INDIKATOR SKALA MULTIPLE INTELLIGENCE II (MINAT)

INDIKATOR SKALA MULTIPLE  INTELLIGENCE II (MINAT)

Oleh : Indah Firiani M.Pd, M.Si (Alm . Mohon doa buat beliau Alfatehah)

Link to content: http://desainwebsite.net/pendidikan/indikator-skala-multiple-intelligence-ii-minat

MI

Indikator

Nomor Item

Subindikator

Nomor Item

Linguistik

Bahasa Lisan

1-6

§  bercerita / berbincang

§  berdiskusi

§  membuat lelucon

3,6,4

1,2

6

 

Bahasa Tulis

1 – 6

§  membuat tulisan/karangan.

§  Pemahaman Bacaan

2,4

1,3,5,6

 

 

Logis-matematis

Pemahaman Angka/hitungan

1- 6

§  mengerjakan soal berhitung

§  melakukan kegiatan yang melibatkan angka

1,4,5

2,3

 

Penalaran/logika

1-6

§  mengerjakan soal logika dan sains

§  melakukan percobaan untuk menemukan sesuatu

§  mengasah kemampuan berpikir /penalaran

3,6

1,2

 

4,5

 

Visual/

Spasial

Kemampuan  menvisualisasikan gambar dan bentuk

1-6

§  mengunjungi pameran seni lukis

§  membuat gambar, lukisan, sketsa

§  menghias ruangan dengan gambar

1,5

2,3,4

6

 

Kemampuan menvisualisasikan bentuk/tiga dimensi

1-6

§  membuat karya seni rupa

§  menata ruang

§  membuat design bangunan

1,5

2,3,4

6

 

Musikal

Seni Musik

 

1-6

§  mendatangi konser musik

§  mengasah ketrampilan bermain musik

§  mendengarkan musik

§  mengikuti perkembangan musik

§  memainkan alat musik dalam suatu kegiatan

1

2,6

3,

4,

5

 

Menyanyi

1-6

§  mendengarkan lagu

§  menonton acara lagu-lagu dalam TV/CD

§  menyanyi dalam suatu kegiatan

§  mengembangkan kemampuan dalam bernyanyi

§  mengiringi kegiatan dengan bernyanyi

1

2

3,4,

5

6

 

Kinestetik-Jasmani

Olah Raga

1-6

§  berlatih olah raga

§  menjaga tubuh

1,2,3,6

4,6

 

Seni Tari

1-6

§  menonton konser seni tari

§  berlatih menari

§  mengekspresikan diri dengan menari

§  mengikuti perkembangan seni tari

§  menghibur suatu acara dengan menari

1

2,3

4

5

6

 

Intrapersonal

mengelola emosi diri

1-6

§  introspeksi diri

§  mengendalikan emosi

1,2,4

2,5,6

 

Memahami tujuan diri

1-6

§  mengembangkan hobi, minat, potensi diri

§  membuat rencana hidup

1,2,3,5

 

4,6

 

Interpersonal

Menghormati orang lain

1-6

§  menghomati pendapat,hak orang lain

§  membantu orang lain

§  menyelesaikan masalah bersama

§  mendahulukan kepentingan orang lain

1,2

3

4

5,6

 

Interaksi dengan orang lain

1-6

§  saling membantu

§  pandai berinteraksi/bergaul

§  kerjasama

1,2,3

4,5,6

 

Memimpin

1-6

§  Aktif dalam organisasi

§  mengorganisasikan kelompok

§  mengkoordinir orang lain

 

4,5,6

2

1 3

 

 

Naturalis

Berinteraksi dengan hewan

1-6

§  mengikuti perkembangan dunia hewan

§  memelihara hewan

1,3

2,4,5,6

 

Berinteraksi dengan tanaman

1-6

§  mengikuti perkembangan  dunia tumbuhan

§  memelihara tumbuhan

1,2

 

3,4,5,6

 

Berinteraksi dengan alam

1-6

§  mengamati alam

§  mengembangkan pengetahuan tentang alam

§  menjaga lingkungan

§  mengikuti kegiatan di alam terbuka

1

2

 

3,4

5,6

 


Minat bahasa lisan 1

1.     Berdiskusi dengan teman-teman tentang suatu pokok masalah tertentu

2.     Mendiskusikan pertanyaan/ pelajaran dari guru bersama teman-teman.

3.     Berbincang dengan teman yang duduk disamping saya ketika sedang menunggu

4.     Berbagi cerita dengan teman-teman tentang suatu pikiran, perasaan atau pengalaman tertentu

5.     Membuat lelucon dengan teman-teman

6.     Mengisi waktu luang dengan bercengkrama bersama saudara

Minat bahasa tulis 2

1.     Mengunjungi perpustakaan untuk membaca buku, majalah atau  bacaan tertentu

2.     Membuat suatu karangan atau karya tulis

3.     Membaca tulisan-tulisan yang ada di papan pengumuman, poster, majalah dinding

4.     Menulis surat atau sms pada teman-teman untuk menyampaikan berita.

5.     Membaca buku ketika sedang menunggu.

6.     Mengisi waktu luang dengan membaca majalah, novel atau surat kabar

Minat berhitung 3

1.     Mengerjakan soal-soal yang membutuhkan perhitungan angka

2.     Membuat catatan keuangan

3.     Melakukan kegiatan yang banyak melibatkan data berupa angka, misalnya memasukkan dan pengolahan data statistik

4.     Menghitung uang saku untuk kebutuhan sehari-hari

5.     Menghitung kondisi keuangan untuk merencanakan pembelian barang tertentu

6.     Mengisi waktu luang dengan berlatih mengerjakan soal matematika atau fisika.


Minat logika 4

1.     Melakukan suatu percobaan atau eksperimen untuk memecahkan suatu masalah

2.     Melakukan kegiatan dalam pengembangan ilmu melalui percobaan

3.     Mengerjakan soal-soal matematika atau fisika

4.     Mermain game yang mengembangkan kemampuan berfikir

5.     Mencari tahu cara kerja suatu alat atau mesin

6.     Mengisi waktu luang dengan memecahkan soal-soal fisika

Minat gambar/2 dimensi 5

1.     Mengunjungi pameran lukisan.

2.     Membuat sketsa suatu gambar atau lukisan

3.     Menggambar untuk mengekspresikan ide atau pikiran

4.     Mengisi waktu luang dengan menggambar atau melukis

5.     Mengunjungi galeri lukisan.

6.     Menghiasi ruangan dengan gambar atau lukisan tertentu

Minat seni rupa/3 dimensi 6

1.     Membuat hiasan patung baik dari tanah liat, batu, keramik atau bahan-bahan lain

2.     Bermain game tentang membuat atau menata suatu bentuk bangunan tertentu

3.     Menata kamar tidur agar tampak indah dan menarik

4.     Mengatur perabot rumah agar tampak serasi dengan ruang yang tersedia

5.     Mengisi waktu luang dengan berlatih membuat karya seni rupa

6.     Membuat suatu design rumah atau bangunan tertentu


Minat bermain musik 7

1.     Mendatangi suatu pertunjukan atau konser musik

2.     Mengikuti kegiatan untuk mengembangkan kemampuan dalam bermain alat musik

3.     Mengisi waktu luang dengan mendengarkan musik lewat media elektronik

4.     Mengikuti perkembangan musik didalam maupun luar negeri

5.     Berlatih memainkan alat musik.

6.     Bergabung dalam suatu kelompok musik untuk mengembangkan kemampuannya dalam memainkan musik

Minat menyanyi 8

1.     Mendengarkan lagu melalui tape/cd

2.     Nonton acara menyanyi di Televisi.

3.     Menyanyi pada suatu acara/kegiatan

4.     Menyanyi untuk menghibur orang lain

5.     Mengisi waktu luang dengan berlatih ketrampilan menyanyi

6.     Mengiringi aktifitas sehari-hari dengan bersiul atau bernyanyi-nyanyi kecil

Minat Olah raga 9

1.     Berlatih senam untuk menjaga kebugaran tubuh

2.     Berlatih salah satu cabang olah raga yang menjadi kegemaran saya

3.     Mengisi waktu luang dengan melakukan kegiatan olah raga

4.     Melakukan kegiatan untuk menjaga kesehatan tubuh.

5.     Merawat kebugaran tubuh

6.     Mengikuti perkembangan salah satu cabang olah raga melalui media cetak atau elektronik


Minat menari 10

1.     Menonton pertunjukan atau konser seni tari

2.     Mengikuti les menari.

3.     Mengisi waktu luang dengan berlatih menari

4.     Mengekspresikan pikiran atau perasaan lewat gerakan tubuh

5.     Mengikuti perkembangan seni tari lewat media cetak atau elektronik

6.     Mengisi suatu acara atau kegiatan dengan menari

Minat mengelola emosi 11

1.     Introspeksi diri, memikirkan tentang kekurangan diri

2.     Berlatih meditasi untuk belajar mengendalikan emosi

3.     Mengisi waktu luang dengan instropeksi.

4.     Bertanya pada teman tentang kekurangan diri.

5.     Mengikuti acara kerohanian agar lebih bisa mengendalikan diri.

6.     Belajar cara mengelola emosi diri melalui buku-buku atau majalah

Minat mengenali tujuan diri 12

1.     Melakukan kegiatan yang dapat mengembangkan potensi diri

2.     Melakukan kegiatan untuk mengembangkan hobi

3.     Membaca buku atau majalah psikologi untuk pengembangan diri

4.     Merencanakan suatu aktifitas atau pekerjaan yang akan dilakukan

5.     Aktif dalam kegiatan ekstrakulikuler di sekolah yang dapat mengembangkan diri

6.     Membuat suatu rencana atau cita-cita diri untuk jangka waktu tertentu


Minat menghormati pendapat, hak orang lain 13

1.     Mendengarkan pendapat orang lain dengan cermat

2.     Mendatangi panti asuhan untuk memberikan hiburan atau santunan.

3.     Mengumpulkan dana untuk membantu orang yang kurang mampu.

4.     Menghadiri forum diskusi untuk bertukar gagasan dan pandangan.

5.     Mendahulukan kepentingan orang lain yang lebih membutuhkan daripada kepentingan diri

6.     Memberi kesempatan pada orang tua atau orang yang lebih membutuhkan untuk duduk di kursi yang saya tempati pada saat menunggu giliran

Minat berinteraksi dan bekerja sama 14

1.     Membantu teman untuk menjelaskan soal-soal pelajaran

2.     Mengerjakan tugas sekolah bersama teman-teman.

3.     Melakukan kegiatan liburan bersama teman-teman.

4.     Bergabung dengan suatu organisasi pemuda untuk menambah teman.

5.     Mengisi waktu istirahat bercengkrama bersama teman-teman

6.     Mengisi waktu luang dengan bergabung dengan kelompok teman sebaya

Minat : berorganisasi dan mengkoordinir 15

1.     mengkoordinir teman-teman untuk mengerjakan tugas sekolah bersama

2.     memimpin teman-teman untuk menyelesaikan tugas bersama

3.     Mengikuti kegiatan OSIS

4.     Mengikuti kegiatan organisasi di luar jam sekolah

5.     Mengikuti kegiatan sosial di luar sekolah

6.     Menjalin kerjasama dengan orang/organisasi lain dalam suatu kegiatan


Minat berinteraksi dengan hewan 16

1.     Menonton acara televisi mengenai dunia hewan

2.     Memelihara hewan piaraan dirumah

3.     Mengunjungi suatu lomba atau kontes hewan tertentu, misalnya lomba burung

4.     Mengisi waktu luang dengan memelihara binatang piaraan tertentu

5.     Membaca buku-buku atau majalah untuk memperluas wawasan dunia binatang

6.     Mengikuti perkembangan dunia binatang lewat acara-acara di televisi

Minat berinteraksi dengan tumbuhan 17

1.     Membaca buku tentang dunia tumbuhan

2.     Menonton acara televisi tentang dunia tumbuhan

3.     Menyiram tanaman di halaman rumah

4.     Menanam tanaman di halaman rumah

5.     memelihara kebun kecil

6.     Mengisi waktu luang dengan kegiatan berkebun

Minat  berinteraksi dengan alam 18

1.     Berjalan-jalan di alam terbuka untuk mencermati fenomena alam,

2.     Membaca buku-buku mengenai berbagai macam kejadian alam

3.     mengikuti kegiatan gotong royong untuk membersihkan lingkungan

4.     membersihkan tempat-tempat yang tampak kotor

5.     Mengikuti kegiatan berkemah untuk berinteraksi dengan alam

6.     Mengisi waktu luang dengan kegiatan-kegiatan dialam terbuka

INDIKATOR SKALA MULTIPLE INTELLIGENCE II (MINAT) | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *