Tips Dasar Menggunakan Windows 8

Tips Dasar Menggunakan Windows 8

Windows 8 saat ini memang sudah seperti windows 7 kepopulerannya bahkan mungkin sudah melebihi kepopuleran windows 7. Windows 8 memang sudah lama dirilis oleh Microsoft namun banyak pengguna dari Windows 8 yang belum mengetahui tips dasar dalam menggunakan Windows 8. Kali ini linkcerdas.com akan membagikan tips dasar dalam menggunakan windows 8.tips dasar windows 8

Berikut ini ada beberapa tips dasar dalam menggunakan Windows 8 yang bisa anda lihat seperti di bawah ini:

Tips Dasar Windows 8

Hotkeys Windows 8tips dasar windows 8

Hotkeys windows 8 yang berbeda dengan versi sebelumnya yaitu windows 7 adalah sebagai berikut ini:

  • Windows + M > berfungsi untuk minimize semua aplikasi yang sedang berjalan di computer windows 8.
  • Windows + D > berfungsi untuk memunculkan desktop di windows 8 pada saat user berada di jendela atau menu yang lainnya.
  • Windows + Tab > berfungsi untuk membuka daftar program yang sedang berjalan di computer.
  • Windows + Printscreen > berfungsi untuk menyimpan hasil printscreen ke dalam folder printscreens di start screen.
  • Windows + Q > berfungsi untuk membuka menu pencarian.
  • Windows + W > berfungsi untuk membuka menu pencarian setting.
  • Windows + Pause Break > berfungsi untuk membuka jendela PC info.
  • Windows + titik(.) > berfungsi untuk men-toggle aplikasi ke layar samping.
  • Windows + I > berfungsi untuk menampilkan menu setting Windows 8.

Zoom in dan Zoom Out Start Screentips dasar windows 8

Fitur ini hanya dimiliki oleh OS Windows 8 yang bisa memperbesar atau memperkecil tampilan pada start screen. Jika anda menggunakan fitur ini, maka start screen akan menampilkan semua aplikasi yang terinstal di computer anda tanpa harus scroll atau menggeser mouse ke kanan. Caranya yaitu masuk ke menu start screen yang ada di pojok kiri bawah, kemudian tekan Ctrl dan scroll mouse. Untuk zoom out maka anda harus scroll mouse ke bawah. Sedangkan untuk zoom in kebalikannya.

Menamai Grup Aplikasitips dasar windows 8

Pada windows 8, anda bisa menamai grup pada aplikasi di start screen anda. Caranya cukup mudah yaitu dengan cara mengelompokkan atau menggabungkan aplikasi yang ingin anda namai grupnya, lalu zoom out dengan cara Ctrl + Scroll bawah. Klik kanan pada grup aplikasi yang ingin anda namai, kemudian klik Name group. Ketikkan nama yang anda inginkan, kemudian klik Name.

Fitur SmartScreentips dasar windows 8

SmartScreen adalah fitur dari Windows 8 yang berfungsi untuk memperingatkan anda apabila anda ingin menginstal aplikasi yang belum diakui atau belum dikenal. Fitur ini bisa diakses dengan cara pergi ke menu pencarian, kemudian ketikkan Check security status pada tab setting. Maka akan terdapat fitur tersebut.

Password gambartips dasar windows 8

Windows 8 juga menyediakan fitur yang unik yaitu kita bisa membuat password dari gambar. Fitur ini tersedia pada menu Setting > User > Sign-in Options > Create a picture password.

Menghidupkan / Mematikan Aplikasi Tile Start Screentips dasar windows 8

Anda bisa mematikan atau menghidupkan aplikasi tile yang ada di windows 8. Aplikasi tile adalah aplikasi default dari Windows 8 seperti Mail, People, Maps, SkyDrive, Store, dan lain sebagainya. Untuk mematikan aplikasi ini dari start screen, masuk ke start screen, kemudian klik kanan pada aplikasi tile, lalu pilih Turn this tile off.

Mungkin itulah beberapa tips dasar menggunakan windows 8. Jika anda sudah membaca dan mempraktekannya, maka kemungkinan besar anda tidak akan mengalami kebingungan lagi dengan windows 8.

About The Author

Saya adalah Bloger asal Malang yang menyukai kegiatan yang berhubungan dengan perkembangan IT, Design dan juga Pendidikan. Berupaya untuk selalu menebarkan kebermanfaatan bagi sesama.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *