KETUNTASAN BELAJAR KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI

KETUNTASAN BELAJAR
KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI

PUSAT KURIKULUM – BALITBANG

DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL

PELAKSANAAN
KONSEP KETUNTASAN BELAJAR

Sekolah menetapkan minimal 70 % indikator yang dianggap terpenting dan mewakili kompetensi dasarnya;

Kriteria ketuntasan …

Kriteria ketuntasan belajar setiap indikator berkisar antara 0 % – 100 %, idealnya kriteria masing-masing indikator > 60 %.

Tetapi sekolah dapat menetapkan sendiri kriteria tersebut sesuai dengan kondisi masing-masing.

Harapannya …

Harapannya sekolah makin lama akan meningkatkan kriteria ketuntasan mendekati sempurna (100%);

Jika semua indikator dalam suatu kompetensi dasar telah memenuhi kriteria, siswa dianggap telah menguasai KD, dan pada akhirnya menguasai Standar Kompetensi dan Mata Pelajaran.

PERSYARATAN KENAIKAN KELAS

Jika semua indikator, KD, SK suatu mata pelajaran telah terpenuhi ketuntasannya, maka siswa dianggap telah layak naik ke kelas berikutnya.

Jika sebagian besar indikator, KD, SK pada lebih dari 4 mata pelajaran siswa masih belum tuntas sampai batas akhir tahun ajaran, maka siswa harus mengulang di kelas yang sama.

Untuk memudahkan administrasi maka siswa diharapkan mengulang semua mata pelajaran beserta SK, KD, dan indikatornya, tetapi

sekolah mempertimbangkan mata pelajaran, SK, KD, dan indikator yang telah tuntas pada tahun ajaran sebelumnya.

MODEL RAPOR

Masing-masing sekolah boleh menetapkan sendiri model rapor yang dikehendaki asalkan menggambarkan pencapaian kompetensi siswa pada setiap mata pelajaran yang diperoleh dari ketuntasan indikatornya.

KEDUDUKAN NILAI HARIAN
DAN NILAI SUMATIF

Nilai sumatif ( nilai akhir semester atau tahun)  merupakan kumpulan nilai harian (SK, KD, dan indikator).

Sehingga penilaian sumatif setiap akhir semester atau akhir tahun tidak harus dilakukan jika sekolah telah memperoleh gambaran tentang ketuntasan belajar siswa dari nilai hariannya.

Oleh karena itu maka penilaian sumatif tidak memiliki bobot yang lebih besar dari nilai harian.

PELAKSANAAN REMEDIAL

Remedial dilakukan kepada siswa yang belum mencapai kriteria ketuntasan belajar pada indikator tertentu.

Remedial dapat …

Remedial dapat dilaksanakan setiap saat baik pada jam efektif maupun diluar jam efektif. Tergantung bentuk penugasannya maupun bentuk proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru.

Penilaian kegiatan remedial dapat berupa tes maupun penugasan yang lain.

PELAKSANAAN PENGAYAAN

Pengayaan dilakukan terhadap siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar ketika sebagian besar siswa yang lain belum mencapai;

Pengayaan dapat berbentuk tugas-tugas individual yang bertujuan untuk mengoptimalkan pencapaian hasil belajar siswa;

Pengayaan dapat …

Pengayaan dapat dilaksanakan setiap saat baik pada jam efektif maupun di luar jam efektif. Tergantung bentuk penugasannya maupun bentuk proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru;

Hasil penilaian kegiatan pengayaan dapat menambah nilai siswa pada mata pelajaran yang bersangkutan.


TERIMA KASIH
BILA ADA TUTUR KATA ATAU PERILAKU SAYA YANG KURANG BERKENAN
DI HATI IBU-IBU DAN BAPAK-BAPAK
SAYA MOHON MAAF
YANG SEBESAR-BESARNYA

HERRY WIDYASTONO
Pusat Kurikulum: (021) 3804248 Pswt. 234
HP: 081 898 3795

 

KETUNTASAN BELAJAR KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *