Tips Menghemat Kuota Internet Agar Tidak Boros

Tips Menghemat Kuota Internet Agar Tidak Boros

8. Tips Menghemat Kuota Internet Agar Tidak Boros

Saat ini sebagian besar orang memilih smartphone android sebagai ponsel utama mereka. Saat menggunakan ponsel android, Anda tentu memerlukan paketan atau kuota internet agar aplikasi tetap dapat digunakan. Namun, masalah yang sering kali muncul ialah kasus bahwa pengguna hanya menggunakan 1 atau 2 aplikasi android, tetapi tetap saja paket internet yang dibeli cepat habis. Oleh sebab itu, Anda harus mengetahui tips menghemat kuota internet agar lebih awet. Dengan mengetahui cara yang tepat, tentu kuota internet Anda tidak akan terbuang sia-sia. Berikut adalah beberapa tips yang dapat diterapkan.

 

  1. Non aktifkan fitur auto syncron

 

Jika fitur auto syncron pada smartphone Anda dalam keadaan On, maka secara otomatis fitur tersebut akan terus bekerja walaupun sedang tidak Anda gunakan. Tips menghemat kuota internet yang pertama ialah dengan menonaktifkannya. Jadi fitur hanya akan berjalan atau berfungsi pada saat diperlukan saja tanpa menggunakan kuota untuk keperluan yang tidak penting.

 

  1. Non aktifkan fitur auto update

 

Fitur smartphone yang satu ini dapat berfungsi untuk membuat semua aplikasi yang ada di terupdate secara otomatis. Biasanya hal ini terjadi jika terdapat versi terbaru dari aplikasi yang Anda gunakan. Jadi, walaupun tanpa persetujuan dan sepengetahuan Anda bisa saja aplikasi terupdate dengan sendirinya dan hal ini tentu akan menghabiskan kuota internet Anda.

 

  1. Memilih browser yang lebih hemat

 

Tips menghemat kuota internet lainnya ialah dengan menggunakan browser yang tepat guna. Pemilihan jenis browser juga mempengaruhi berkurangnya kuota secara cepat atau tidak. Dalam hal ini, agar kuota internet Anda lebih awet sebaiknya memilih jenis browser yang bisa mengakses lebih cepat dan mudah untuk digunakan dengan hanya memakan sedikit kuota internet. Jenis browser seperti UC Browser dan Opera Mini dapat menjadi solusinya.

 

  1. Identifikasi penggunaan data

 

Berbagai jenis aplikasi yang telah terinstal di smartphone Anda tentunya memiliki variasi penyedot data yang berbeda. Setelah mengecek jenis aplikasi yang dapat menguras kuota terbanyak, maka Anda dapat mengambil kebijakan sendiri misalnya dengan menguninstal aplikasi tersebut. Selain itu, Anda juga dapat mengecek satu persatu aplikasi untuk melihat seberapa banyak data yang digunakan di bagian setting, yaitu backup & sync. Di dalam menu tersebut, Anda dapat memilih cara penghematan data pada aplikasi yang Anda pilih.

 

Itulah beberapa cara atau tips menghemat kuota internet yang dapat Anda lakukan. Sebagai pengguna android yang bijak, sebaiknya gunakan kuota sesuai dengan kebutuhan saja. Selain menggunakan mobile data, Anda juga tetap dapat mengakses internet dengan jaringan wifi atau hotspot dan menonaktifkan data seluler Anda. Jadi, hemat dan tidaknya kuota internet Anda tetap kembali pada bagaimana pengaturan internet dari setiap sistem aplikasi yang digunakan. Yang terpenting ialah Anda harus selalu menggunakannya sesuai dengan kebutuhan.

About The Author

Saya adalah Bloger asal Malang yang menyukai kegiatan yang berhubungan dengan perkembangan IT, Design dan juga Pendidikan. Berupaya untuk selalu menebarkan kebermanfaatan bagi sesama.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *