FORMAT Rencana Pengembangan Sekolah

n
FORMAT Rencana Pengembangan Sekolah,
berdasarkan PP No 19 th 2005 dan kebijakan Dit.PLP

I. RENCANA STRATEGIS (MINIMAL 4 TH):

A.    Visi (dengan indikator-indikator), misi, dan tujuan

B.    Program-program strategis (untuk   mencapai tujuan, misi, visi)

C.    Strategi pelaksanaan

D.    Output yang diharapkan (apa, kapan, dan dibuat tahapan per tahunnya)

E.    Rencana biaya (alokasi dana)

F.    Rencana pemantauan dan evaluasi

n

II. RENCANA OPERASIONAL (RENOP)  1 TAHUN:

n

II. RENCANA OPERASIONAL (RENOP)  1 TAHUN:

n KETENTUAN PEMBUATAN  Renstra:

n Renstra dibuat minimal 4 tahun

n Program-program dibuat komprehensif

n Diupayakan ada kesesuaian antara Renstra

Daerah dan pusat, dengan tetap memfokus-

kan potensi dan kepentingan sekolah.

n Mengacu pada hasil analisis situasi.

 

 

 

nPENJELASAN ISI DALAM RENSTRA DAN RENOP
yang harus ada dalam
RENCANA PENGEMBANGAN SEKOLAH

 

nRENCANA KERJA sekolah

Rencana kerja 4 tahunan yang kemudian dijabarkan secara rinci dalam rencana kerja tahunan. DISEBUT DENGAN RENCANA PENGEMBANGAN SEKOLAH (RPS) YANG TERDIRI DARI RENCANA STRATEGIS (RENSTRA DAN RENCANA TAHUNAN (RENOP)

n RENCANA OPERASIONAL TAHUNAN (RENOP),berdasarkan PP no 19 th 2005

Rencana kerja tahunan / RENOP MENGATUR tentang:

n  Kalender pendidikan/akademik

n  Jadwal penyusunan kurikulum tingkat satuan pendidikan untuk tahun ajaran berikutnya

n  Mata pelajaran yang ditawarkan pada semester gasal, genap, pendek (jika ada)

n  Penugasan pendidik pada mata pelajaran dan kegiatan lainnya

n  Buku teks pelajaran yang dipakai

n  Lanjutan:

n  Jadwal penggunaan dan pemeliharaan sarana dan prasarana

n  Pengadaan, penggunaan, dan persediaan minimal bahan habis pakai

n  Program peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan

n  Jadwal rapat

n  Rencana anggaran pendapatan dan belanja satuan pendidikan untuk masa kerja satu tahun

n  Jadwal penyusunan laporan akuntabilitas dan kinerja satuan pendidikan untuk satu tahun terakhir

 

URAIAN MASING-MASING KOMPONEN:
(penjelasan sebagai lampiran RPS dan penjelasan pelaksanaannya)

1. Kalender pendidikan/akademik

Meliputi:

n     Jadwal pembelajaran,

n     ulangan,

n     Ujian,

n     Kegiatan ekstrakurikuler,

n     Hari libur

 

n 2. Perencanaan proses pembelajaran

Perencanaan proses pembelajaran meliputi:

n  silabus dan

n  rencana pelaksanaan pembelajaran.

a. Silabus

n  Silabus merupakan contoh penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar kedalam indikator, waktu yang diperlukan untuk mencapai kompetensi dasar,  pengalaman belajar (learning experience) yang bisa diselenggarakan oleh guru untuk peserta didik, penilaian untuk kompetensi dasar dan indikatornya serta sumber belajar yang disarankan.

 

n b. Rencana pelaksanaan pembelajaran

Rencana pelaksanaan pembelajaran memuat sekurang-kurangnya: tujuan pembelajaran; materi ajar; metode pengajaran, sumber belajar.

n 3. Pelaksanaan proses pembelajaran

Memperhatikan :

n  jumlah maksimal peserta didik per kelas

n  beban mengajar maksimal per pendidik

n  rasio maksimal buku teks pelajaran setiap peserta didik

n  rasio maksimal jumlah peserta didik setiap pendidik

n Lanjutan 3:

n  Pelaksanaan proses pembelajaran juga harus interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, memberikan ruang yang cukup untuk prakarsa, kreativitas, dan kemandirian

n  Pelaksanaan proses pembelajaran juga harus sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik dan psikologis peserta didik

 

4. Penilaian hasil belajar

n  Penilaian hasil belajar harus menggunakan berbagai tehnik penilaian sesuai dengan kompetensi dasar yang harus dikuasai. Tehnik penilaian tersebut dapat berupa tes tertulis, observasi, tes praktek, dan penugasan perseorangan atau kelompok.

5. Pengawasan

n  Pengawasan proses pembelajaran meliputi pemantauan, supervisi, evaluasi, pelaporan, dan tindak lanjut.

6. Pedoman pelaksanaan penyelenggaraan satuan pendidikan

Pedoman pelaksanaan penyelenggaraan satuan pendidikan merupakan pegangan bagi semua pendidik dan tenaga kependidikan pada satuan pendidikan dalam menyelenggarakan pendidikan di satuan pendidikan tersebut.

 

Pedoman tersebut mengatur antara lain:

n  Kurikulum satuan pendidikan dan silabus;

n  Kalender pendidikan /akademik yang menunjukkan seluruh kategori aktifitas satuan pendidikan selama satu tahun dan dirinci secara semesteran, bulanan, mingguan;

n  Struktur organisasi satuan pendidikan;

n  Pembagian tugas diantara pendidik;

n  Pembagian tugas diantara tenaga kependidikan;

n  Peraturan akademik;

n  Tatatertib satuan pendidikan;

n  Kodel etik hubungan antara sesama warga;

n  Biaya operasional satuan pendidikan

 

nCATATAN:

n  Yang ditulis dengan warna putih merupakan komponen yang harus dikerjakan/sebagai program/sebagai referensi;

n  Yang ditulis dengan warna kuning merupakan hasil pekerjaan yang harus dilampirkan dalam RPS

 

 

FORMAT Rencana Pengembangan Sekolah | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *