Teknik Mancing Ngoncer

Teknik Mancing Ngoncer

Ngoncer adalah sebuah teknik mancing yang sangat unik, karena umpan yang digunakan adalah ikan yang masih hidup. Target ikan yang ingin dipancing dengan menggunakan teknik ngoncer ini adalah jenis ikan-ikan seperti Tenggiri dan Barracuda yang biasa mencari makan dipermukaan air.

PERALATAN NGONCER
1. Reel
Gunakan reel dengan tipe Baitrunner,cirinya adalah mempunyai dua drag knob yang letaknya dibagian belakang reel dan di spool. Biasanya juga dilengkapi dengan tuas pengaktif (sistem) free spool, hal ini bertujuan agar umpan bisa bergerak bebas sebatas tahanan yang di set di drag belakang.

2. Joran
Gunakan joran yang memiliki action medium dan terbuat dari bahan carbon

3. Umpan
umpan yang digunakan berupa ikan hidup seperti ikan tembang, selar, kembung, alu-alu dll

4. Senar
Untuk senar monofilament gunakan ukuran 16lbs-20lbs. Atau bisa juga menggunakan Fluoro Carbon ukuran 20-30lbs

5. Float
Kadang-kadang float juga tidak digunakan dalam teknik mancing ngoncer ini,untuk jenis float yang digunakan biasanya running float ataupun statis float. Usahakan pelampung tidak melebihi besar bola pingpong. Tujuan penggunaan float adalah agar ikan tidak berenang terlalu ke bawah sehingga akan selalu berada dipermukaan air. Bisa juga menggunakan balon.

6. Hook, neklin dan swivel
Rangakaian yang digunakan adalah rangkaian rigging 2 mata kail dengan neklin dan swivel.

NGONCER ACTION
Inti dari teknik ngoncer ini adalah menjaga umpan agar tetap berada di daerah permukaan air sampai ikan predator memangsa ikan yang kita jadikan umpan barulah fight dimulai. Rangkaian yang digunakan adalah rigging 2 mata kail, cara pemasangannya adalah satu kail di bagian punggung ikan yang kita jadikan umpan dan satu lagi dibiarkan saja.

iftfishing.com

About The Author

Saya adalah Bloger asal Malang yang menyukai kegiatan yang berhubungan dengan perkembangan IT, Design dan juga Pendidikan. Berupaya untuk selalu menebarkan kebermanfaatan bagi sesama.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *