2 Agreement (Positive and Negative Agrrement) serta bentuk Disagreement yang digunakan dalam bentuk percakapan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Siswa memahami jenis2 Agreement (Positive and Negative Agrrement) serta bentuk Disagreement yang digunakan dalam bentuk percakapan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Siswa memahami bentuk WH Questions dan menerapkannya dalam percakapan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Siswa memahami bentuk WH Questions dan menerapkannya dalam percakapan.

Siswa mampu menguasai kosakata (antonym dan synonym)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Siswa memahami Modals dan penggunaannya baik secara tertulis (written) maupun lisan (oral)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Siswa memahami Modals dan penggunaannya baik secara tertulis (written) maupun lisan (oral)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Siswa mampu memahami bagaimana bertanya dan menyampaikan saran/nasihat yang dikemas dalam bentuk percakapan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Siswa mampu memahami bagaimana bertanya dan menyampaikan saran/nasihat yang dikemas dalam bentuk percakapan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Siswa mampu mengidentifikasi serta mendeskripsikan orang baik dari fisik maupun karakternya

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Siswa mampu mengidentifikasi serta mendeskripsikan benda-benda dan mengemasnya dalam bentuk Product Presentation

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Siswa mampu memahami UNIT 1-7 melalui pertanyaan-pertanyaan yang diberikan dalam test

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Siswa mampu mendeskripsikan berbagai jenis pekerjaan dan menerapkannya dalam bentuk percakapan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Siswa mampu mendeskripsikan berbagai jenis pekerjaan dan menerapkannya dalam bentuk percakapan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.Siswa mampu membuat kalimat untuk menyatakan impian, cita-cita atau sebuah resolusi baik dalam bentuk percakapan lisan maupun tulisan

2. Siswa mampu menceritakan mimpi-mimpi yang dialami pada saat dia tidur dan membuat sebuah target bagaimana mewujudkan mimpi tersebut

 

 

 

 

 

Siswa mampu membuat kalimat untuk menyatakan impian, cita-cita atau sebuah resolusi baik dalam bentuk percakapan lisan maupun tulisan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Siswa mampu memahami istilah2 pariwisata, mengidentifikasi berbagai macam akomodasi, mendeskripsikan tempat2 wisata terkenal dan menerapkannya dalam sebuah percakapan

 

 

 

 

 

Siswa mampu memahami istilah2 pariwisata, mengidentifikasi berbagai macam akomodasi, mendeskripsikan tempat2 wisata terkenal dan menerapkannya dalam sebuah percakapan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Siswa mampu memahami adverbs of place, bertanya tentang letak suatu tempat, menunjukkan lokasi, dan menerapkannya melalui percakapan sederhana.

 

 

 

 

 

 

 

 

Siswa mampu bertanya tentang letak suatu tempat, menunjukkan lokasi, dan menerapkannya melalui percakapan sederhana.

 

 

 

 

 

 

 

 

Siswa mengetahui istilah2 dan budaya berkaitan dengan prosesi pernikahan, hubungan dengan lawan jenis, dll dan menerapkan dalam percakapan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Siswa mengetahui istilah2 dan budaya berkaitan dengan prosesi pernikahan, hubungan dengan lawan jenis, dll dan menerapkan dalam percakapan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Siswa mampu memahami cara berkomunikasi dalam konteks jual beli, menyebut harga dalam American Style, serta melakukan tawar-menawar dalam komunikasi bisnis.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Siswa mampu memahami cara berkomunikasi dalam konteks jual beli, menyebut harga dalam American Style, serta melakukan tawar-menawar dalam komunikasi bisnis.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Siswa mampu memahami karya dalam bahasa Inggris yang tersaji dalam bentuk lagu dan film serta mengintrepretasikannya melalui sudut pandang yang estetis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Siswa mampu memahami karya dalam bahasa Inggris yang tersaji dalam bentuk lagu dan film serta mengintrepretasikannya melalui sudut pandang yang estetis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Siswa mampu menyelesaikan tahapan pembelajaran yang tersaji dlm bentuk test

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

.

AWAL:

–          Absensi

–          Tutor menyampaikan visi dan misi “Learning English by Smart Guide” (dalam hal ini tutor memperkenalkan Brother Pay as the icon)

INTI:

–          Tutor menyampaikan berbagai bentuk personal information yang digunakan dalam Perkenalan diri.

–          Tutor menunjuk siswa-siswa untuk mempraktekkan model dialog dalam memperkenalkan diri (sebagai bentuk two ways communication)

–          Pronounciation space: siswa mendengarkan cd tentang pronounciation, kemudian mengikuti pengucapan yang didengar dan diikuti latihan membaca text.

–          Conversation Practice: (So nice So good)

  • Tutor memberi instruksi kepada siswa untuk membentuk lingkaran besar.
  • Tutor menunjuk salah satu siswa untuk berhitung dilanjut dengan siswa sebelah kanannya (ex: Joko number 1, sebelahnya lagi 2, 3, etc). Masing-masing siswa harus ingat nomer yang disebutkan.
  • So nice mewakili: left side dan so good mewakili right side.
  • Tutor menyebut secara acak, misal: so nice 13 berarti siswa yang tadi dapat angka 13 memperkenalkan dirinya sendiri (name, address, hobby, etc) dan jga memperkenalkan orang yang berada sebelah kirinya. Begitu seterusnya. Siapa yang salah atau keliru, akan ditulis dalam tutor’s note dan di akhir pelajaran siswa tersebut mendapat tugas untuk menyimpulkan materi.

AKHIR: Menyimpulkan materi

AWAL:

–          Absensi

–          Mereview materi dengan menunjuk secara acak, misal: member pertanyaan What’s your address number 12 (based on student’s number etc)

 

INTI:

–          Practice: Role play

Tutor mengkondisikan suasana KBM seperti teaterikal kelas. Ruang kelas dikondisikan seperti sebuah pementasan a Panasonic Award in Hollywood Movie Production. Tutor bertanya satu-satu kepada siswa: If you were artist, who would you be? Siswa-siswa menjawab sesuai dengan idolanya masing-masing. Kemudian, ada seorang siswa yang ditunjuk sebagai MC untuk menyampaikan berbagai nominasi. (Siswa diberi kebebasan berkreasi). Intinya, pada saat coffe break, mereka berbaur untuk memperkenalkan diri seolah-olah mereka artis. Tutor bisa menampilkan foto-foto artis dalam slide untuk menunjang aktivitas siswa.

–          Contemplation by Listening practice 1 (played twice) dilanjutkan pembahasan.

–          Listening Practice 2 dilanjutkan dengan pembahasan (rejoinders).

AKHIR:

–          Tutor memberikan intermezzo kepada siswa bagaimana belajar Bahasa Inggris secara efektif.

 

 

 

AWAL

–          Absensi dan menyanyi (up and down, move and shake)

–          Meriview materi rejoinders

–          Tutor mulai masuk materi Unit 2 dengan memberikan stimulus kepada siswa. Tutor bisa menampilkan gambar dalam slide dan bertanya pada siswa: What do you think of these goods?

 

 

INTI

–          Tutor menunjuk dua siswa secara acak untuk mempraktekkan dialogue (about dress). Pemilihan dapat dilakukan dengan menunjuk siswa yang absensinya sama dengan tanggal hari ini, dll.

–          Practice 1:

Hallowen PartyàTutor membagikan potongan kertas karton kepada masing2 siswa. Siswa menuliskan baju apa yang dikenakan dalam pesta hallowen di atas kertas karton tersebut. Kemudian, siswa menempel pada bajunya. (misal Vampire dress, Angel dress, etc). Selanjutnya, siswa bisa bebas memilih pasangan untuk membuat percapakan berkaitan dengan opini tentang baju yang dipakai.

–          Latihan pronounciation dengan menunjuk siswa untuk mempraktekkan dialog 2 (Television Programs)

–          Practice 2:

Role Play à Tutor kembali menunjuk siswa secara berpasangan untuk bermain peran. Dalam hal ini, seorang siswa berperan sebagai wartawan infotainment dan satu lagi sebagai artis. Isi conversation tetap mengandung Opinion.

AKHIR

–          Menyimpulkan materi

–          Practice singing up n down (again)

 

 

 

AWAL

–          Absensi

–          Senam mulut (Humming, Motor boat, Vocalization, face massage)

INTI

–          Mereview materi Unit 2 (bagaimana cara bertanya dan memberikan opini)

–          Tutor menunjuk siswa secara berpasangan. Masing-masing pasangan mengambil lottery kemudian diberikan kesempatan untuk maju ke depan kelas guna mempraktekkan communicative activities sesuai dengan nomer yang dipilihnya. Sebelum maju, siswa diberi kesempatan untuk menyusun konsep terlebih dahulu. Siswa yang maju duluan diberi reinforcement//penguatan berupa bonus nilai. Pasangan yang maju berikutnya ditunjuk oleh pasangan yang maju pertama.

–          Listening practice: Tutor membagi secarik kertas kosong kepada masing2 siswa untuk mengisi bentuk pertanyaan yang ada dalam latihan ini. Listening akan dijadikan acuan dalam scoring siswa.

AKHIR

–          Menanyakan kesulitan siswa

–          Menyimpulkan materi

 

 

 

AWAL

–          Absensi

–          Tutor membangkitkan semangat belajar di kelas dengan Bernyanyi Bersama

If you are feeling happy, Clap hand

If you are feeling happy, Clap hand

If you are feeling happy, Let us do it together

If you are feeling happy, Clap hand

INTI

–          Tutor menerangkan positive and negative agreement.

–          Tutor memberikan contoh soal yang dibuat secara mandiri berkaitan dengan materi agreement.

Example. Budi sings a song. I sing a song à Budi sings a song and so do I.. etc

PRACTICE: Tutor menunjuk siswa yang berada di pojok untuk membuat satu kalimat sederhana, kemudian dilanjut siswa yang berada di sampingnya untuk membuat agreementnya. Siswa selanjutnya membuat kalimat baru dan dilanjut dengan agreement-nya. Begitu seterusnya.

–          Tutor menerangkan materi tentang disagreement.

PRACTICE: Salah seorang siswa ditunjuk untuk mempresentasikan secara singkat tentang masalah UNAS. National Examination, Necessary or Not? Siswa lain memberikan pernyataan setuju dan tidak setuju disertai alasan yang rasional

AKHIR: Tutor menyuruh salah seorang siswa untuk menyimpulkan materi dan memberikan reinforcement (bonus nilai)

 

 

 

AWAL

–          Absensi (menyapa siswa)

–          Meriview materi Agreeing and Disagreeing

–          Memberi stimulus yang berkaitan dengan materi

 

INTI

–          Listening 4 dan pembahasan

–          Pronounciation space: siswa mendengarkan cd tentang pronounciation, kemudian mengikuti pengucapan yang didengar dan diikuti latihan/Practice 1 dan 2.

–          Conversation Practice

–          Answering Questions by Brother Pay. Tutor memberikan pertanyaan secara umum (no 1 – 10) kemudian dispesifikan melalui bentuk presentasi. Berhitung 1, 2, 3,…10. Kembali lagi ke 1, 2….sampai semua mendapat giliran. Misal Adi menyebut angka 3 berarti dia harus mempresentasikan tentang Dewi Persik menurut pendapatnya (minimal 7 kalimat).

 

AKHIR

–          Menanyakan kesulitan siswa

–          Menyimpulkan materi

AWAL

–          Absensi (menyapa siswa)

–          Memberi stimulus yang berkaitan dengan materi dengan menunjukkan gambar Elephant dalam slide. Tutor memberi instruksi kepada siswa untuk membuat pertanyaan tentang gambar tersebut dan siswa lainnya menjawab pertanyaan. Example: Student 1: What does elephant eat? Siswa lain menjawab: It eats…. (etc)

INTI

–          Tutor mendiskusikan dengan siswa berbagai pertanyaan dengan model WH.

–          Listening 5 dan pembahasan

–          GAME: What Is It?

*Peserta dibagi dalam kelompok2 kecil (@ 3 orang) untuk mendiskusikan tentang satu kata yang dianggap sulit

*Salah satu wakil kelompok maju ke depan untuk member satu petunjuk tentang kata yang dipilihnya. Misal kelompok A maju. Satu petunjuk tentang kata itu: Something to do with plant. Kelompok lain member pertanyaan (satu anak satu pertanyaan), misal: WHAT IS THE COLOR? Dan kemudian dijawab, begitu seterusnya sampai siapa yang cepat menjawab itulah yang menang.

AKHIR

–          Menanyakan kesulitan siswa

–          Menyimpulkan materi

 

 

AWAL

–          Absensi (menyapa siswa)

–          Mereview materi Unit 4

INTI

–          Learning antonym with Brother Pay (questions 1-10) kemudian meminta siswa membuat kalimat lain.

–          Written test: meminta siswa membuat satu paragraf yang di dalamnya mengandung antonym.

–          Conversation Practice: Siswa berpasangan dan membuat dialog sederhana yang mengandung WH questions (tema bebas)

–          GAME (Belajar Bahasa Inggris dengan Kartu Master dan Mastery). Siswa yang kalah bermain, diberi pertanyaan tentang meaning of words sesuai dengan permainan tersebut

AKHIR:  Intermezzo

AWAL

–          Absensi (menyapa siswa)

–          Memberi stimulus yang berkaitan dengan materi

 

INTI

–          Mendiskusikan bentuk Simple Tenses dan Modals

–          Conversation practice: Partnership Task

Siswa diminta berpasangan untuk mempraktekkan dialog sesuai topik bahasan

–          Listening 6 dan pembahasan

AKHIR

Scrambled Words

Soal                                           Kunci

TMNGVEOERN                     Government

IATOTUOQN                          Quotation

GITHNYAN                            Anything

ETNIVISSE                             Sensitive

HIPOTENELE                         Telephone

NDFREFITE                            Different

etc

 

 

AWAL

–          Absensi (menyapa siswa)

–          Mereview materi Unit 5

 

INTI

–          Pronounciation space: siswa mendengarkan cd tentang pronounciation, kemudian mengikuti pengucapan yang didengar dan diikuti Practice 1&2

–          Conversation practice: Role Play

Siswa berpasangan dan diminta untuk bermain peran (no 1, 2, atau 3) sesuai dengan urutannya/berhitung 1, 2, 3…1,2, 3 etc.

–          Idiomatic Expression (Tugas menulis paragraf yang mengandung kata idiom)

AKHIR: Menyimpulkan materi

Music (Give Thanks to Allah)à PR cari lyric

AWAL

–          Absensi (menyapa siswa)

–          Memberi stimulus yang berkaitan dengan materiàmemberi pertanyaan kepada siswa dengan menampilkan slide, “What should he do to become rich person?” etc

–          PRE LESSON: Predicting Listening Section

 

INTI

–          Listening 7 dan pembahasan

–          Discussion (Speaking Situations: Making Suggestions)

–          PS GAME (PROBLEM&SOLUTION GAME):

  1. Make a circle
  2. Tutor memberikan secarik kertas kepada siswa
  3. Siswa menulis permasalahan/problem yang pernah atau sedang dihadapi
  4. Siswa memberikan kertas itu kepada siswa lain di sebelah kanannya. Dalam waktu singkat (tidak lebih dari 1 menit) siswa tersebut menulis solusi menurut versinya. Kemudian, siswa tersebut menyalurkannya kepada siswa di sebelahnya lagi. Begitu seterusnya sampai kertas kembali kepada si pemilik.
  5. Tutor menunjuk beberapa siswa untuk mempresentasikan isi kertas tersebut dan memilih solusi mana yang dianggap cocok. Kemudian bertanya, “Whose advice is this?” dan Si owner member respon

AKHIR: Menyimpulkan materi dan menampilkan video (youtube 5 symptoms of A game addict) dan bertanya bagaimana solusi supaya siswa tidak kecanduan game dan srtrategi supaya lulus ujian.

