Added by on 30/01/2019


علم اللغة هو العلم الذي يتخذ اللغة موضوعا له Ilmu Bahasa / Ilmu Yang mengambil Bahasa sebagai Objek Kajiannya Pakar Linguistik disebut “ Linguis “ 1.        Linguis : Orang yang mahir menggunakan beberapa bahasa 2.        Linguis : Orang yang mempelajari bahasa bukan hanya bertujuan untuk mahir menggunakan bahasa, melainkan untuk mengetahui secara mendalam aspek dan segi yang menyangkut bahasa itu. 3.        Poliglot : Orang yang mahir dan lancar dalam menggunakan beberapa bahasa namun tidak mendalami teori tentang bahasa. 4.        Monoglot ; Orang yang mahir dan lancar menggunakan hanya satu bahasa dan tidak mendalami teori tentang bahasa.

BIDANG LINGUISTIK : 1.        Linguistik Makro : Bahasa hubungannya dengan faktor Luar a.       Sosiologis b.      Psikologis c.       Antropologis d.      Neorologis
2.        Linguistik Mikro : Bahasa yang hubungnnya dengan Faktor Dalam a.       Fhonology ( الأصوات ) b.      Morfologi ( بناء الكلمة ) c.       Sintaksis ( بناء الجملة ) d.      Semantik ( الدلالـــــة )

OBJEK KAJIAN LINGUISTIK
1.        Linguistik Teoritis : Bertujuan untuk mencari atau menemukan teori – teori / kaidah-kaidah Linguistik 2.        Linguistik Terapan : Bertujuan untuk menerapkan kaidah-kaidah linguistik dalam kegiatan praktis ( Pengajaran / Penerjemahan / Penyusunan Kamus ) 3.        Linguistik Sejarah : Bertujuan Untuk mengkaji perkembangan dan perubahan suatu bahasa / sejulah bahasa baik dengan memperbandingkannya ataupun tidak. 4.        Sejarah Linguistik : Bertujuan untuk mengkaji perkembangan ilmu linguistik baik mengenai tokoh-tokohnya, aliran-aliran teorinya maupun hasil-hasil kerjanya.

PEMBAGIAN LINGUISTIK 1.        Comparative Linguistics ( علم اللغة المقارن ) 2.        Descriptive Linguistics ( علم اللغة الوصفيّ ) 3.        Historical Linguistics ( علم اللغة التاريخيّ ) 4.        Contrastive Linguistics ( علم اللغة التقابليّ )

Category:

Bahasa, Kuliah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*