KONSEP DASAR KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI DAN DIVERSIVIKASI KURIKULUM

KONSEP DASAR
KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI DAN DIVERSIVIKASI KURIKULUM

PUSAT KURIKULUM – BALITBANG

DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL

Kegiatan Belajar Mengajar

Ø Berpusat pada peserta didik

Ø Mengembangkan kreativitas

Ø Menciptakan kondisi yang menyenangkan dan menantang

Ø Kontekstual

Ø Menyediakan pengalaman belajar yang beragam

Ø Belajar melalui berbuat

Penilaian Kelas

Ø Dilakukan oleh  Guru untuk mengetahui tingkat penguasaan kompetensi yang ditetapkan, bersifat internal, bagian dari pembelajaran, dan sebagai bahan untuk peningkatan mutu hasil belajar

Ø Berorientasi pada kompetensi, mengacu pada patokan, ketuntasan belajar, dilakukan melalui berbagai cara, al …

Dilakukan a.l. melalui:

q Portfolios (kumpulan kerja   siswa),

q Products (Hasil karya),

q Projects (Penugasan),

q Performances (Unjuk kerja), dan

q Paper & Pen (tes tulis)

Pengelolaan Kurikulum Berbasis Sekolah

Ø  Mengacu pada Visi dan Misi Sekolah

Ø  Pengembangan perangkat kurikulum  (a.l. silabus)

Ø  Pemberdayaan tenaga kependidikan dan sumber daya lainnya untuk meningkatkan mutu hasil belajar

Ø  Pemantauan dan …

Ø Pemantauan dan Penilaian untuk meningkatkan efisiensi, kinerja dan kualitas pelayanan terhadap peserta didik

Ø Berkolaborasi secara horizontal, dengan:

§   Sekolah lain,

§   Komite Sekolah,

§   Organisasi Profesi

Ø Berkolaborasi secara vertikal, dengan:

•          Dewan, dan

•          Dinas Pendidikan

KEGIATAN BELAJAR
PEMBIASAAN

KEGIATAN RUTIN

KEGIATAN SPONTAN

KEGIATAN TELADAN

KEGIATAN TERPROGRAM

KEGIATAN RUTIN

Adalah kegiatan yang dilakukan secara reguler,

baik di kelas maupun di sekolah.

Bertujuan untuk membiasakan anak mengerjakan sesuatu dengan baik.

Upacara

Senam

Sholat berjamaah

Pemeriksaan kesehatan

Pergi ke perpustakaan

Dll

KEGIATAN SPONTAN

Adalah kegiatan yang dapat dilakukan kapan saja, dimana saja, tanpa dibatasi oleh ruang.

Bertujuan untuk memberikan pendidikan pada saat itu juga, terutama dalam disiplin dan sopan santun dan kebiasaan baik yang lain.

Membiasakan memberi salam

Membiasakan membuang sampah pada tempatnya

Membiasakan antri

Membiasakan mengatasi silang pendapat (pertengkaran) dengan benar

Dll

KEGIATAN TERPROGRAM

Adalah kegiatan yang diprogramkan dan

direncanakan baik pada tingkat kelas maupun

sekolah.

Bertujuan memberikan wawasan tambahan pada anak tentang unsur-unsur baru  dalam kehidupan bermasyarakat yang penting untuk perkembangan anak.

Seminar/workshop:  aids, hemat energi, HAM/hak anak, dll.

Kunjungan: panti asuhan, tempat/orang yang terkena musibah, tempat-tempat penting dll.

Proyek: lomba, pentas, bazaar dll.

KEGIATAN TELADAN

Adalah kegiatan yang dapat dilakukan kapan saja

dan dimana saja yang lebih mengutamakan

pemberian contoh dari guru dan pengelola

pendidikan yang lain kepada muridnya.

Bertujuan memberikan contoh tentang kebiasaan yang baik.

Memberi contoh berpakaian rapi

Memberi contoh memuji hasil kerja yang baik

Memberi contoh datang tepat waktu

Memberi contoh hidup sederhana

Memberi contoh tidak merokok

Dll

DIVERSIVIKASI

KURIKULUM

PENGEMBANGAN DAN PELAKSANAAN KURIKULUM,    DISESUAIKAN DENGAN:

Ø SATUAN PENDIDIKAN,

Ø POTENSI DAERAH/ KARAKTERISTIK DAERAH,

Ø SOSIAL BUDAYA MASYARAKAT   SETEMPAT, &

Ø PESERTA DIDIK


TERIMA KASIH
BILA ADA TUTUR KATA ATAU PERILAKU SAYA YANG KURANG BERKENAN
DI HATI IBU-IBU DAN BAPAK-BAPAK
SAYA MOHON MAAF
YANG SEBESAR-BESARNYA

HERRY WIDYASTONO
Pusat Kurikulum: (021) 3804248 Pswt. 234
HP: 081 898 3795

 

KONSEP DASAR KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI DAN DIVERSIVIKASI KURIKULUM | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *