Added by on 06/02/2019

OBJEK LINGUISTIK : BAHASA

Nama Kelompok :

Adin Mulia Kusumaningrum (180231608069)

Ariyani Dwi Larasati (180231608055)

Latar Belakang

            Setiap kegiatan yang bersifat ilmiah tentu mempunyai objek. Dan linguistik merupakan ilmu yang bersifat pengetahuan ilmiah. Sehingga linguistic memiliki objek. Dalam ilmu linguistik  menjadikan objek utamanya adalah bahasa dengan segala aspeknya. Sehingga sebelum mempelajari linguistik maka harus memahami hakikat bahasa itu sendiri.

            Dalam memahami hakikat bahasa perlu dimengerti tentang pengertian bahasa, karakteristik bahasa, fungsi bahasa, serta mampu membedakan antara kompetensi dan performansi bahasa. Setelah mengetahui hakikat bahasa maka lebih mudah dalam memahami ilmu linguistik.

Pembahasan

1. Pengertian Bahasa

Kata bahasa dalam bahasa Indonesia memiliki lebih dari satu makna atau pengertian. Kata bahasa yang terdapat pada kalimat bisa menunjuk pada beberapa arti atau katogeri lain. Menurut peristilahan de Saussure, bahasa bisa berperan sebagai parole, langue, langage. Sebagai objek kalian linguistik, Parole merupakan objek konkret karena parole  itu berwujud ujaran nyata yang diucapkan oleh para bahasawan dari suatu masyarakat bahasa. Langue merupakan objek yang abstrak karena langue itu berwujud sistem suatu bahasa tertentu secara keseluruhan. Langage merupakan objek yang paling abstrak karena dia berwujud sistem bahasa yang universal. Untuk jelasnya perhatikan pemakaian kata bahasa dalam kalimat-kalimat berikut :

            1. Kalau dia memberi kuliah bahasanya penuh dengan kata “daripada” dan akhiran “ta”.

            Ini merupakan contoh bahasa sebagai parole.

            2. Dika belajar bahasa Inggris, Nita belajar bahasa Arab.

            Ini merupakan contoh bahasa sebagai langue.

            3. Manusia memiliki bahasa sedangkan binatang tidak.

            Ini merupakan contoh bahasa sebagai langage.

2. Karakteristik Bahasa

Beberapa ciri atau sifat yang hakiki dari bahasa adalah

1. Bahasa adalah sistematik, yaitu memiliki aturan atau pola. Aturan tersebut dapat dilihat melalui 2 hal, yaitu sistem bunyi dan sistem makna.

2. Bahasa adalah manasuka (arbitrer) dan konvensi (persetujuan). Pada awalnya, bahasa memang manasuka (terserah). Akan tetapi, karena perkembangannya sudah berurat dan berakar maka yang manasuka tersebut menjadi kebiasaan kemudian menjadi aturan yang tetap atau menjadi sebuah sistem. Contoh binatang tertentu di Indonesia disebut unta, di Inggris disebut camel, di Makkah disebut jamalun.

3. Bahasa adalah ucapan atau vokal.

4. Bahasa adalah simbol yaitu simbol makna atau pesan yang disampaikan.

5. Bahasa adalah manusiawi, yaitu alat komunikasi yang digunakan manusia sedangkan binatang tidak bisa berbahasa.

6. Bahasa itu bersifat konvensional

Bersifat konvensional berarti bahasa adalah kesepakatan yang sudah dilakukan secara lazim, kebiasaan atau adat di suatu tempat. Contohmya pesawat disebut kapal terbang oleh masyarakat jawa.

7. Bahasa itu bersufat unik

Bersifat unik berarti mempunyai ciri khas yang spesifik dan tidak dimiliki yang lain. Contohnya bahasa banjar berbeda dengan bahasa jawa.

8. Bahasa itu bersifat universal

Bersifat universal berarti ada ciri yang sama dimiliki oleh setiap bahaha di dunia. Contohnya I love you dengan aishiteru karena terdiri vocal dan konsonan yang sama.

9. Bahasa bersifat produktif

Bersifat produktif berarti jumlahnya tidak terbatas dengan unsur yang terbatas dapat dibuat satuan bahasa yang tidak terbatas. Contohnya  /a/r/i/    /a/i/r/   /i/r/a/   /r/i/a/    /r/a/i/ 

  10. Bahasa bersifat variasi

Bersifat variasi berarti latar belakang dan lingkungan yang tidak sama menghasilkan bahasa yang dihasilkan bervariasi atau beragam. Contonya pedangan madura ( Te-satte) sedangkan pedagang banjar (sate).

11. Bahasa itu bersifat dinamis, yaitu tidak tetap dan selalu berubah. Contohnya download dan upload berubah menjadi unduh dan unggah.

3. Fungsi Bahasa

            Dalam hal ini bahasa memiliki 2 macam fungsi yaitu :

            1. Alat komunikasi

  • Fungsi informasi, sebagai alat menyampaikan informasi.
  • Fungsi ekspresi diri, sebagai penyalur untuk mengeluarkan apa yang kita kehendaki
  • Fungsi adaptasi dan integrase, sebagai modal untuk beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan segala sesuatu yang ada dengan lingkungannya.

            2. Identitas diri

            Sebagai ciri khas untuk menandai seseorang, sekelompok orang atau suatu bangsa.

4. Perbedaan Kompetensi dana Performansi Bahasa

Menurut dari pengertiannya ada, kompetensi bahasa adalah pengetahuan yang dimiliki pemakai pendengar asli tentang bahasanya secara tidak sadar, secara intrinsik, implicit, intuitif, dan terbatas. Sedangakan performansi bahasa adalah teori penggunaan bahasa; penggunaan bahassesungguhnya; merupakan hal sesungguhnya yang dilakukan oleh pembicara-pendengar berdasarkan pengetahuannya mengenai sesuatu bahasa.

 3. Kesimpulan

Objek linguistik adalah bahasa karena ilmu linguistik merupakan pengetahuan ilmiah yang mempelajari bahasa dan memproduksi bahasa. Dalam  bahasa sudah sangat melekat pada diri kita karena untuk menunjang kehidupan baik sosial, pendidikan, ekonomi, dll. Bahasa yang baik dan benar adalah bahasa yang mudah dimengerti lawan bicara.

Daftar Pustaka

1. Chaer, Abdul. 2003. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

2. Suhardi.  2013. Pengantar Linguistik Umum. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

3. http://naslanasar.blogspot.com/2013/12/kompetensi-dan-performansi.html?m=1

4. https://pakarkomunikasi.com/bahasa-sebagai-alat-komunikasi/amp

5. http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/lamanbahasa/artikel/bahasa-sebagai-jati-diri-bangsa-0

Category:

Kuliah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*