AWAL

–          Absensi (menyapa siswa)

–          Mereview materi Unit 6 dengan menampilkan video (students today). Pertemuan bisa diawali dengan memberi instruksi kepada siswa untuk berpasangan selanjutnya membuat percakapan berdasar video (mengandung unsur nasihat/saran tentang menciptakan suasana kondusif dalam kelas)

 

INTI

–          Practice Speaking 1&2

–          Finding synonyms. Setiap siswa harus membuat 1 kalimat sederhana dan dilanjutkan siswa sebelahnya untuk membuat kalimat berikutnya (kalimat satu dan lainnya harus mengandung koherensi). Misalnya:

Siswa 1: I talked to him this morning.

Siswa 2: I said slowly that I love him very much

Siswa 3: In fact, he hate me because I ever broke our relationship. etc

AKHIR: Menyimpulkan materi

Singing a song (Umbrella)

 

AWAL:

–          Absensi (menyapa siswa)

–          Memberi stimulus yang berkaitan dengan materià member pertanyaan kepada siswa: Who is he?, What does he look like?, How do you describe this one? Etc

INTI:

–          Discussion (Expression for description)

–          Listening 8&9 beserta pembahasan

–          Conversation 1 (Describing People)

–          Presentation

  1. Siswa berpasangan dan saling bertanya tentang Questions about character and personality.
  2. Pada saat siswa menjawab, siswa satunya mencatat
  3. Tutor menunjuk beberapa siswa untuk mempresentasikan hasil interview (mempresentasikan orang yang diwawancarai)

AKHIR:-Memberi instruksi kpd siswa untuk membawa majalah pada pertemuan berikutnya.

-WHO AM I Games

  1. Tutor mempunyai beberapa daftar artis/public figure (Mr Bean, Tukul Arwana, Sarah Sechan, Hudson IMB, etc)
  2. Tutor menunjuk siswa ke depan kelas dan mendeskripsikan tokoh tersebut
  3. Siswa lain menjawab siapa tokoh itu

 

AWAL:

–          Absensi (menyapa siswa)

–          Mereview materi dengan menampilkan gambar sepatu (High heels) dan memberi pertanyaan kepada siswa:

  1. What colour are those?
  2. What are their fuctions?
  3. What do they made off? etc

INTI:

–          Conversation Practice 2 (Describing Things)

–          Vocabulary Quiz

  1. Siswa memilih 5 benda dari gambar yang tersedia
  2. Siswa mempresentasikan cirri-ciri benda tersebut untuk dijawab siswa-siswa yang lain

AKHIR:

–          Intermezzo

–          Giving Homework: Membuat Slide presentasi produk (cosmetics, etc) untuk dipresentasikan pertemuan berikutnya sebagai bentuk SPEAKING TEST

–          Ket lebih lengkap baca Midtest

 

Preparation:

-Periksa CD/listening tools, soal, dan lembar jawaban

-Atur tempat duduk siswa

Pelaksanaan test:

  1. 60 menit untuk pelaksanaan WRITTEN TEST
  2. 60 menit untuk pelaksanaan SPEAKING TEST:

Masing-masing siswa mempresentasikan produknya melalui slide, siswa lain memperhatikan dan mengajukan pertanyaan pada sesi tanya jawab. (Lihat format penilaian)

 

 

 

 

 

 

 

 

AWAL:

–          Absensi (menyapa siswa)

–          Memberi stimulus yang berkaitan dengan materi

INTI:

–          Reading dialogue

–          Tutor menjelaskan functional expression yang berkaitan dengan occupation

–          Questioning:

1.Siswa berpasangan untuk saling bertanya (general questions page 36)

2. Tutor memanggil beberapa siswa untuk mempresentasikan hasil interview bersama teman

– Pronounciation space: siswa mendengarkan cd tentang pronounciation, kemudian mengikuti pengucapan yang didengar dan diikuti latihan membaca text.

-Conversation Practice 1-3

AKHIR:

–          Menyimpulkan materi dan memberi pertanyaan kepada siswa. Contoh: I help the doctor to examine patient. Who am I?

 

 

AWAL:

–          Absensi (menyapa siswa)

–          Mereview materi unit 8

INTI:

–          Listening Occupation dilanjutkan dengan membuat percakapan

–          Selama siswa maju berpasangan ke depan, siswa bisa menjawab soal2 dalam Vocabulary Quiz

–          Tutor menjelaskan tentang job interview, contoh CV dan application letter.

–          Lottery Game (lihat modul)

AKHIR: –Menyimpulkan materi

-Say It

 

AWAL:

–          Absensi (menyapa siswa)

–          Memberi stimulus berkaitan dengan materi (I Have a Dream)

INTI:

–          Practice 1: Focus on Myself

Siswa maju ke depan kelas untuk mempresentasikan jawaban2 sesuai dengan pertanyaan yang ada dalam modul

–          Practice 2: Grouping (Sleep and Dreams)

Berdialog dengan pasangan untuk menjawab pertanyaan yang ada dalam daftar

–          Practice 3:

  1. Tutor membagikan kertas karton kepada siswa-siswa
  2. Siswa diberi waktu untuk menulis 5 years resolution
  3. Tutor menunjuk beberapa siswa untuk memprsentasikan resolusinya. Siswa lain memberi tanggapan.

AKHIR: –Menyimpulkan materi dan bernyanyi bersama ( I have a dream)

AWAL:

–          Absensi (menyapa siswa)

–          Mereview materi unit 8

INTI:

–          Conversation Practice (number 1-3)

–          Listening 10 dan pembahasan

–          Siswa melakukan percakapan dengan teman tentang WEEKEND PLANNING

AKHIR:

–          Menyimpulkan materi

–          WORD CHAIN GAME

  1. Peserta dibagi dua kelompok dan berbaris memanjang
  2. Tutor membisikkan satu kalimat ke siswa paling ujung dan meneruskan ke siswa lain sampai ke belakang
  3. Di akhir permainan, kalimat tersebut dicocokkan.

Contoh: Tom&Jill climb up the hill. They bring water in small pail.

But Tom is falling down when they get to the near town.

 

 

AWAL:

–          Absensi (menyapa siswa)

–          Memberi stimulus kepada siswa berkaitan dengan materi melalui slide

INTI:

–          Discussion: means of travel

–          Grouping: dialog secara berpasangan dg menjawab pertanyaan yang ada dalam daftar

–          Presentation

  1. Siswa diberi instruksi untuk memilih tempat favorit/Negara yang ingin dikunjungi
  2. Presentasi di depan kelas dengan acuan pertanyaan yang ada dalam Talking about Travel

AKHIR:

–          Menyimpulkan materi

 

AWAL:

–          Absensi (menyapa siswa)

–          Mereview materi Unit 10

INTI:

–          Listening 11 dan pembahasan

–          Trivia Quiz – European Travel Trivia dan pembahasan

–          Role Play: Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk membuat percakapan

Misal:

  1. kelompok 1 terdiri dari passanger and ticket inspector in train
  2. kelompok 2: stewardess and passanger in a plane
  3. kelompok 3: conversation in the bus (among passangers)
  4. kelompok 4: tour guide and tourists in Bromo

AKHIR:

–          Menyimpulkan materi

–          Intermezzo (Games)

 

 

 

AWAL:

–          Absensi (menyapa siswa)

–          Memberi stimulus berkaitan dengan materi

INTI:

–          Tutor menerangkan adverbs of place dan penggunaannya dalam kalimat

–          Listening 12 dan pembahasan

–          Vocabulary quiz dan pembahasan

–          Conversation practice:

Siswa berdialog dengan pasangan tentang lokasi yang ada di Lamongan (tempat dipilih sesuai dengan selera siswa tersebut)

AKHIR:

–          Menyimpulkan materi

–          Guess Word Games

 

AWAL:

–          Absensi (menyapa siswa)

–          Memberi stimulus berkaitan dengan materi

INTI:

–          Tutor menginstruksikan siswa untuk membaca dialog 1&2

–          Conversation practice:

Siswa berdialog dengan pasangan tentang tempat favorit dan menunjukkan bagaimana menuju tempat tersebut

–          Diskusi tentang Asking for direction

–          Listening 13 dan pembahasan

AKHIR:

–          Menyimpulkan materi

–          Riddles game

AWAL:

–          Absensi (menyapa siswa)

–          Memberi stimulus berkaitan dengan materi melalui slide dilanjut memberi pertanyaan kepada siswa, misal:

Do you ever have romantic dinner?

Who is your soulmate? etc

 

 

INTI:

–          Discussion: answering questions

–          Talking about Idiom

–          Roleplay:

Kelas dibagi menjadi beberapa kelompok, misal; kelompok 1 menciptakan drama suasana dinner dlam anniversary, kelompok 2 menampilkan blind date with someone, kelompok 3 menampilkan suasana saat pacarnya ketahuan selingkuh

–          English Debate:

Kelas dibagi menjadi dua kelompok besar (affirmative and opponent group). Salah satu siswa ditunjuk sebagai moderator. Topik diskusi berkaitan dengan tema, misal:

  1. Marriage of different culture/principle’s people, Is it Ok?
  2. b. Going steady vs study
  3. c. Etc

AKHIR:

–          Menyimpulkan materi

 

AWAL:

–          Absensi (menyapa siswa)

Mereview unit 13

INTI:

–          Discussion:

Quiz part 1 –3 (Writing test adalah penugasan kepada siswa untuk membuat paragraph sesuai dengan clue yang diberikan dan latihan ini digunakan sebagai acuan untuk memberi nilai siswa)

–          Conversation Questions: Dating and Relationships

Siswa berpasangan untuk melakukan dialog sesuai dengan daftar pertanyaan

AKHIR:

–          Menyimpulkan materi

 

 

 

PRE-LESSON

  1. Absensi
  2. Continue story: Siswa melanjutkan text menurut versinya masing-masing. Siswa saling bertukar ide dengan membaca text lanjutan dan membandingkan dengan siswa lain

INTI:

  1. 1. Siswa mendengarkan audio (Listening 14) dilanjutkan diskusi
  2. 2. Siswa membuat dialog dalam situasi jual beli (antara penjual dan pembeli)à setting: bebas
  3. 3. Siswa mendengarkan audio (Listening 15) dilanjutkan diskusi

AKHIR: Menyimpulkan materi

AWAL: Absensi dilanjutkan mereview materi

INTI:

  1. 1. Siswa mendengarkan audio (Listening 16) dilanjutkan diskusi tentang Buying and Selling
  2. 2. Siswa membuat dialog (make conversations with friends as if student were in the electronic shops)
  3. 3. Siswa mendengarkan audio (Pronounciation Space) dilanjutkan mengucapkan kata-kata tersebut bersama-sama
  4. 4. Tutor menerangkan materi tentang American Numbers
  5. 5. Conversation Practice (page 72). Selama pasangan maju ke depan, siswa lain bisa mengisi vocab quiz

AKHIR: Fun Games (Inul’s Shake). Siswa yang kalah, mendapat punishment untuk Menyimpulkan materi.

AWAL: Absensi dilanjutkan memberi stimulus berkaitan dengan materi (menampilkan slide about movie) dan member pertanyaan kepada siswa

INTI: (WATCHING MOVIE)

  1. Siswa mempersiapkan alat tulis untuk mencatat unsur instrinsik maupun ekstrinsik) film yang ditonton

AKHIR:

  1. Tutor memberi pertanyaan kepada siswa tentang film yang telah ditonton
  2. Tutor memberi tugas untuk membuat resensi film dan dikumpulkan pertemuan selanjutnya (sebagai bentuk Written Test)

NOTE:

Resensi film terdiri dari unsur instrinsik film (Title, Theme, Casts, Characters, Setting, Point of View, Moral value, Plot, conflict and resolution) kemudian diuraikan kelebihan dan kelemahan film menurut sudut pandang siswa

AWAL: Absensi dilanjutkan mereview materi

INTI:

  1. Conversation Practice (page 73 number 1-3)
  2. Listening to music (Dear God):
    1. Siswa mendengarkan lagu A7x dan mengurutkan lirik yang tersusun acak
    2. Siswa memberikan interpretasi terhadap lagu tersebut dan didiskusikan dengan teman lain

AKHIR: Singing a song dan pemberitahuan tentang Final Test

 

 

 

 

FINAL TEST berupa diskusi panel (English debate).

Siswa dibagi menjadi menjadi beberapa kloter.

Kloter pertama terdiri dari 2 kelompok (opponent 3 orang dan affirmative 3 orang). Jika masih ada sisa, satu siswa jadi moderator dan siswa-siswa lain menjadi audience. Kloter tersebut diberi waktu sekitar 30 menit.

Langkah2:

  1. Moderator membuka diskusi, menyampaikan topik yang dibahas, dan memperkenalkan siapa saja anggota diskusi.
  2. Kelompok Affirmatife masing-masing member opini sesuai topic, dilanjutkan dengan kelompok Opponent. Begitu seterusnya
  3. Sesi responding adalah sesi dimana audience diberi kesempatan untuk member respon terhadap permasalahan tersebut

Setelah waktu habis, dilanjutkan kloter 2.

 

NOTE:

  1. Siapa yang menjadi kloter 1 kelompok affirmative atau opponent tergantung undian
  2. Topik diskusi berdasar undian, misal:
  1. Smoking Ban, do you agree or not?
  2. Giving Homeworks to students, Is it effective or not?
  3. Saturday must be holiday, do you agree or not?

 

 

 

-Modul

-Picture of public figures

-CD (audio learning)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

–       Modul

–       CD (audio learning)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Modul hal 9

Slide (pictures of dress, shoes, books)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

-Modul hal 9 (Communicative Activities)

-CD (audio learning)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Modul

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Modul

Audio learning

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Modul

Audio learning

Slide (gambar Elephant)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Modul

Audio learning

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

-Modul

– Audio learning (CD)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

-Modul

-Audio Learning

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

-Modul

-Audio Learning

-Slide (picture of poor  person who wants to be the rich one)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

-Modul

-Audio Learning

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

-Modul

-Audio Learning

-slide (picture of SBY)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Modul

-Audio Learning

-slide (picture of High heel Shoes)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Soal dan lembar jawaban, CD, laptop dan LCD, format penilaian

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

-Modul

-Audio learning

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Modul

-Audio learning

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Modul and audio learning

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Modul and audio learning

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Modul and audio learning, Slide (picture of tourism spot: Borobudur Temple, Kuta Beach, Semeru Mountain, etc; picture of vehicle)

 

 

 

 

 

 

Modul and audio learning

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Modul and audio learning

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Modul and audio learning

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Modul and audio learning, slide (picture of dating/dinner with boyfriend or girlfriend; weddimg party

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Modul and audio learning

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Modul

Audio Learning

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Modul

Audio Learning

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Modul

Audio Learning

Slide (Movie thrillers)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Modul

Audio Learning

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Format penilaian

 

90 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

90 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

90 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

90 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

90 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

90 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

90 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

90 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

90 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

90 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

90 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

90 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

90 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

90 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

120 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

90 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

90 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

90 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

90 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

90 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

90 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

90 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

90 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

90 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

90 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

90 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

90 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

120 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

90 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

90 menit

About The Author

Saya adalah Bloger asal Malang yang menyukai kegiatan yang berhubungan dengan perkembangan IT, Design dan juga Pendidikan. Berupaya untuk selalu menebarkan kebermanfaatan bagi sesama.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *