MENDETEKSI POTENSI PESERTA DIDIK

•           MENDETEKSI POTENSI PESERTA DIDIK

•          RASIONAL PENGEMBANGAN POTENSI PESERTA DIDIK

•              Bermain merupakan anak-anak belajar

•              Peserta didik belajar melalui ke 5 inderanya

•              Peserta didik  senang belajar secara aktif melalui bekerja dan pengalaman konkrit tentang berbagai hal

•              Perlu adanya interaksi verbal, sosial, emosional yang stabil

•              Perlu diperhatikan kebutuhan individu peserta didik  sesuai dengan umur dan kemampuannya

•              Perlu diciptakan lingkungan yang merangsang rasa ingin tahu, partisipasi sosial.

•          TANDA-TANDA BAKAT PESERTA DIDIK

•            Mempunyai ingatan yang kuat

•            Mempunyai logika dan keterampilan analisis yang kuat

•            Mampu berfikir abstrak

•            Mampu membaca tata letak

•            Mempunyai keterampilan mekanis

•            Mempunyai bakat musik dan seni

•            Luwes dalam atletik dan menari

•            Pintar bersosialisasi

 

 

 

•           IDENTIFIKASI POTENSI PESERTA DIDIK

•         Indikator Intelektual

•         Indikator kreativitas

•         Indikator motivasi

•           INDIKATOR INTELEKTUAL

•            Mudah menangkap pelajaran

•            Mudah mengingat kembali

•            Memiliki perbendaharaan kata yang luas

•            Penalaran tajam

•            Daya konsentrasi baik

•            Senang dan sering membaca

•            Capat memecahkan soal

•            Daya abstraksi cukup tinggi

 

•           INDIKATOR KREATIVITAS

•             Memiliki rasa ingin tahu yang besar

•             Sering mengajukan  pertanyaan yang berbobot

•             Memberikan banyak gagasan dan usul terhadap suatu masalah

•             Mempunyai daya imajinasi yang kuat

•             Mampu mengajukan pemikiran, gagasan pemecahan masalah yang berbeda dari orang lain

•             Mampu mengembangkan atau merinci suatu gagasan (kemampuan elaborasi)

•           INDIKATOR MOTIVASI

•             Tekun menghadapi tugas

•             Ulet menghadapi kesulitan

•             Tidak memerlukan dorongan dari luar untuk berprestasi

•             Selalu berusaha berprestasi sebaik mungkin

•             Senang dan rajin belajar, penuh semangat, cepat bosan dengan tugas-tugas rutin

•             Senang mencari dan memecahkan soal-soal

•          PROSES MENGIDENTIFIKASI POTENSI PESERTA DIDIK

DATA OBYEKTIF

•           Skor tes intelegensi

•           Skor tes akademik

•           Skor tes kreativitas

DATA SUBYEKTIF

•             Ceklist perilaku

•             Nominasi oleh guru

•             Nominasi oleh orang tua

•             Nominasi oleh teman sejawat

•             Nominasi diri sendiri

•           CONTOH IDENTIFIKASI POTENSI PESERTA DIDIK

•           Contoh Nominasi Guru Pada Indikator Kreativitas

•           Hasil penjaringan potensi peserta didik

•          Peran Guru Dalam Mengembangkan Potensi Peserta Didik

•            Memberikan kesempatan untuk bermain dan berkreativitas

•            Memberikan suasana aman dan bebas secara psikologis

•            Disiplin yang tidak kaku, boleh mempunyai gagasan sendiri dan  berpartisipasi secara aktif

•            Memberi kebebasan berpikir kreatif dan partisipatif secara aktif.

 

 

 

 

MENDETEKSI POTENSI PESERTA DIDIK | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *