membuat password secara aman

Tips Membuat Password Secara Aman

Kebutuhan mengenai internet memang sudah menjadi hal yang biasa. Tentunya sekarang ini internet seperti makanan harian yang apabila tidak dilakukan maka akan menjadi hal yang kurang. Perkembangan dalam bidang teknologi memang membuat orang semakin dimanjakan dengan kecepatan informasi dari belahan dunia. Banyak sekali fitur dan juga fasilitas yang ada di internet seperti email, social media, portal berita, dan masih banyak yang lainnya.membuat password secara aman

Tentu saja ini membuat kita mau tidak mau harus membuat akun untuk social media, email, dan yang lainnya yang membutuhkan password untuk masuk ke layanan tersebut. Terkadang, password yang tingkat kerumitannya mudah ditebak sangat rawan akan terjadinya kejahatan di dunia maya oleh seorang peretas. Banyak kejadian di dunia maya yang selalu memanfaatkan kelemahan password dari akun penggunanya. Untuk itu, kita harus pandai-pandai dalam membuat password akun kita agar aman dari serangan peretas atau dari orang yang tidak bertanggung jawab. Kali ini linkcerdas.com akan membagikan tips membuat password secara aman agar akun anda bebas dari orang-orang yang tidak bertanggungjawab.

Cara membuat password secara aman:

  • Buatlah password lebih dari 8 karakter.membuat password secara aman Biasanya, orang malas untuk membuat password yang panjang. Mungkin ini dikarenakan orang tersebut malas untuk mengingat password yang panjang sehingga mereka memilih untuk menggunakan password yang pas-pasan. Justru ini akan dimanfaatkan oleh penjahat cyber untuk membobol akun anda. Untuk itu, usahakan untuk membuat password yang panjang, misalnya lebih dari 12 karakter.
  • Buatlah password dengan kombinasi angka dan huruf besar dan kecil.membuat password secara aman Biasanya, password kita hanya berisi huruf kecil saja. Agar lebih aman, gantilah password anda dengan kombinasi huruf kecil dan huruf besar, serta mengganti huruf tertentu dengan angka agar menyulitkan orang lain dalam menebak password anda. Misalnya password anda adalah “passwordanda”, maka ganti dengan “P4s$w0rDaNd4”. Ini adalah kombinasi yang sangat sulit ditebak penjahat dunia maya.
  • Jangan gunakan password yang umum atau sering digunakan kebanyakan orang. Misalnya adalah nama pacar, nama panggilan, tempat lahir, tanggal lahir, dan sebagainya. Gunakan password yang benar-benar hanya anda yang tahu. Misalnya gunakan singkatan dari nama anda dan pacar anda, atau gunakan nama kucing anda sebagai password.
  • Jangan menyamakan password untuk semua akun. Kesalahan orang yang paling sering ditemukan adalah membuat password yang sama untuk semua akun. Ini memang memudahkan pengguna dalam mengingat password, namun ini juga akan memudahkan penjahat cyber untuk membobol beberapa akun anda. Untuk itu, jangan gunakan password yang sama untuk banyak akun. Misalnya untuk facebook: “p4s$w0rd1”, untuk email “p4s$w0rd12”, untuk twitter “p4s$w0rd123”, dan sebagainya.

Nah, itulah beberapa trik untuk membuat password secara aman di dunia maya. Silakan share tips ini ke teman anda agar teman anda juga tahu tentang informasi ini. Jangan lupa juga untuk like fanspage linkcerdas.com untuk menerima tips harian via facebook. Jika ada pertanyaan seputar teknologi, silakan anda tanyakan melalui fanspage linkcerdas.com untuk mendapatkan solusi yang cepat.

Tips Membuat Password Secara Aman | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *