Added by on 23/01/2019

RENCANA PERKULIAHAN SEMESTER GASAL 2018

IDENTITAS

Nama Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Nama Matakuliah Ilmu Lughah
Kode Matakuliah Para601
Semester Genap
Sks/ Js 2/2
Nama Dosen Pengampu Moch Wahib Dariyadi, M.Pd
SCPL Mampu menguasai konsep teoritis ilmu bahasa Arab secara logis, kritis, sistematis,inovatif, adaptif, berbasis teknologi informasi dam bertanggung jawab sesuai etika akademik
CPMK Menguasai teori, menganalisis, menerapkan dan mengkritisi sesuai etika akademik dasar-dasar kajian ilmu lughah yang meliputi (1) pengertian, karakteristik dan fungsi bahasa; (2) pengertian linguistik, bidang kajian linguistik; (3) aliran-aliran linguistik Arab dan linguistik umum; (4) sistematika telaah kebahasaan; dan (5) hasil-hasil telaah kebahasaan.
Sub-CPMK Menguraikan, membandingkan, dan menganalisis definisi, karakteristik, dan fungsi bahasa; Membuat peta konsep, membagankan dan menguraikan pendapat para ahli tentang bahasa dan fungsi bahasa;Menjelaskan, menguraikan, dan membuat diagram tentang definisi linguistik dan bidang kajiannyaMenguraikan, membuat peta konsep dan membuat bagan tentang bidang-bidang kajian linguistik mikro;Menguraikan, membuat peta konsep dan membuat bagan tentang bidang-bidang kajian linguistik interdisipliner;Menguraikan, membuat peta konsep dan membuat bagan tentang bidang-bidang kajian linguistik terapan;menguraikan, mendefinisikan, membagankan aliran-aliran linguistik Barat dan tokoh-tokohnya;menguraikan, mendefinisikan, membagankan aliran-aliran linguistik Arab dan tokoh-tokohnya;menguraikan, dan membuat bagan sistematika telaah kebahasaan; membandingkan, mempertentangkan, mengkritisi sistematika telaah kebahasan dari para ahli;Menerapkan teori telaah kebahasaan dalam kajian satuan-satuan bahasa; 5.1 menganalisis dan membandingkan telah hasil-hasil kajian kebahasaan yang dilakukan oleh para peneliti; 5.2 mengkritisi hasil-hasil kajian kebahasaan yang dilakukan oleh para peneliti.

RANCANGAN PERKULIAHAN SEMESTER

Perte-muan Kode CPMK Sub CPMK Deskripsi Isi/ Materi Pengalaman Belajar Sumber Belajar Penilaian
Offline Online
  Sinkron Asinkron
1     Pendahuluan Penjelasan tentang isi dan tata perkuliahan. Dosen melakukan kontrak perkuliahan dengan mahasiswa. Dosen menjelaskan isi dan mekanisme pelaksanaan perkuliahan selama satu semester   Mencari pustaka yang relevan, baik buku maupun artikelMembaca materi yang akan dibahas dalam pertemuan berikutnya RPS   Rincian sumber pustaka   Materi berikutnya berupa konsep dasar fonologi Kesungguhan dan tanggungjawab dalam menyiapkan materi yang diperlukan dalam perkuliahan
2 1 1.1 Menguraikan, membandingkan, dan menganalisis definisi, karakteristik, dan fungsi bahasa Mahasiswa membaca, membandingkan dan menyimpulkan konsep-konsep yang dipelajari   Sumber 1, 2, 3, 4 Mahasiswa mengunggah hasil penyimpulan materi
3 1 1.2 Membuat peta konsep, membagankan dan menguraikan pendapat para ahli tentang bahasa dan fungsi bahasa; Mahasiswa melakukan diskusi kelas tentang Teori, pendekatan, dan komponen dasar telaah bahasa dan ilmu bahasa   Mahasiswa menelaah bahan online tentang bunyi bahasa 1, 2, 3, 4, 5 Pengumpulan bagan telaah bunyi bahasa
4 2 2.1 Menjelaskan, menguraikan, dan membuat diagram tentang definisi linguistik dan bidang kajiannya   Mahasiswa melaksanakan FGD tentang definisi dan bidang kajian linguistik   Mahasiswa mencari bahan online tentang fonetik dan fonemik 2, 4, 5 Pengumpulan hasil FGD
5 2 2.2 Menguraikan, membuat peta konsep dan membuat bagan tentang bidang-bidang kajian linguistik mikro;   Mahasiswa melakukan diskusi, tanya jawab dan membuat bagan tentang bidang kajian linguistic mikro     1, 2, 3, 5, Tayangan PPT Mengunggah bagan alat ucap dan fungsinya
  2 2.3 Menguraikan, membuat peta konsep dan membuat bagan tentang bidang-bidang kajian linguistik interdisipliner; Mahasiswa melakukan diskusi, tanya jawab, kerja kelompok dan membuat bagan tentang bidang kajian linguistic interdisipliner        
6-7 2 2.4 Menguraikan, membuat peta konsep dan membuat bagan tentang bidang-bidang kajian linguistik terapan; Mahasiswa melakukan diskusi, tanya jawab, kerja kelompok dan membuat bagan tentang bidang kajian linguistic terapan     1, 2, 4, 5   Media youtube Mengisi bagan kosong tentang proses artikulasi bunyi bahasa
8-9 3 3.1 menguraikan, mendefinisikan, membagankan aliran-aliran linguistik Barat dan tokoh-tokohnya; Mahasiswa melakukan telaah pustaka, diskusi, dan membuat bagan tentang aliran linguistic Barat dan tokoh-tokohnya     1, 2, 3, 4, 5   Media youtube Mengucapkan fonem segmental dengan benar
10 3 3.2 menguraikan, mendefinisikan, membagankan aliran-aliran linguistik Arab dan tokoh-tokohnya; Mahasiswa melakukan telaah pustaka, diskusi, dan membuat bagan tentang aliran linguistic Arab dan tokoh-tokohnya   Mahasiswa membahas sumber online terkait fonem suprasegmental 2, 4, 5 PPT Mengucapkan fonem suprasegmental dengan benar
11 4 4.1 Menguraikan, mendiskusikan dan membuat bagan sistematika telaah kebahasaan;   Mahasiswa menguraikan, mendiskusikan dan membuat bagan sistematika telaah kebahasaan;     PTT, buku 2, 4, 5 Meng-email hasil analisis Morfonologi bahasa Arab
12 4 4.2 membandingkan, mempertentangkan, mengkritisi sistematika telaah kebahasan dari para ahli;   Mahasiswa membandingkan, mempertentangkan dan mengkritisi sistematika telaah kebahasaan   Mahasiswa mencari bahan online terkait morfonologi PPT, hasil telaah dan diskusi mahasiswa Mengunggah hasil diskusi tentang morfonologi
13-14 4 4.3 Menerapkan teori telaah kebahasaan dalam kajian satuan-satuan bahasa; Mahasiswa melakukan kerja kelompok untuk melakukan analisis telaah kebahasaan Mahasiswa mempresentasikan hasil kajian     PPT, hasil telaah dan diskusi mahasiswa Presentasi hasil diskusi
15 5 5.1 menganalisis dan membandingkan telah hasil-hasil kajian kebahasaan yang dilakukan oleh para peneliti;   Mahasiswa melakukan kerja kelompok, menelaah hasil kajian kebahasaan terdahuluMahasiswa mempresentasikan hasil kerja kelompok     PPT, hasil telaah dan diskusi mahasiswa Presentasi hasil diskusi
16 5 5.2 mengkritisi hasil-hasil kajian kebahasaan yang dilakukan oleh para peneliti. Mahasiswa melakukan studi kritis terhadap karya kebahasaan terdahulu       Presentasi hasil diskusi dan telaah kritis

PENGALAMAN BELAJAR

(Satuan Acara Perkuliahan)

Pertemuan Aktivitas Belajar Penilaian
Offline/ Tatap Muka Online-Sinkron Online-Asinkron
1 Mencari secara offline pustaka yang relevan, baik buku maupun artikel Mengisi lembar kerja/ jurnal belajarMembaca materi yang akan dibahas dalam pertemuan berikutnya   Mencari pustaka yang relevan, baik buku maupun artikelMembaca materi yang akan dibahas dalam pertemuan berikutnya Kesungguhan dan tanggungjawab dalam menyiapkan materi yang diperlukan dalam perkuliahan
2 Menguraikan: Mahasiswa diminta membaca sumber bacaan untuk dapat menguraikan materi yang dibahas. Membandingkan: Mahasiswa melakukan diskusi kelompok untuk membanding pendapat para ahli seputar telaah bunyi bahasa Menganalisis: Mahasiswa menganalisis soal-soal tentang telaah bahasa sebagai sistem bunyi;     Mahasiswa menjawab soal seputar materi kemudian mengunggah hasil penyimpulan materi
3 Menguraikan:  Mahasiswa melakukan kerja kelompok untuk menguraikan dasar-dasar telaah bunyi   Membagankan: Mahasiswa membuat bagan tentang dasar-dasar telaah bunyi bahasa   Mahasiswa menelaah bahan online tentang bunyi bahasa Pengumpulan bagan telaah bunyi bahasa
4 Menguraikan: Mahasiswa membaca sumber dan diskusi kelompok untuk menguraikan bahasa tentang fonetik dan fonemik. membuat diagram: mahasiswa bekerja sama menbuat diagram telah fonetik dan fonemik   Mahasiswa mencari bahan online tentang fonetik dan fonemik Mahasiswa menelaah youtube tentang fonetik dan fonemik Pengumpulan hasil FGD dan unduhan  youtube
5 Menguraikan: Membuat uraian tentang alat ucap dan fungsinya Menunjukkan: Menunjukkan dengan gambar, alat ucap dan fungsinya. Membagankan: Membuat bagan alat ucap dan fungsinya.     Mengunggah bagan alat ucap dan fungsinya
6-7 Menguraikan: Menguraikan proses artikulasi bunyi bahasa Menunjukkan: Menunjukkan posisi alat ucap dalam artikulasi bunyi Mempraktikkan: Mwmpraktikkan artikulasi bunyi bahasa;     Mengisi bagan kosong tentang proses artikulasi bunyi bahasa
8-9 Menguraikan: Menguraikan secara kelompok isi bacaan tentang fonem segmental Mendefinisikan: Mendefinisikan fonem segmental berdasarkan hasil pembacaan Mempraktikkan: Mempraktikan artikulasi fonem segmental bahasa Arab     Mengucapkan fonem segmental dengan benar
10 Menguraikan: Menguraikan secara kelompok isi bacaan tentang fonem suprasegmental Mendefinisikan: Mendefinisikan fonem suprasegmental berdasarkan hasil pembacaan Mempraktikkan: Mempraktikan artikulasi fonem suprasegmental bahasa Arab   Mahasiswa membahas sumber online terkait fonem suprasegmental Mengucapkan fonem suprasegmental dengan benar
11 Menguraikan: Menguraikan definisi dan karakteristik morfonologi Membagankan: Membuat bagan tentang morfonologi bahasa Arab Menganalisis: Menganalisis soal-soal terkait morfonologi bahasa Arab   Mahasiswa membuat laporan bacaan tentang morfonologi dan membuat bagan. Mengemail bagan ke anggota grup. Meng-email hasil analisis Morfonologi bahasa Arab
12 Membandingkan: Membandingka teori tentang morfonologi Mempertentangkan: Mempertentangkan antara konsep i’lal, ibdal, idgham dan mumatsalah. Menganalisis: Menganalisis perbedaan antar kajian morfonologi bahasa Arab   Mahasiswa mencari bahan online terkait morfonologi Mengunggah hasil diskusi tentang morfonologi
13-14 Melakukan telaah: Melakukan telaah morfonologi terhadap teks-teks bahasa Arab       Presentasi hasil diskusi dan telaah teks
15 Menganalisis: membaca kajian-kajian terdahulu tentang fonologi bagasa Arab dan membuat simpulan dan komentar Membandingkan: Membandingkan antara kajian satu dengan lainnya     Mahasiswa mencari jurnal atau prosiding terkait dengan kajian fonologi, kemudian membuat laporan yang dipresentasikan. Presentasi hasil diskusi dan pengambilan simpulan
16 mengkritisi hasil-hasil kajian fonologi bahasa Arab. Menelaah hasil-hasil kajian dan membuat kritik terkait teori dan konten.       Presentasi hasil diskusi dan telaah kritis

1. Al Fauzan , Abdurrahman bin Ibrahim. 1428 H. Duruus fi  Anizdaam Ash Shauti Li  Al Lughatil Arabiyyah. Riyadh.

2. Al Khauli, Muhammad Ali.1992.  Al Ashwaat al Lughawiyyah. Al Urdun:Daaru al Falah.

3. Badri, Kamal Ibrahim. 1987. Ilmu Al Lughah Almubarmaj: Al Ashwaat. Riyadh: Jamiatul Imaam.

4. Kentjono, Djoko (Ed). 1990. Dasar-dasar Linguistik Umum. Jakarta: FS UI

5. Kholisin & Yusuf Hanafi. 2006. Fonologi Bahasa Arab. JSA FS UM

6. Mukhtar, Ahmad Umar. 1085. Dirasat ash Shautil Lughawiyi. Qohirah: ‘Alamu al Kutub.

7. Nasution, A.S.A. 2006. Bunyi Bahasa. Jakarta: UIN Jakarta Press

8. Schane, Sanford A. 1992. Fonologi Generatif. Terjemahan Kentjanawati Gunawan. Jakarta: Summer Institute of Linguistics-Indonesia

9. Suhendra, Yusuf. 1998. Fonetik dan Fonologi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

10.  Syahin, Abdush Shabur. 1982. Al Manhaj Ash  Shauti  Lil Binyatil Arabiyyah. Beirut: Muassasah  ar Risaalah.

Category:

Artikel, Kuliah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*