Iman, Islam, dan Ihsan: Tiga Pilar Dialektis Pembentuk Karakter Unggul

Iman, Islam, dan Ihsan: Tiga Pilar Dialektis Pembentuk Karakter Unggul

Iman, Islam, dan Ihsan: Tiga Pilar Dialektis Pembentuk Karakter Unggul

Dosen pengampu: Moch. Wahib Dariyadi, M.Pd

 

Disusun oleh :

Kelompok 2

RIESTA ASSYIFANI

RIDWAN BAYU AHMADI

VANESA INDRIANI

UNIVERSITAS NEGERI MALANG

 

Iman, Islam, Dan Ihsan: Tiga Pilar Dialektis Pembentuk Karakter Unggul

  1. Pengertian Iman, Islam, dan Ihsan

 

  1. Iman

Secara bahasa Iman berarti percaya atau kepercayaan. Sedang secara istilah, iman adalah mengucap dengan lisan, mmbenarkan dengan hati, dan melaksanakan dengan segala anggota badan. Dalam islam, Iman berarti sikap mental seorang muslim yang mempercayai enam  pokok kepercayaan. (Rukun Iman)

  1. Islam

Islam secara bahasa berasal dari kata “Aslama”  yang berarti patuh, tunduk, berserah diri. Secara istilah, Islam adalaah  ketundukan seorang hamba kepada wahyu yang diturunkan kepada para nabi dan  rasul untuk dijadikan pedoman hidup dunia dan akhirat. Islam yang diturunkan kepada nabi Muhammad adalah wahyu terakhir yang diturunkan kepada manusia, oleh karena itu, agama ini sudah sempurna dan sesuai dengan tingkat perkembangan manusia sejak masa diturunkannya sampai hari kiamat kelak.

  1. Ihsan

Secara bahasa Ihsan berarti berbuat baik. Secara istilah, ihsan berarti apabila seseorang beribadah kepada Allah seolah-olah melihatnya.

Dalam al-Qur’an, terdapat banyak ayat yang berbicata tentang Ihsan. Berikut beberapa diantaranya;

 

  1. Proses Terbentuknya Iman Dan Upaya Meningkatkannya

 

Iman terbentuk dalam diri manusia diawali dari fitrah tauhid yang Allah tanamkan dalam diri manusia sejak dia masih dalam Rahim ibunya. Umumnya fitrah ini akan timbul jika lingkungan keluarga dan sosialnya adalah islam. Allah menurunkan hidayah kepada dia untuk beriman. Berikut penjelasannya;

 

  1. Fitrah Ilahi

Maksud fitrah disini adalah ciptaan Allah. Manusia diciptakan Allah mempunyai naluri beragama yaitu agama tauhid. Fitrah ini selamanya ada pada diri manusia dan tidak mengalami perubahan. Jadi manusia terlahir dalam keadaan beragama tauhid. Mereka tidak beragama tauhid karena pengaruh lingkungan dan social.

 

  1. Hidayah

Hidayah dalam bahasa Arab berarti petunjuk. Sedang menurut istilah, hidayah merupakan petunjuk halus yang membawa kepada yang dituju. Iman juga terbentk melalui hidayah dari Allah SWT. Hidayah adalah kehendak Allah semata.  Diantara semua sebab terbentuknya iman, hidayah adalah sebab yang utama. Seseorang tidak dapat membuat orang lain beriman kepada Allah tanpa hidayah dari Allah SWT. Bahkan rasul Allah pun tidak dapt memberikan hidayah pada umatnya.

Ada lima macam hidayah yang dianugerahkan Allah pada manusia;

  1. Hidayah Al-wijdan al-fithri (petunjuk insting dan intuisi)
  2. Hidayah Al-hawas (petunjuk indrawi)
  3. Hidayah Al- aql ( petunjuk akal)
  4. Hidayah Al-din (petunjuk agama)
  5. Hidayah Al-taufiq (petunjuk khusus)

(Anshari, 1979)

Pada binatang, Allah hanya memberikan dua hidayah, pertama dan kedua.

 

  1. Ikhtiar insani

Iman yang berada dalam diri muslim bersifat tidak tetap. Kadang kuat, kadang lemah. Kadang naik, kadang turun. Oleh karena itu, berikut dijelaskan beberapa cara untuk meningkatkan iman.

  1. Penciptaan lingkungan social yg kondusif

Lingkungan dalam konteks ini mempunyai kekuatan yang luar biasa dalam membentuk keyakinan dan pandangan hidup seseorang. Meski setiap orang memiliki fitrah tauhid, namun bila ia tinggal dan dididik dalam keluarga, sekolah, dan masyarakat bukan islam maka kelak ia tidak menjadi seorang muslim. Tatkala Allah menrunkan hidayah pada orang tersebut maka apapun dan bagaimanapun lingkungannya, ia pasti menjadi seorang muslim.

  1. Dzikir, tafakkur dan tadabbur

Dzikir yaitu mengingat nama Allah menghadirkan asma Allah dalam hati setiap waktu dan akan membawa efek yg sangat besar terhadap kemantapan iman karena orang berdzikir akan dekat dengan Allah. Berdzikir dapat dilakukan dengan merenung atau tadabbur, dan memikirkan atau tafakkur dalam segala sesuatu ciptaan Allah dan proses terjadinya alam semesta.

  1. Ingat mati

Mati akan dirasakan oleh setiap manusia setelah tiba saatnya. Bila ajalnya sudah dekat, malaikat maut akan menjemputnya. Salah satu cara untuk mengingat mati adalah bertabziah pada yang mati. Dalam hal ini seorang muslim di tuntut untuk mendoakan orang yang mati, menggembirakan orang yang di tinggal mati, dan mengurus orang yang mati. Cara lain untuk mengingat mati adalah ziarah kubur, karena dengan melaksanakan ini seseorang menjad sadar bahwa cepat atau lambat dia akan mati.

 

  1. Ibadah : Manifestasi iman, islam dan ihsan
  2. Hakikat dan manfaat ibadah
  3. Hakikat ibadah

Orang memahami ibadah sebagai aktifitas ritual seperti sholat, berdoa dzakat, puasa, haji, dan semacamnya. Sesungguhnya ibadah adalah bentuk penghambaan diri pada Allah yang bukan hanya berkaitan dengan hubungan manusia dengan Tuhan, tetapi juga manusia dengan sesamanya bukan manusia dengan semua makhluk.

  1. Manfaat ibadah

Ibadah berfungsi sebagai pupuk yang dapat menyuburkan benih iman. Diantara fungsi pokok ibadah bagi manusia ialah :

  1. Menjaga keselamatan akidah
  2. Menjaga akar hubungan antar manusia dengan Tuhan itu berjala dengan baik abadi
  3. Mendisiplinkan sikap dan perilaku agar etis dan religious
  4. Macam macam ibadah

Ibadah dipilah menjadi 2 macam yaitu ibadah ritual, dan ibadah social. Ibadah ritual adalah ibadah yang terangkum didalam rukun islam yang meliputi sholat, zakat, haji dan sebagainya. Ibadah sosisal adalah perbuatan baik yang dilakukan dalam rangka melaksanakan perintah Allah.

  1. Syarat diterimanya ibadah

Semua ibadah baik ritual maupun social, mempunyai tujuan yang sama. Yaitu ridho Allah. Hanya kepada Allahlah ibadah itu ditujukan. Agar semua ibadah yang ditujukan pada Allah tersebut benar, dan bernilai sebagai amal ibadah yang diterima oleh-Nya, disyaratka memenuhi dua hal berikut.

  1. Dilakukan dengan niat yang ikhlas
  2. Dilakukan sesuai ketentuan Allah
  3. Sholat : Ibadah utama dan istimewa

Sholat adalah ibadah yang sangat penting bagi orang islam. Dari sekian banyak macam ibadah ritual sholat adalah inti dari semuanya. Sholat adalah ibadah yang paling istimewa maka setipa muslim dan muslimah harus serius terhadap sholat.

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

DAFTAR PUSTAKA

 

Risalah Islam . “Pengertian Islam Menurut Bahasa, Istilah, dan Al-Qur’an” Diperoleh 17 September 2018,

https://www.risalahislam.com/2013/11/pengertian-islam-menurut-alquran.html?m=1

 

Wikipedia. 2017. “Ihsan”.

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Ihsan

About The Author

Saya adalah Bloger asal Malang yang menyukai kegiatan yang berhubungan dengan perkembangan IT, Design dan juga Pendidikan. Berupaya untuk selalu menebarkan kebermanfaatan bagi sesama.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *