MENGAMBIL RESIKO USAHA

MENGAMBIL RESIKO USAHA
Ketika anda terjun ke dunia usaha, Anda juga harus siap menghadapi segala bentuk perubahan, kejadian dan hal-hal yang penuh ketidak pastian. Inilah perbedaan yang paling mendasar antara belajar di  sekolah, yang penuh teori dan kepastian, dengan berwirausaha, yang penuh dengan hal-hal yang tidak pasti dan berisiko.
Ketikdakpastian selalu berhubungan dengan keadaan yang memiliki beberapa kemungkinan kejadian dan dampaknya. Ketidak pastian (uncertainty) sering di sebut “unexpected risk” atau risiko tak terduga dari sebuah kejadian.
Risiko merupakan informasi, kejadian, kerugian atau pekerjaan yang terjadi sebagai akibat dari keputusan yang di ambil dalam kehidupan sehari-hari. Risiko dapat besifat pasti maupun tidak pasti yang bisa di kalkulasi secara kuantitatif. Kunci untuk mengetahui seberapa besar risiko yang akan Anda hadapi adalah seberepa anda mandapatkan informasi. Semakin sempurna Anda mengetahui seberepa besar risikonya.
RISIKO DAN KETIDAKPASTIAN
Ketika anda terjun ke dunia usaha, Anda juga harus siap menghadapi segala bentuk perubahan, kejadian dan hal-hal yang penuh ketidakpastian. Inilah perbedaan yang paling mendasar antara belajar di  sekolah, yang penuh teori dankepastian, dengan berwirausaha,yang penuh dengan hal-hal yang tidak pasti dan berisiko
Ketidakpastian (Unexpected risk)

Ketikdakpastian selalu berhubungan dengan keadaan yang memiliki beberapa kemungkinan kejadian dan dampaknya. Ketidakpastian (uncertainty) sering di sebut “unexpected risk” atau risiko tak terduga dari sebuah kejadian. Contoh:

Perubahan cuaca yang berakibat pada masalah pengiriman barang.
Risiko yang terjadi karena bencana alam.
Risiko atas kerugian yang timbul karena perubahan kurs mata uang negara lain tehadap nilai mata uang rupiah yang mengakibatkan kenaikan biaya dan harga barang.
Ketidakpastian yang bila terjadi akan menimbulkan kerugian Ada beberapa penyebab kegagalan usaha :
Perencanaan yang kurang matang
Kurangnya modal
Bakat yang tidak cocok
Kurang pengalaman
Lemahnya pemasaran
Tidak mempunyai semangat berwirausaha
Tidak mempunyai etos kerja yang tinggi
Ciri-ciri risiko dari ketidakpastian adalah:
Tidak bisadi duga sebelumnya.
Sulit di rencanakan.
Bersifat tiba-tiba.
Biasa digolongkan “force majeure”(bencana alam).

Risiko ( expected risk)
Risiko merupakan informasi, kejadian,kerugian atau pekerjaanyamg terjadi sebagai akibat dari keputusan yang di ambil dalam kehidupan sehari-hari. Risiko dapat besifat pasti maupun tidak pasti yang bisa di kalkulasi secara kuantitatif.Kunci untuk mengetahui seberapa besar risiko yang akan Anda hadapivadalah seberepa nda mandapatkan informasi.Semakin sempurna Anda mengetahui seberepa besar risikonya. Contoh risiko:
Kerugian akibat hilangnya barang.
Penurunan pendapatan karena panurunan penjualan.
Kemacetan mesin produksi yangberakibat pada jumlah barang yang diproduksi.
Terbakarnya gudang barang yang berisiko menyebabkan kerugian.

KLASIFIKASI RISIKO USAHA
Secara umum, risiko usaha dapat diklasifikasikan sebagai berikut.
Risiko Murni
Risiko murni adalah risiko yang menyebabkan kerugian dan tidak mungkin menimbulkan keuntungan. Risiko mutni menjadi karena ketidaksengajaan dan tidak dapat diecgah.
Contoh:
Kerugian akibat kerusakan mesin.
Kerugian akibat mati lastrik.
Kerugian karena kebakaran gedung.
Risiko Spekularif
Risiko sprkulatif adalah risiko yang diambil secara sengaja atau sadar oleh seorang wirausaha dan memiliki dua kemungkinan hasil, yaitu keuntungan atau kerugian.
Contoh:
Membeli barang dengan menggunakan mata uang asin (Misalnya Dolar Amerika).
Membeli mobil tanpa di asuransikan mengandung risiko  spekualatif, yaitu bila mengalami musibah perusahaan akanmengalami kerugian.
Berdasarkan jenis dampaknya, resiko usaha bisa diklasifikasikan sebagai berikut.
Risiko Sistematik
Risiko sistematik adalah risiko yang mampunyai dampak lebih komleks dibandingkan risiko murni dan risiko spualatif.
Risiko spesifik
Risiko spesifik adalah risiko yang memiliki dampak khusus dan tidak dapat dihindari tetapi bisa diminimalisasi tingkat risikonya.

JENIS-JENIS RISIKO USAHA
Dalam kondisi yang penuh ketidakpastian dan ketatnya persaingan usaha, Anda tidak mungkin menghindari risiko. Salah satu cara yang efektif dan efesien dalam menghadapi risiko adalah dengan negenali jenis-jenis risiko itu sendiri.
Jenis-jenis risiko yang sering erjadi dalam dunia usaha dan berwirausaha adalah sebagai berikut.
Risiko perusahaan
Risiko perusahaan adalah risiko yang terjadi pada usaha Anda yang akan berdampak pada kelangsungan hidup atau saham perusahaan Anda.
Risiko Keuangan
Risiko keuangan adalah risiko yang berdampak kerugian pada aspek keuangan perusahaan.
Risiko Likuiditas (ketersediaan uang tunai)
Risiko likuiditas terjadi ketika ada tagihan mecet dari pelanggan yang menyebabkan permasalahan dalam ketersediaan uang tunai (likuiditas) perusahaan. Hal ini bisa berdampak pada kerugian tingkat suku bunga dan kesulitan dalam membayar gaji karyawan.
Risiko Permodalan
Risko permodalan adalah risiko yang terjadi karena kerugian,penjualan,likuiditas,dan keuangan yang membuat  modal usaha Anda mengalami penurunan yang signifikan (rugi besar). Hal ini harus segera diatasi dengan meneliti dan mengevaluasi faktor penyebabnya.
Risiko Pasar
Risiko pasar, yaitu risiko yang terjadi akibat persaingan usaha, perubahan pola persaingan, daya hidup pelanggan,maupun munculnya pesaing baru yang potensial di pasarproduk Anda.
Risiko operasional
Risiko operasional adalah risiko dari penyimpangan hasil yang di prediksikan karena tidak sempurnanya penerapan keputusan, perubahan sistem, SDM, tegnolovasi,  produktivitas, inovasi, proses dan mutu produk.
Menurut sifat
« Resiko Murni
Yaitu resiko yang terjadi pasti akan menimbulkan kerugian dan terjadinya tanpa sengaja.
Misalnya : kebakaran, bencana alam, pencurian dan sebagainya
« Resiko Spekulatif
Yaitu resiko yang sengaja ditimbulkan oleh yang bersangkutan agar
memberikan keuntungan bagi pihak tertentu.
Misalnya :utang piutang, perdagangan berjangka, dan sebagainya
« Resiko Fundamental
Yaitu resiko yang penyebabnya tidak dapat dilimpahkan kepada seseorang dan yang menderita cukup banyak.
Misalnya : banjir, angin topan, dan sebagainya.
Menurut sumber / penyebab timbulnya, dibedakan
Resiko Intern / Internal
Yaitu resiko yang berasal dari dalam perusahaan itu sendiri misalnya :
~ Ketidaktahuan
~ Kesalahan manuasiawi
~ Kurang pengalaman
~ Kurang pelatihan
~ Kegagalan tim untuk bekerjasama secara efektif
~ Kekurangan sumber daya
~ Teknologi tidak dikenal
Resiko Ekstern/ Eksternal
Yaitu resiko yang berasal dari luar perusahaan misalnya :
Kegiatan pemasok yang berakibat kegagalan, perubahan spesifikasi  produk
Kegiatan pesaing / adanya saingan usaha yang sama
Tingkah laku pelanggan [ perubahan permintaan, perubahan persepsi ]
Terjadi perubahan politik [ UU yang mempengaruhi produk/ pelanggan ]
Kekuatan alam
Menurut dapat tidaknya resiko dialihkan kepada pihak lain, dibedakan:
Resiko yang dapat dialihkan pada pihak lain, dengan mempertanggungkan suatu obyek yang akan terkena resiko pada perusahaan asuransi
Resiko yang tidak dialihkan pada pihak lain
Menurut kejadian ( yang mungkin terjadi ) dibedakan :
Perubahan permintaan Suatu keadaan yang bisa terjadi karena perubahan ekonomi,modal, selera konsumen yang mengakibatkan terjadinya penurunan permintaan. Contohnya :
« Perubahan ekonomi : utang piutang, perdagangan berjangka
« Perubahan model : pakaian, sepatu, alat komunikasi
« Perubahan selera konsumen : jasa salon,foto copy,catering
Perubahan konjungtur
Perubahan kondisi ekonomi yang tidak menentu sehingga mempengaruhi keadaan usaha
Contohnya :
« Pengaruh insflasi
« Pengaruh eksport / import
« Pengaruh bencana alam
Persaingan
Situasi dimana antar wirausaha melakukan usaha yang sejenis/sama.
Penggunaan alat modern yang mempengaruhi hasil produksi antara lain kualitas barang, harga jual produk, penghematan tenaga
Contoh :
« Penemuan baru : tehnik produksi,variasi,peralatan produksi
«Kondisi perdagangan : sehat atau tidaknya mempengaruhi kelancaran keuangan , selera konsumen
« Pengaruh musim : musim dingin, musim kemarau, musim hujan
Perkembangan IPTEK
Perubahan teknologi tepat guna Contoh : HP, Internet, Fax
Perubahan peraturan
Contoh : aturan hukum, aturan pendidikan, aturan lalu lintas, aturan administrasi pemerintah
Bencana alam
Contoh : banjir, gempa, angin topan

Resiko teknis
Resiko ini terjadi akibat kekurangmampuan wirausaha / manajer dalam keputusan.
Faktor penyebab :
× Biaya produksi yang tinggi ( inefisien )
× Pemakaian SDM yang tidak seimbang (tenaga kerja terlalu banyak)
× Terjadi kebakaran akibat keteledoran dan kurang cermat
× Terjadi pencurian akibat pengawasan yang kurang baik
× Terus menerus rugi karena biaya yang terus membengkak
× Penempatan tenaga kerja yang kurang tepat sehingga produktifitas kerja    yang menurun
×Perencanaan dan desian yang salah sehingga suli dioperasionalnya

FAKTOR PENYEBAB RISIKO USAHA
Faktor-faktor yang menyebabkan munculnya risiko usaha adalah sebagai berikut.
Perubahan, meliputi:
Lingkungan dan global,
Sosial dan ekonomi,
Persaingan,
Gaya hidup,
Tren pasar,
Tegnologi,
Budaya, dan
Peraturan pemerintah
Kesalahan trategi dan perencanaan.
Keputus yang tidak tepat sehingga menimbulkan kejadian di luar rencana.
Persiapan yang kurang matang.
Kelegahan pribadi atau penanggungjawab.

KLASIFIKASI RANG DALAM MENGHADAPI RISIKO USAHA
Berdasarkan cara pandang dan menghadapi risiko,setiap orang wirausaha dapatdiklasifikasikan sebagai berikut.
Risk avoidar
Risk avoider adalah orang yang tidak senang menghadapirisiko bahkan cenderung menghindari risiko.
Risk Calculator
Risk calculator adalah orang yang berani mengambil keputusan bila risiko atau dampaknya bisa dikalkulasikan (dihitung berapa tingkat kerugiannya).
Risk Taker
Risk taker adalah orang yang berani dan mampu mengambil keputusan dengan mengukur risiko secara intuitif saja. Para risk taker ini sering disebut speculator atau gambler.

CARA MENGINDENTIFIKASI RISIKO USAHA
Seorang wirausaha perlu mengindentifikasi risiko agar meminimalkan dampak yang terjadi. Cara mengindentifikasi risiko adalah sebagai berikut.
Metode Analisa Dari Pengalaman dan Sejarah
Gunakan informasi dan data yang ada untuk menganalisa risiko yang akan terjadi di kemudian hari. aontoh:
Informasi keluhan pelanggan
Informasi kecacatan produk
Informasi track record SDM (rekam jejak karyawan)
Informasi pertumbuhan penjualan.
Metode Pengamatan dan Survei
Dengan melakukan penga.
matan survie, akan di peroleh informasi tentang hal yang diinginkan . Contoh:
Pengamatan dan survie tingkat kebutuhan pasar.
Pengamatan dan survie tentang ketidakpuasan pelanggan.
Pengamatan dan survie untuk menemukan produk baru.
Pengamatan dan survie gaya hidup pelanggan .
Pengamatan dan survie lokasiberdirinya pabrik dan lingkungan.
Metode Acuan
Metode acuan sering digunakan n ancamandalam menemukan kelemahan, peluang, hambatan, kekuatan, dan ancaman sehingga wirausaha tahu apakah produk,srategi, dan mutunya telah sesuai dengan pasar. Acuan yang digunakan adalah acuan  yang bersifat trategis, yaitu pemimpin pasar atau produk unggalan.
Metode dari Para Pakar atau Pendapat Ahli.
Kita dapat mengindentifikasi risiko dan hal-hal yang mungkin terjadi dengan bertanya pada pendapat ahli bila mengambil keputusan tertentu.
Arthur Williams dan Richard, M H
Resiko adalah suatu variasi dari hasil-hasil yang dapat terjadi selama periode terentu
Abas Salim
Resiko adalah ketidaktentuan yang mungkin melahirkan peristiwa kerugian
Soekarto
Resiko adalah ketidakpastian atas terjadinya suatu peristiwa
Herman Darmawi
Resiko adalah penyebaran penyimpangan hasil aktual dari hasil yang diharapkan .

MENGATASI DAN MEMPERKECIL RISIKO USAHA
Salah satu faktor sukses berwirausaha adalah mengatasi dan memperkecil risiko. Cara mengatasi dan memperkecil risiko adalah sebagai berikut.
Gunakan pengetahuan Anda untuk mengetahui dampak atau risiko yang akan terjadi.
Manfaatkan pengalaman yang Anda miliki.
Berpikir kreatif dan inovatif  dan yakinlah bahwa segala sesuatu pasti ada penyelesaiannya.
Asurasikan apa yang perlu diasurasikan.
Bekerja dan berpikir prestatif, yang merupakan faktor pendorong untuk mendapatkan pengetahuan baru melalui”problem and experiential based learning”(Belajar dari masalah dan pengalaman).
Keahlian menganalisa, menelaah, menilai, dan menguraikan sebab akibat serta keyakinan diri  untuk mengambil risiko.
Mengubah keadaan yang bisa menimbulkan risiko menjadi keadaan yang lebih baik dan berisiko kecik.
Proaktif dan antisipatif, adalah kunci penting dalam mengelolahrisiko.

UPAYA UNTUK MENGATASI RESIKOUSAHA
Manajer atau wirausaha menambah pengetahuan tentang:
Ketrampilan teknis, terutama yang berkaitan dengan proses produksi yang   dihasilkan. Misalkan yang semula dengan teknologi tradisional diganti dengan teknologi tepat guna/modern
Ketrampilan mengorganisasi yaitu kemampuan meramu yang tepat dari faktor produksi dalam usaha mencakup SDM, SDA, modal . Ibarat membuat kue, bagaimana agar rasanya enak, murah dan disenangi pembeli.
Ketrampilan memimpin yaitu kemampuan untuk mencapai tujuan usaha dikerjakan dengan baik dan serasi oleh semua orang yang ada pada organisasi. Untuk itu setiap pimpinan dituntut membuat konsep kerja.
Membuat strategi usaha yang terarah untuk masa depan, yang meliputi strategi produksi, strategi keuangan, strategi SDM, strategi operasional, strategi pemasaran, strategi penelitian dan pengembangan.
Mengalihkan kerugian pada perusahaan asuransi, dengan konsekuensi setiap saat harus membayar premi yang merupakan pengeluaran tetap.
Resiko Pasar
Resiko ini terjadi akibat produk yang dihasilkan kurang laku atau tidak laku di pasaran.
Faktor penyebab :
~ Kesalahan dalam mengidentifikasi pasar
~ Kesalahan dalam mengetahui kebutuhan pelangan dalam pasar yang dipilih
~ Kegagalan dalam memprediksi perubahan pasar
~ Kesalahan dalam memperhitungkan secara makro
~ Kegagalan dalam memprediksi siklus pasar
Upaya yang ditempuh:
» Mengadakan inovasi yaitu membuat desain baru dari produk yang      disenangi calon pembeli. Misal budidaya lele dumbo
»   Mengadakan penelitian pasar dan memperoleh informasi pasar secara  berkesinambungan.
Resiko Kredit
Resiko yang ditanggung kreditor akibat debitor tidak membayar pinjaman sesuai waktu yang telah disepakati.
Faktor penyebab:
» Sering terjadi produsen menaruh produknya terlebih dahulu dan dibayar kemudian
» Deditor meminjam uang untuk usaha tetapi usahanya gagal akibatnya timbul kredit macet, Upaya yang ditempuh:
Berikan kredit pada seseorang yang minimal memenuhi syarat sebagai berikut:
Dapat dipercaya yaitu watak dan reputasinya
Kemampuan untuk membayar, hal ini dapat dilihat dari                 kemampuan/hasil yang diperoleh dari usahanya
Kemampuan modal sendiri yang ditempatkan dalam usaha sehingga merupakan net personal assets
Keadaan usahanya selama ini apakah menunjukkan trend naik atau          turun.
Jangan memberikan pinjaman yang terlalu besar sambil mengevaluasi kredibilitas debitor
Memperlihatkan pengelolaan dana debitor bila yang bersangkutan memiliki perusahaan.
Resiko Alam
Resiko ini di luar pengetahuan/ jangkauan manusia, misal gempa bumi, banjir, angin topan, kemarau panjang. Kemungkinan – kemungkinan bertahannya seorang wirausahawan tetap hidup dalam menghadapi resiko terburuk antara lain :
Memperbaiki usaha :
Memperbaiki tampilan, mengganti nama, mengganti personil, melengkapi alat-alat, mengganti strategi pemasaran, memperbaiki cara produksi/cara kerja.
Melakukan alih usaha :
Berpindah dari usaha satu ke usaha lainnya yang memungkinkan, misalnya dari bengkel umum ke bengkel khusus, pabrik bata ke pabrik genting, produksi tahu ke susu kedelai, warung bakso ke warung makan, penerbit ke percetakan, dsb.
Pindah alamat :
Bisa jadi suatu usaha tidak / kurang berhasil karena faktor tempat yang kurang strategis, atau karena di dekatnya ada usaha sejenis yang lebih besar
Mencari investor untuk berinvestasi :
Mencari orang yang memiliki dana untuk menginvestasika uangnya dengan kompensasi tertentu, misal dengan bagi hasil
Meminta pihak lain untuk mengakuisisi :
Meminta pihak lain untuk membeli sebagian besar saham dengan konsekuensi otoritas pengendalian usaha akan beralih kepihak lain. laku di pasaran.
Faktor penyebab :
~ Kesalahan dalam mengidentifikasi pasar
~Kesalahan dalam mengetahui kebutuhan pelangan dalam pasar    yang dipilih
~ Kegagalan dalam memprediksi perubahan pasar
~ Kesalahan dalam memperhitungkan secara makro
~ Kegagalan dalam memprediksi siklus pasar
Upaya yang ditempuh:
» Mengadakan inovasi yaitu membuat desain baru dari produk yang disenangi calon pembeli. Misal budidaya lele dumbo
»  Mengadakan penelitian pasar dan memperoleh informasi pasar secara berkesinambungan.
Melakukan alih usaha :
Berpindah dari usaha satu ke usaha lainnya yang memungkinkan, misalnya dari bengkel umum ke bengkel khusus, pabrik bata ke pabrik genting, produksi tahu ke susu kedelai, warung bakso ke warung makan, penerbit ke percetakan, dsb.
Pindah alamat :
Bisa jadi suatu usaha tidak / kurang berhasil karena faktor tempat yang kurang strategis, atau karena di dekatnya ada usaha sejenis yang lebih besar
Mencari investor untuk berinvestasi :
Mencari orang yang memiliki dana untuk menginvestasika uangnya dengan kompensasi tertentu, misal dengan bagi hasil
Meminta pihak lain untuk mengakuisisi :
Meminta pihak lain untuk membeli sebagian besar saham dengan konsekuensi otoritas pengendalian usaha akan beralih kepihak lain.

TIPOLOGI PENGAMBILAN RESIKO PADA TINGKAT MANAJEMEN
Pada tingkat bawah :
Perusahaan membutuhkan pekerja-pekerja yang terampil dalam melaksanakan hal-hal yang rutin dan mempunyai sedikit resiko.Mereka akan membawa kestabilan perusahaan.
Pada tingkat menengah :
Manajer harus dapat lebih banyak kebebasan untuk berinovasi dan membuat
perubahan-perubahan kecil dalam prosedur dan fungsi. Orang-orang yang berada di sini dianggap sebagai pengambil resiko.
Pada tingkat atas :
Mereka harus mempunyai kemampuan untuk merumuskan dan menerapkan ide-ide kreatif agar berhasil dalam bisnis dan mewujudkan ide-ide mereka menjadi kenyataan.
Manajemen. Pengertian manajemen menurut Prof. Die Liang Lee, adalah ilmu dan seni merencanakan, mengorganisasi, mengarahkan, mengkoordinasikan serta mengawasi tenaga manusia dengan bantuan alat-alat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Fungsi manajemen:
× Perencanaan
× Pengorganisasian
× Penggerakan
× Pengawasan
Contingency planning [perencanaan peristiwa tak terduga] merupakan cara untuk mengatasi resiko tertinggal adalah membuat rencana untuk peristiwa tak terduga rencana yang belum terjadi selain itu dengan memikirkan kemungkinan pemecahan sebelum terjadi dengan menerapkan pendekatan rasional secara lebih baik pada rencana tersebut maupun akibat yang dihasilkan. Pengembangan produk sering kali dimulai dengan ‘ hanya sebuah gagasan’ yang dapat datang dari sejumlah sumber antara lain:
~ Permintaan pasar
~ Riset pasar
~ Kemampuan teknologi baru
~ Analisis terarah dari jajaran produk yang pernah dianalisikesenjangannya
terkait ini dapat dikendalikan? Yaitu dengan mengambil pendekatan berfase artinya membatasi komitmen pada waktu tertentu dan pengembangan hanya berlanjut bila resiko yang dinilai untuk fase berikut sebanding dengan jumlah yang akan terkena resiko. Fase tersebut dapat dipandang dari berbagai sudut yaitu:
» Aktivitas para pengembang
» Definisi konsep
» Evaluasi
» Spesifikasi
» Desain dan pengembangan produk
» Produksi
» Peluncuran produk
» Saat dipasarkan.
Tahap perencanaan resiko
Petunjuk mengenai tahap perencanaan resiko:
Kenali sumber resiko
Mengidentifikasi sebanyak mungkin sumber resiko Membentuk tim kerja Adakan pembahasan dengan sumbang saran Pertimbangkan hati-hati susunan tim yang wajar agar pembahasan lebih efektif Sumber potensial dikelola Carilah seseorang yang trampil menemukan apa-apa
Hindari resiko
Hal-hal yang dapat mencegah sunber resiko secara potensial adalah: Pertimbangkan bagaimana potensi resiko dapat dibicarakan Gunakan tenaga ahli untuk pembicaraan Carilah pengalaman baru dalam menangani masalah Pertimbangkan bagaimana resiko dapat dipindahkan Berilah imbalan kepada para ahli yang membantu memecahkan masalah
Kendalikan manajemen
Pengendalian yang baik diperlukan dalam kasus apapun dan pimpinan
bersama staf harus memonitor kemajuan teknik proyek setiap waktu untuk menemukan masalah sedini mungkin, sehingga dapat mengadakan perbaikan
Asuransikan beberapa resiko misalnya kegagalan pemasok dan kerusakan pada peralatan kritis. Kelayakan produk atau asuransi jaminan profesi atau garansi pemerintah yang dapat dipakai untuk mengurangi finansialexposure akibat ulah pelanggan yang ada di Negara lain.
Resiko yang tertinggal.
Kemungkinan resiko yang dulu terjadi lagi sasarannya.
Perencanaan scenario
Teknik ini dilakukan dengan melihat bahaya yang mungkin terjadi atau scenario alternative dari faktor yang menyebabkan ketidakpastian. Setelah itu lalu merencanakan setiap scenario dilakukan secara mendetail.

EVALUASI RESIKO
Beberapa upaya agar berhasil [efektif] dalam usaha mengurangi waktu meliputi hal-hal berikut:
Kumpulkan sedini mungkin sebuah tim inti untuk memelihara visi sasaran yang konsisten
Pastikan jenis aktivitas yang berlainan
Tentukan informasi yang diambil dari aktivitas awal oleh tim atau bagian lain yang memerlukan informasi untuk aktivitas berikutnya
Dukung penggunaan informasi parsial yaitu komunikasi yang efisien dan terbuka dengan kepercayaan yang tinggi dan memungkinkan orang untuk memulai aktifitas, sebelum tugas utama benar-benar selesai
Pastikan bahwa prosedur persetujuan fase beroperasi dengan lancar dan cepat Perkuat tim pengembangan untuk sebanyak mungkin keputusan tidak harus keluar dari tim Terapkan pengembangan bertahap ( incremental development ) bila memungkinkan

 

DAFTAR PUSTAKA
Sari,maya. 2013. mengambil reiko usaha. arsip blog. www.google.com.
Djohanputro,Bramantyo.2008.manajemen Risiko koporat.Jakarta: ppm.
Fakultas pshiologi unika utama jaya.2010.mengambil resiko usaha.jakarta.

About The Author

Saya adalah Bloger asal Malang yang menyukai kegiatan yang berhubungan dengan perkembangan IT, Design dan juga Pendidikan. Berupaya untuk selalu menebarkan kebermanfaatan bagi sesama.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *